Penyakit Yang Sebabkan Pinggang Kanan Sakit

pinggang kanan sakit

Apakah Anda pernah merasakan sensasi pinggang kanan sakit? Umumnya sakit pinggang merupakan tanda yang sering dikeluhkan oleh pria dewasa atau lansia. Namun rasa nyeri yang menimbulkan sakit pinggang kanan disebabkan oleh berbagai jenis faktor, mulai dari yang ringan sampai serius. Beberapa kondisi yang menyebabkan pinggang kanan terasa nyeri, diantaranya:

Baca juga: Bahaya Jangka Panjang Radang Panggul

konsultasi

Apa Saja Penyakit Yang Sebabkan Pinggang Kanan Sakit?

1.Penyakit ginjal

Kedua ginjal dalam tubuh berada di posisi ruang panggul, apabila ginjal mengalami luka, trauma dan fungsi tidak normal pada salah satu atau kedua ginjal. Hal tersebut yang menyebabkan Anda mengalami masalah pinggang kanan sakit.

Apabila ginjal sebelah kanan mengalami masalah, maka Anda akan mengalami sakit pinggang bagian kanan, begitu juga sebaliknya. Beberapa penyakit ginjal yang mungkin terjadi diantaranya infeksi, batu ginjal atau penyakit jenis lainnya.

2.Irritable bowel syndrome

Ibs atau irritable bowel syndrome merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang mempengaruhi kerja usus besar, sehingga membuat kontraksi otot di bagian usus besar yang tidak normal.

Infeksi ini memang umum terjadi, biasanya mulai dari masa remaja, namun akan menunjukan gejala di usia tua. Infeksi ini rentan menyerang kalangan wanita dibandingkan pria. Pemicunya yakni karena kebiasaan makan, stress dan diet. Pada umumnya gejala ini meliputi diare, kembung, sembelit dan nyeri perut di bagian bawah.

3.Penyakit radang panggul

Pelvic inflammatory diseases atau biasa disebut radang panggul merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada sistem reproduksi serta saluran kemih wanita, termasuk saluran tuba, uretra, ovarium, dan rahim. Radang panggul penyebab umumnya yakni pinggang kanan sakit dan nyeri perut pada wanita.

4.Radang usus buntu

Jika Anda merasa nyeri atau rasa sakit pada sisi kanan pinggang yang berlangsung cukup panjang disertai kehilangan nafsu makan, muntah, mual, dan demam, bisa jadi Anda mengalami radang usus buntu atau dalam dunia medis disebut dengan apendisitis.

Usus buntu merupakan sebuah kondisi yang sering dan bisa terjadi pada semua jenis usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi di usia 10 sampai 30 tahun. Pada beberapa kasus, nyeri yang berhubungan dengan usus buntu dimulai pada bagian atas pusar terlebih dahulu.

konsultasi

 

pinggang kanan sakit

5.Gangguan pada empedu

Jika kantung empedu Anda mengalami peradangan atau kram, pada umumnya hal tersebut menyebabkan rasa nyeri yang menjalar sampai kebagian pinggang, sehingga menyebabkan sakit pinggang bagian kanan.

Selain itu, beberapa kalangan yang mengalami gangguan di empedunya akan merasakan mual bahkan muntah ketika makan. Pada umumnya gangguan empedu paling sering dialami oleh kolik empedu atau batu empu sendiri.

Penyebab Lain Yang Tidak Serius

Pinggang kanan sakit biasanya disebabkan oleh masalah yang tidak begitu serius dan akan membaik dengan sendirinya. Beberapa kebiasaan buruk bisa menjadi penyebab pinggang sakit seperti berdiri, posisi duduk, linu pinggul, gangguan pada tulang belakang, dan masih banyak hal yang memicu sakit pinggang bagian kanan.

Jika Anda mengalami sakit pinggang yang tidak seperti biasanya dan cenderung berulang, maka jangan pernah sepelekan tanda dan gejala tersebut. Segera konsultasi untuk melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes agar bisa memastikan penanganan lebih lanjut.

Sebab pinggang mempunyai fungsi sebagai salah satu organ yang menunjang kegiatan dalam tubuh. Maka dari itu, Anda harus tangani jika tidak ingin alami akibat yang fatal. Kami Klinik Apollo akan melakukan perawatan dengan aman dan terjangkau. Segera lakukan reservasi di nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai pinggang kanan sakit, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.