Radang Panggul Pada Wanita Apakah Berbahaya?

radang panggul

Radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Infeksi menyebar ke atas dari serviks (leher rahim) ke rahim, saluran tuba, ovarium dan sktruktur di sekitarnya. Beberapa kondisi ini juga disebut servisitis (radang serviks atau leher rahim), salpingitis (radang saluran fallopi), endometritis (radang muncul di jaringan lapisan rahim) dan peritonitis (radang peritoneum, membran yang melapisi rongga perut dan menutupi sebagian besar organ perut). Semua kondisi ini dapat dianggap sebagai penyakit tertentu.

konsultasi

Apa Itu Radang Panggul?

Radang panggul biasanya terjadi ketika bakteri yang ditularkan secara seksual menyebar atau menular dari vagina ke rahim, saluran tuba atau ovarium. Radang panggul sering tidak menimbulkan tanda dan gejala. Akibatnya tidak disadari saat memiliki kondisi tersebut. Saat kondisi ini terdeteksi kemungkinan mengalami kesulitan hamil atau mengalami nyeri panggul (pelvic) yang kronis.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Banyak jenis bakteri yang dapat menyebabkan kondisi ini, akan tetapi infeksi gonore (kencing nanah) atau klamidia adalah penyebab yang paling umum. Bakteri ini biasanya diperoleh selama hubungan seksual tanpa kondom. Bakteri dapat memasuki saluran reproduksi kapan saja saat penghalang serviks (leher rahim) terganggu. Kondisi ini bisa terjadi setelah melahirkan, keguguran atau aborsi.

konsultasi

Kenali Beberapa Tanda Dan Gejala Penyakit Ini

Jika wanita menderita kondisi ini, kemungkinan memiliki gejala-gejala berikut ini :

• Nyeri perut (terutama nyeri perut bagian bawah) atau nyeri yang tertekan.
• Sakit punggung.
• Perdarahan uterus abnormal (tidak normal).
• Keputihan yang tidak biasa atau berat.
• Kencing yang menyakitkan.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.

Gejala yang tidak berhubungan dengan organ reproduksi wanita termasuk demam, mual dan muntah. Gejala radang panggul ini kemungkinan lebih buruk pada akhir periode menstruasi dan selama beberapa hari saat pertama kali setelah menstruasi.

Bagaimana Cara Akurat Mendiagnosis Penyakit Ini?

Dokter mendiagnosis penyakit ini berdasarkan tanda dan gejala, pemeriksaan panggul (pelvoc), analisis keputihan dan kultur serviks (leher rahim) atau tes dan pengujian urine. Selama pemeriksaan panggul (pelvic), dokter akan terlebih dahulu memeriksa area panggul (pelvic) untuk tanda dan gejala penyakit ini.

Setelah itu mengambil sampel dari vagina dan serviks (leher rahim). Sampel akan dianalisis di laboratorium untuk menentukan organisme yang menyebabkan infeksi. Untuk mengkonfirmasi diagnosis atau untuk menentukan seberapa luas infeksi, dokter dapat merekomendasikan dengan tes atau pengujian lain seperti :

konsultasi

• Tes Atau Pengujian Darah Dan Urine

Tes dan pengujian ini akan mengukur jumlah sel darah putih yang kemungkinan mengindikasikan infeski dan penanda yang menunjukkan peradangan. Dokter juga merekomendasikan tes atau pengujian untuk HIV dan IMS yang terkadang dikaitkan dengan penyakit ini.

• Ultrasonografi

Tes atau pengujian ini dengan menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar organ reproduksi.

• Laparoskopi

Selama prosedur ini, dokter memasukkan instrumen tipis melalui sayatan kecil di perut untuk melihat organ panggul (pelvic).

radang panggul

Cara Cepat Dalam Mengobati Radang Panggul

Pengobatan untuk penyakit ini dapat meliputi :

• Pengobatan Antibiotik

Dokter meresepkan kombinasi pengobatan antibiotik. Setelah hasil laboratorium diketahui kemungkinan menyesuaikan resep agar pengobatan sama dengan apa yang menyebabkan infeksi. Maka harus menindaklanjuti dengan dokter setelah 3 hari untuk memastikan pengobatannya berhasil. Selalu pastikan untuk melakukan semua pengobatan bahkan jika merasa lebih baik setelah beberapa hari. Pengobatan antibiotik dapat membantu mencegah komplikasi serius akan tetapi tidak dapat membalikkan kerusakan.

• Pengobatan Pasangan Seksual

Untuk mencegah infeksi berulang (kambuh) dengan IMS, pasangan seksual harus dilakukan pemeriksaan dan diobati. Pasangan yang terinfeksi kemungkinan tidak memiliki gejala yang terlihat.

Pada kebanyakan wanita dengan penyakit ini harus melakukan pengobatan. Jika sakit parah, hamil atau tidak merespons pengobatan oral, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Kemungkinan harus melakukan pengobatan antibiotik intravena dan pengobatan antibiotik lainnya. Operasi jarang sekali dilakukan, namun jika abses pecah atau dapat mengancam untuk pecah, maka dokter dapat merekomendasikannya.

Kemungkinan memerlukan pembedahan jika tidak menanggapi pengobatan antibiotik dan memiliki diagnosis yang tidak terdeteksi. Pengobatan untuk radang panggul ini bisa Anda lakukan hanya di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Resiko Radang Panggul Yang Tidak Segera Diobati

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.