Pencegahan Untuk Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

infeksi saluran kencing pada wanita

Infeksi saluran kencing pada wanita adalah ketika bakteri masuk ke urine dan naik ke kandung kemih. Infeksi saluran kencing menyebabkan gejala setiap tahunnya. Sebagian wanita terkena infeksi saluran kencing dalam hidupnya. Wanita lebih sering terkena daripada pria karena wanita memiliki uretra pendek yang memungkinkan bakteri masuk ke kandung kemih dengan relatif mudah.

Hubungan seksual dapat menyebabkan bakteri menyebar atau menular ke atas ke kandung kemih. Penggunaan diafragma dan spermisida kontrasepsi dapat mengubah area bakteri normal di sekitar uretra dan dapat membuat infeksi kemungkinan terjadi. Pada wanita hamil, perubahan sementara dalam fisiologi dan anatomi saluran kemih membuat kondisi sistitis dan pielonefritis. Infeksi ginjal dan kadnung kemih dapat menimbulkan risiko serius bagi wanita hamil dan anaknya yang belum lahir, karena meningkatkan risiko kontraksi atau kelahiran prematur dan terkadang kematian janin.

konsultasi

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Infeksi saluran kencing pada wanita adalah infeksi yang melibatkan organ yang memproduksi urine dan membawanya keluar dari tubuh. Struktur-struktur ini termasuk ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kencing pada wanita ini terbagi menjadi 2 yaitu saluran atas dan saluran bawah, diantaranya:

• Infeksi Saluran Bawah
Infeksi kandung kemih disebut sistitis. Bakteri yang biasanya ditemukan di usus adalah penyebab utama infeksi saluran kencing yang lebih rendah. Bakteri ini dapat menyebar atau menular dari anus ke urtera dan kandung kemih area dimana bakteri tersebut tumbuh dan menyerang jaringan serta menyebabkan infeksi.

• Infeksi Saluran Atas
Melibatkan ureter dan ginjal. Infeksi ini disebut pielonefritis atau infeksi ginjal. Infeksi saluran kencing bagian atas biasanya terjadi karena bakteri naik dari kandung kemih ke ginjal. Terkadang terjadi ketika bakteri melakukan perjalanan dari area tubuh melalui aliran darah dan menetap di ginjal.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing?

Sejumlah besar bakteri hidup di area sekitar vagina dan dubur dan juga di kulit. Bakteri ini juga bisa masuk ke urine dari uretra dan hilang ke kandung kemih. Selain itu juga dapat melakukan perjalanan ke ginjal. Akan tetapi tidak diketahui seberapa jauh bakterinya hilang, karena baktrei di saluran kencing dapat menyebabkan masalah. Seorang wanita kemungkinan terkena infeksi saluran kencing daripada pria karena seorang wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada seorang pria, sehingga bakterinya memiliki jarak lebih pendek untuk melakukan perjalanan mencapai kandung kemih.

Baca Juga : Penyebab ISK Pada Kalangan Wanita

konsultasi

Kenali Setiap Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Ketika memiliki infeksi saluran kemih pada wanita, lapisan kandung kemih dan uretra menjadi berwarna merah dan teriritasi. Iritasi dapat menyebabkan rasa sakit di area pinggul perut bagian bawah dan bahkan punggung bagian bawah dan hasilnya terasa ingin kencing lebih sering. Rasa terbakar atau sakit saat kencing adalah gejala yang paling umum.

Bahkan kemungkinan merasakan adanya dorongan yang kuat untuk kencing akan tetapi air kencing nya kemungkinan hanya keluar beberapa tetes. Karena kandung kemih bisa begitu membuat jengkel sehingga merasa harus kencing bahkan ketika tidak memiliki banyak air seni di kandung kemih. Terkadang kehilangan kontrol akan kencing.

Selain itu juga bisa merasakan urine yang berbau tidak enak dan keruh. Infeksi ginjal sering menyebabkan demam dan nyeri punggung bagian atas dan biasanya di 1 sisi atau di sisi yang lain. Infeksi ginjal juga sering menyebabkan mual dan muntah. Oleh karena itu harus diobati sekaligus karena infeksi ginjal dapat menyebar atau menular ke aliran darah dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dapat mengancam jiwa.

konsultasi

Bagaimana Infeksi Saluran Kencing Didiagnosis?

Jika mengkhawatirkan mengenai infeksi saluran kencing pada wanita maka harus segera melakukan konsultasi dengan dokter. Infeksi saluran kencing dapat ditemukan dengan cara menganalisis sampel urine. Urine dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk mencari bakteri atau sel darah putih yang merupakan tanda-tanda infeksi.

Selain itu juga mengambil biakan urine. Ini adalah tes atau pengujian yang dapat mendeteksi dan mengidentifikasi bakteri dan ragi dalam urine yang kemungkinan dapat menyebabkan infeksi saluran kencing pada wanita. Jika melihat adanya darah dalam urine, maka harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Darah dalam urine kemungkinan disebabkan oleh infeksi saluran kencing akan tetapi kemungkinan juga berasal dari masalah lain di saluran kencing. Jika mengalami demam dan gejala infeksi saluran kencing atua gejala yang tidak akan hilang meskipun sudah melakukan terapi, maka harus melakukan pemeriksaan ulang dengan dokter, kemungkinan memerlukan tes atau pengujian lebih lanjut seperti ultrasonografi atau CT scan untuk memeriksa saluran kencing.

infeksi saluran kencing pada wanita

Cara Atasi Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Ada 2 jenis infeksi saluran kencing pada wanita yaitu yang sederhana dan yang rumit. Infeksi saluran kencing yang sederhana adalah infeksi yang terjadi pada seseorang yang sehat dengan saluran kemih yang normal. Infeksi saluran kencing yang rumit terjadi pada saluran kemih yang abnormal (tidak normal) atau ketika bakteri penyebab inefksi tidak dapat diobati dengan banyaknya pengobatan antibiotik.

Sebagian besar seorang wanita memiliki infeksi saluran kencing yang sederhana. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Dengan cara menghubungi kami di nomor 081233881616
atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan hotline kami seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.

Baca Juga : ISK Adalah Infeksi Pada Sistem Urine

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.