Penyebab Isk Pada Kalangan Wanita

penyebab isk

Infeksi saluran kencing pada wanita memang sering terjadi, dibandingkan pria, lalu apa penyebab isk?. Bahkan wanita bisa mengalami infeksi saluran kencing lebih dari sekali selama masa kehidupannya. Ternyata, terdapat banyak jenis faktor yang membuat vagina mudah terserang infeksi saluran kemih.

Baca juga: ISK Adalah Infeksi Pada Sistem Urine

konsultasi

Apa Penyebab Isk Pada Kalangan Wanita

Infeksi saluran kencing merupakan kondisi yang bisa terjadi di bagian manapun pada sistem kemih seseorang, bisa menyerang ginjal, uretra, ureter, dan kandung kemih. Sebagian besar infeksi biasanya akan menyerang saluran kemih bagian bawah yakni uretra dan kemih.

Nah infeksi saluran kencing pada umumnya banyak menyerang kaum hawa dibandingkan pria. Terdapat berbagai jenis faktor pada wanita yang mendukung terjadinya infeksi saluran kencing tersebut.

Saluran Kemih Pada Tubuh Wanita

Wanita mempunyai saluran terakhir yang membuang urin keluar tubuh, bentuknya lebih pendek dari pada pria, hal ini akan membuat bakteri semakin mudah mencapai kandung kemih kalangan wanita.

Selain itu, uretra wanita berada lebih dekat dengan anus, maka dari itu, mereka disarankan untuk membilas dari depan ke belakang setelah membuat air kecil ataupun air besar.

Hal diaplikasikan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke dalam uretra. Bakteri dari usus besar, seperti E Coli bisa berpindah ke uretra ketika Anda membilas dari belakang ke depan. Bakteri ini kemudian bisa masuk ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Jika infeksi tersebut tidak segera diobati, maka akan menyebar ke area ginjal.

konsultasi

penyebab isk

1.Kegiatan seksual

Wanita yang aktif berhubungan seksual mempunyai resiko lebih tinggi pada infeksi saluran kencing dibandingkan wanita yang tidak aktif secara seksual. Mempunyai pasangan seksual baru dapat meningkatkan risiko wanita terserang infeksi saluran kemih.

Berhubungan seksual juga bisa memicu perpindahan bakteri dari vagina ke uretra, sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih terjadi.

2.Jenis alat kontrasepsi tertentu

Wanita yang mengenakan alat KB dan krim yang bisa membunuh sperma, hal ini mempunyai resiko terserang infeksi penyebab isk lebih tinggi. Diafragma bisa menekan uretra dan memperlambat pengosongan kandung kemih.

Urin yang menetap pada kandung kemih memungkinkan bakteri terus bertumbuh dan menyebabkan infeksi. Sedangkan spermisida bisa menyebabkan perubahan pada bakteri di vagina. Selain itu spermisida bisa menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga akan meningkatkan resiko bakteri menyerang jaringan disekitarnya.

3.Menopause

Setelah masa menopause, kadar hormone estrogen pada wanita menjadi lebih rendah, sehingga terjadi perubahan saluran kemih. Hal ini akan membuat wanita lebih mudah terserang infeksi penyebab isk.

Bagaimana Mencegah Infeksi Saluran Kencing?

•Setelah buang air kecil atau besar jangan lupa membersihkan area kemaluan anda, bilas dengan cara dari depan ke belakang

•Segera buang air kecil jika Anda merasa perlu untuk berkemih, jangan sampai ditahan dan terburu-buru. Pastikan Anda kosongkan kandung kemih sepenuhnya

•Hindari menggunakan produk untuk membersihkan area kewanitaan Anda, seperti produk yang mengandung pengharum. Produk ini hanya akan tingkatkan iritasi

•Minum air sebanyak 8-10 gelas per harinya

•Lebih baik Anda mandi dengan gayung atau shower, bukan berdendam pada bath tub

•Bersihkan area genital Anda sebelum atau setelah berhubungan seksual

•Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan area uretra dari bakteri yang memasukinya

•Hindari kenakan alat kontrasepsi, kondom tanpa pelumas, atau gel. Sebab membuat Anda beresiko alami infeksi saluran kencing

Bagi Anda yang mengalami penyebab isk dan merasa terganggu segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyebab isk, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.