Pahami Penyebab Pinggang Kanan Sakit

pinggang kanan sakit

Apakah Anda sering merasa pinggang kanan sakit? Sebelum konsultasi bersama dokter, kenali dengan baik penyebabnya. Sakit pinggang merupakan gejala yang sering kali di keluhkan kalangan dewasa. Terutama mereka yang aktif bekerja.

Bahkan beberapa kalangan merasa khawatir mengenai kondisi ini, sebab banyak jenis penyakit yang mempunyai tanda dan gejala pinggang kanan sakit seperti ginjal.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab pinggang kanan sakit yang umumnya disebabkan oleh otot menegang.

Baca juga: Penyakit Yang Sebabkan Pinggang Kanan Sakit

konsultasi

Apa Penyebab Pinggang Kanan Sakit?

Selain itu, nyeri pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh keadaan yang cukup serius. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami berbagai penyebab dan gejala penyakit satu ini.

Sakit pinggang dapat terjadi pada beberapa waktu tertentu atau secara terus menerus karena masalah sudah kronis. Nyeri pinggang akut pada umumnya cukup intens dan mempunyai sifat mendadak.

Rasa sakit dalam jangka panjang biasanya tidak sesakit pinggang kanan sakit, namun seiring berjalannya waktu, akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Berikut beberapa jenis kondisi penyakit pinggang sebelah kanan:

1.Tegang otot

Jika otot sebelah kanan mengalami penegangan, maka akan menyebabkan nyeri pinggang sebelah kanan, begitu pula dengan sisi sebelah kiri. Ini menjadi penyebab yang paling sering.

Hal tersebut terjadi jika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, mengangkat barang berat secara berulang kali, melakukan gerakan tidak lazim. Nyeri pinggang ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau mungkin akan meningkat secara bertahap.

konsultasi

pinggang kanan sakit

2.Saraf tulang terjepit

Penyebab pinggang kanan sakit salah satunya disebabkan oleh pergeseran tulang rawan yang menekan saraf belakang. Rasa nyeri akan terasa ketika Anda menjalankan berbagai kegiatan. Coba untuk istirahat sementara waktu.

3.Cedera otot

Pada beberapa kondisi tertentu, otot yang menopang tubuh akan terasa nyeri jika terlalu banyak menjalankan kegiatan. Ini menjadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Hal lain yang menyebabkan nyeri yakni terjadinya disfungsi sendi.

4.Peradangan usus besar

Nyeri punggung sebelah kanan satu ini disebabkan oleh kram karena terjadi peradangan pada usus besar secara terus menerus. Pada umumnya penyebab neyeri punggung sebelah kanan akan diikuti gejala lain seperti nyeri pada anus, berat badan turun, dan lelah berkepanjangan.

5.Endometriosis

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang terjadi pada tubuh wanita yakni karena jaringan endometrium tumbuh diluar rahim. Endapan tersebut akan membuat iritasi dan menyebabkan rasa nyeri pada pinggang kanan bagi wanita hamil.

6.Terjadi masalah pada empedu dan ginjal

Ginjal yang bermasalah seperti terdapat infeksi atau mengalami batu ginjal menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Bagi penderita, penyebab ini akan disertai rasa sakit ketika buang air kecil, muntah, dan mual. Maka dari itu, diperlukan konsultasi medis segera.

Empedu mempunyai posisi penting dalam mencerna lemak. Letaknya tepat di bagian atas perut kanan. Batu empedu dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan.

Pinggang merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting. Jika penyebab sakit pinggang sebelah kanan belum Anda temukan, maka coba untuk memahaminya.

Karena jika terjadi berkepanjangan dapat mengakibatkan rasa nyeri yang cukup fatal. Konsultasi bersama dokter merupakan cara paling tepat. Jika Anda sudah tidak tahan dengan berbagai gejala yang timbul.

Kami Klinik Apollo akan membantu atasi semua masalah Anda, lakukan konsultasi sekarang. Untuk reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai pinggang kanan sakit, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.