Proses Dan Syarat Pap Smear

syarat pap smear

Kanker serviks yang ditangani setelah munculnya tanda dan gejala dianggap terlambat bagaimana proses dan syarat pap smear?. Nah disini kami akan membahas mengenai pentingnya pemeriksaan pap smear secara berkala, agar kelainan sel pada leher rahim yang beresiko menjadi kanker bisa terdeteksi sejak dini.

Syarat pap smear merupakan sebuah prosedur pemeriksaan sampel sel dari serviks atau leher rahim. Proses ini untuk melihat ada tidaknya kelainan yang bisa mengarah pada kanker. Tes tersebut dijalankan secara berkala, sesuai dengan faktor resiko dan usia penderita.

Baca juga: Cystitis Adalah Penyakit Kronis Yang Mudah Kambuh?

konsultasi

Bagaimana Proses Dan Syarat Pap Smear

Pemeriksaan pap smear sebaiknya dijalankan setiap 2 tahun sekali, sejak usia Anda menginjak 21 tahun. Setelah menginjak usia 30 tahun, tes ini bisa dilakukan setelah 3 tahun sekali.

Di Indonesia pemeriksaan dianjurkan bagi kalangan wanita di usia subur yang sudah menikah atau aktif berhubungan seksual. Proses pemeriksaan syarat pap smear bisa dikombinasikan dengan tes yang lebih spesifik untuk mendeteksi adanya virus HPV, terutama pada kalangan wanita dengan usia 30 keatas.

Selain itu, dokter juga akan menganjurkan agar proses pemeriksaan yang dilakukan lebih sering jika pasien mempunyai faktor dan resiko tertentu, misalnya mempunyai infeksi HIV Atau terdiagnosa mempunyai sel prakanker pada pemeriksaan sebelumnya, mengalami kelemahan sistem imun atau riwayat kanker serviks.

Apa Yang Harus Disiapkan Untuk Menjalankan Pemeriksaan Pap Smear?

Sebelum menjalankan tes pap smear, kami sarankan agar Anda tidak berhubungan seksual atau mencuci vagina dengan pembersih kurang lebih selama 2 sampai 3 hari. Agar hasil pemeriksaan pap smear berjalan dengan akurat. Proses pemeriksaan ini dianjurkan untuk dijalankan beberapa hari setelah atau sebelum siklus haid.

Saat melakukan proses pap smear, ahli medis akan pasien berbaring dengan sebuah posisi melebarkan kedua kaki serta menekuk lutut, lalu tempatkan di penopong kaki. Kemudian dokter akan memasukan alat untuk membuka vagina.

Kemudian menaruh sikat halus atau kapas ke leher rahim untuk mengumpulkan sampel sel. Sampel tersebut akan dibawa ke lab dan dilakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop.

konsultasi

syarat pap smear

Proses pemeriksaan ini sebenarnya tidak terasa sakit, hanya saja anda mungkin tidak akan merasa nyaman, terutama ketika dokter memasukkan spekulum ke vagina untuk mengambil sampel. Sama seperti semua pemeriksaan medis lainnya, pap smear tidak sepenuhnya berjalan akurat.

Hasil yang tidak akurat disebabkan karena kurangnya sampel yang diambil, karena ada darah yang menghalangi penampakan sel tidak normal, dan adanya peradangan. Perlu Anda pahami bahwa sebenarnya sel tidak normal yang ditemukan belum tentu mengarah pada kondisi kanker.

Pada umumnya dokter akan sarankan untuk mengulangi tes kembali 6 bulan yang akan datang, tergantung jenis sel yang ditemukan. Dokter juga akan rekomendasikan kolposkopi untuk mengambil sel yang ada pada serviks. Kolposkopi dijalankan dengan cara memasukan selang kecil dengan kamera melalui vagina ke leher rahim, untuk melihat lebih jelas tanda sel kanker di daerah tersebut.

Pemeriksaan syarat pap smear secara rutin penting untuk mendeteksi adanya kanker serviks sejak dini. Seorang wanita subur yang aktif menjalankan hubungan seksual disarankan melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai syarat pap smear, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.