Penyebab Keputihan Gatal Dan Berwarna Putih Susu

keputihan gatal

Apa artinya jika area genital sampai mengeluarkan keputihan gatal berwarna putih susu? Apakah ini menjadi pertanda bahwa ada masalah pada tubuh Anda? Keputihan berwarna putih, pada umumnya normal, asalkan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Selama siklus haid berlangsung, ada kalanya organ intim mengeluarkan sekresi bening dan berair. Konsistensi semacam ini muncul karena hormone estrogen lebih banyak, sebagai salah satu tanda bahwa ovulasi sedang berlangsung.

Namun dilain kesempatan, konsistensi cairan organ intim tampak seperti susu, keputihan gatal ini pada umumnya muncul ketika seorang wanita sedang hamil atau meningkat hasrat seksualnya.

Keputihan berwarna putih ini merupakan kombinasi dari cairan dan sel dalam tubuh. Fungsi cairan ini untuk melindungi vagina dari infeksi dan iritasi. Kadangkala munculnya pada tahap siklus menstruasi, dimana hormone progesterone sedang meningkat, warnanya tampak agak kekuningan.

Namun lain halnya apabila keputihan dengan warna putih susu disertai dengan bau tidak sedap, biasanya infeksi bakteri atau jamur bisa mencegah keputihan berwarna tersebut menjadi hijau, kuning bahkan coklat.

Pada beberapa kasus, tekstur keputihan gatal berwarna susu bisa mengental dan mirip seperti keju apabila ditemukan infeksi pada vagina. Namun sekali lagi, cairan ini akan dinyatakan tidak normal jika disertai bau tidak sedap, nyeri, gatal, dan bengkak pada bibir vagina.

Baca juga: Dampak Penyakit Keputihan Berwarna Kuning

konsultasi

Apa Penyebab Keputihan Gatal Dan Berwarna Putih Susu

Tanpa berpanjang-panjang, mari simak penyebab keputihan warna putih susus dari yang normal sampai tidak normal.

1.Ovulasi

Selama masa ovulasi, serviks akan menghasilkan sekresi yang konsistensi atau warnanya mirip seperti putih telur. Karena mampu membantu sperma mencapai sel telur, tekstur cairan semacam ini kerap digunakan sebagai tanda jika wanita sedang berada di masa subur.

2.Kehamilan

Ciri ciri awal kehamilan yakni keluarnya sekresi atau cairan putih susu akibat menebalnya dinding vagina. Pada waktu tersebut, Anda mungkin memperoleh adanya bercak darah diluar siklus haid, serta kram implantasi yang seringkali disalah artikan sebagai nyeri datang bulan.

3.Stres

Penyebab lain keluarnya keputihan gatal warna putih susu yakni karena stress. Walau kaitan keduanya belum jelas, namun para ahli menduga stress mampu meningkatkan produksi cairan putih pada vagina.

Hal ini masuk akal karena stress akan merangsang produksi hormone yang berpengaruh pada sistem imun serta siklus haid. Jika disatukan, semua faktor ini berdampak pada keseimbangan bakteri pada organ intim, sehingga muncul keputihan berwarna putih susu.

konsultasi
keputihan gatal

4.Menopause

Keputihan dengan warna susu menjadi salah satu tanda dan gejala perimenopaise atau masa sebelum menopause datang. Pada fase ini, perubahan kadar hormone dalam tubuh membuat siklus haid menjadi tidak teratur.

5.Siklus haid

Menjadi sangat wajar jika cairan putih susu keluar sebelum atau setelah haid, karena terjadi perubahan hormon

6.Dampak penggunaan kontrasepsi

Alat kontrasepsi atau kb khususnya akan mempengaruhi kadar hormone dalam tubuh yang bisa meningkatkan jumlah cairan yang keluar dari vagina.

7.Infeksi jamur

Selanjutnya keputihan berwarna putih yang abnormal disebabkan oleh infeksi jamur. Dalam hal ini, jika ciri-ciri cairan vaginanya putih dengan tekstur menggumpal seperti krim dan disertai dengan bau menyengat, maka penyebabnya tidak lain yakni jamur candida.

Infeksi jamur pada umumnya akan berkembang sebelum masa haid berlangsung. Gejala lain yakni adanya infeksi candidiasis yakni vagina terasa perih, gatal, dan bengkak. Menurut beberapa ahli faktor yang menyebabkan perkembangan jamur yakni kebersihan organ genital.

Jika Anda merasa terganggu lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan gatal, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.