Penyakit Servisitis Apakah Menular?

servisitis

Apa itu servisitis? Dari berbagai jenis penyakit menular seksual, kondisi tersebut mungkin jarang Anda dengar, padahal servisitis berhubungan erat dengan alat reproduksi. Untuk lebih lanjut apa dan mengapa kondisi tersebut bisa terjadi, simak ulasannya selengkapnya di bawah ini.

konsultasi

Bagaimana Pengertian Servisitis Secara Umum

Jadi Servisitis merupakan peradangan yang umum terjadi di bagian serviks atau leher rahim, tepatnya di bagian bawah. Peradangan tersebut diakibatkan oleh adanya infeksi menular seksual, cedera di bagian leher rahim akibat benda asing yang masuk kedalam kemaluan wanita, adanya kanker atau penggunaaan alat kontrasepsi.

Servisitis ini pada umumnya akan menyerang kalangan wanita, namun beberapa dari mereka tak menyadari hal tersebut. Sebab gejala umumnya memang tidak diketahui, jika tak segera ditangani sejak dini, infeksi bisa menjalar kebagian saluran tuba falopi dan masuk ke rahim. Akibatnya Anda tidak akan mempunyai keturunan, mengalami masalah kesuburan, dan ketika hamil banyak permasalahan yang timbul.

Mengapa Servisitis Bisa Terjadi?

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, infeksi pada kemaluan wanita akibat infeksi menular seksual jenis lainnya seperti klamidia, gonore, trichomonas, kutil kelamin, dan herpes. Selain itu, faktor terlalu muda ketika pertama kali berhubungan seksual juga bisa mengakibatkan kondisi tersebut terjadi. Iritasi atau cedera di area kewanitaan akibat penggunaan tampon, alergi pada kondom, alat kontrasepsi yang mengakibatkan peradangan tersebut terjadi.

konsultasi

servisitis

Penyakit Servisitis, Menular Atau Tidak?

Servisitis adalah kondisi peradangan, iritasi, atau luka pada leher rahim yang menyebabkan pembengkakan, berlendir, dan bernanah atau berdarah. Kondisi ini bisa menular bisa juga tidak, tergantung pada penyebabnya. Biasanya, penyebab servisitis adalah sebagai berikut:

Servisitis merupakan kondisi iritasi, peradangan atau adanya luka pada leher rahim yang menyebabkan pembengkakan, berdarah atau bernanah. Kondisi tersebut dengan mudah menular atau sebaliknya, tergantung pada penyebabnya.

Semua penyebab radang leher rahim biasanya tak akan menyebabkan penyakit ini menular. Sedangkan jika penyebab karena adanya penyakit menular seksual seperti herpes simpleks, klamidia, dan gonore, maka kemungkinan menular melalui hubungan seks antara dua pasangan.

Namun banyak kalangan wanita yang terserang servisitis tidak memperoleh tanda dan gejala apapun. Kondisi tersebut ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan tes kesehatan jenis lainnya. Walau demikian, beberapa gejala umum dari penyakit tersebut Anda peroleh walau tidak disadari.

Apabila Anda merasakan tanda dan gejala yang sudah kami uraikan diatas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan bersama dokter. Karena banyak sekali infeksi dan kondisi lain yang menimbulkan gejala tersebut. Menjalankan pemeriksaan ke dokter, akan membuat Anda mendapatkan pengobatan dan diagnosis yang tepat.

Bagaimana Jika Radang Leher Rahim Tidak Ditangani?

Peradangan yang terjadi pada leher rahim jika tak segera diobati akan menyebar keluar leher rahim dan saluran telur, pada akhirnya menyebabkan sebuah komplikasi. Namun komplikasi yang terjadi tergantung pada penyebabnya. Biasanya akan berakibat buruk pada fungsi sistem reproduksi.

Infeksi klamidia dan dan gonore biasanya didiagnosa bersamaan dengan servisitis, jika tak segera diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul. Kondisi tersebut akan menyebabkan gangguan pada nyeri panggul kronis, kehamilan ektopik, dan kesuburan. Kemungkinan lainnya yakni keguguran, kehamilan prematur, ketuban pecah dan adanya infeksi selama masa kehamilan.

Jika Anda mengalami masalah dan tanda gejala servisitis bisa segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang akurat dan tepat. Lakukan reservasi bersama kami dengan mudahnya di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai servisitis, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.