Pemeriksaan Pap Smear Menimbulkan Rasa Sakit?

pemeriksaan pap smear

Tak sedikit kalangan wanita menolak menjalankan pemeriksaan pap smear karena takut merasa nyeri. Padahal pap smear ini sangat penting dijalankan untuk mendeteksi sebuah sel kanker serviks. Lalu apakah benar pap smear akan menimbulkan rasa nyeri pada vagina? Pahami informasi melalui ulasan di bawah ini.

Baca juga: Proses Dan Syarat Pap Smear

konsultasi

Apakah Pemeriksaan Pap Smear Menimbulkan Rasa Sakit?

Kalangan wanita yang sudah menginjak usia 21 tahun atau aktif berhubungan seksual dianjurkan menjalankan pemeriksaan pap smear. Proses ini menjadi sebuah prosedur medis yang dijalankan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada serviks wanita yang mengarah kepada jaringan kanker.

Pada umumnya, sebuah proses pemeriksaan pap smear cenderung sangat cepat, sederhana dan tidak akan menimbulkan nyeri. Hanya saja, Anda mungkin akan sedikit tidak nyaman atau merasakan kram perut sesaat setelah prosedur dijalankan.

Tes ini di jalankan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan spekulum dan dimasukan kedalam organ genital Anda. Alat ini berfungsi untuk melebarkan vagina, agar dokter dapat melihat dengan jelas leher rahim Anda.

Setelah vagina sudah terbuka, maka dokter akan mengambil sel serviks dengan sebuah alat yang disebut dengan spatula. Nah semua proses ini yang akan membuat wanita cenderung merasa tak nyaman ketika menjalankan proses tersebut. Mengapa demikian?

Organ genital dikelilingi oleh otot yang bisa berkontraksi atau mengendur. Tergantung kondisi Anda pada saat menjalankan pemeriksaan. Test ini pada umumnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit ketika Anda merasa gugup. Hal ini menjadi kondisi yang wajar bagi beberapa kalangan yang akan melakukan pemeriksaan pap smear.

Ketika Anda merasa gugup, maka otot yang ada divagina pada umumnya akan mengencang. Hal tersebut akan menyulitkan dokter untuk melihat leher rahim Anda. Maka Anda akan merasa tidak nyaman dan proses ini akan berjalan lambat.

Sebaliknya otot vagina akan menjadi lebih rileks ketika Anda tenang. Spekulum menjadi lebih mudah masuk dalam organ genital dan proses pemeriksaan akan berjalan cepat. Supaya merasa nyaman, apa yang harus dijalankan ketika tes pap smear?

konsultasi

pemeriksaan pap smear

Memahami Proses Tes Pemeriksaan Pap Smear

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda jalankan untuk kurangi sensasi tidak nyaman saat proses pemeriksaan pap smear. Cara paling utama yakni dengan memahami seluruh prosedur mengenai pemeriksaan tersebut.

Jika Anda sudah memahami mengenai proses pemeriksaan pap smear seperti apa, maka cenderung menjadi lebih tenang dan tidak terlalu kaget. Alat pap smear ini menjadi mudah dimasukan dan tidak akan menimbulkan rasa nyeri sama sekali.

Sebaliknya, ketika Anda berpikir proses pap smear secara berlebihan, tentunya Anda akan merasa takut dengan proses tersebut, karena belum mengerti berbagai tahapannya. Nah tentunya hal ini yang akan membuat otot panggul menjadi kaku dan menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri.

Jadi jangan pernah ragu untuk menanyakan sebuah proses ke dokter, baik mengenai tahapan atau prosedur hingga efek samping yang akan terjadi setelah prosedur tersebut berjalan.

Agar pemeriksaan pap smear berjalan dengan baik dan lancar, aturlah pernafasan Anda setenang mungkin untuk kendurkan otot vagina. Anda juga bisa mengobrol bersama dokter untuk alihkan perhatian dan pikiran takut tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa jalankan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi anda bisa hubungi kontak person 081233881616. Demikian mengenai pemeriksaan pap smear, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.