Obati Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini

infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat disembuhkan dengan pengobatan dalam 2 hari hingga 3 hari. Wanita memiliki risiko seumur hidup terkena ISK. Gejala umum termasuk kuat seperti sering ingin kencing dan rasa sakit serta terasa seperti terbakar ketika kencing. ISK biasanya didiagnosis berdasarkan gejala dan pengujian sampel urine.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri yang mengatasi pertahanan tubuh di saluran kemih. Bakteri ini dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih dan tabung yang mengalir diantaranya. Bakteri adalah salah 1 jenis infeksi yang paling umum dan dapat menyebabkan sebagian orang setiap tahunnya. Saluran kemih dapat dibagi menjadi saluran kemih bagian atas dan saluran kemih bagian bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter serta saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Kondisinya?

Sebagian besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli (E. Coli) dan biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan. Bakteri klamidia dan mikoplasma dapat menginfeksi uretra akan tetapi tidak pada kandung kemih. ISK berbeda-beda tergantung dimana munculnya, sebagai contoh:

• Infeksi kandung kemih yang disebut sistitis.
• Infeksi uretra yang disebut urethritis.
• Infeksi ginjal yang disebut pielonefritis.

Ureter sangat jarang untuk terjadinya infeksi.

konsultasi

Kenali Ciri-Ciri Dari Kondisi Tersebut?

Gejala-gejala infeksi saluran kemih dapat bergantung pada usia, jenis kelamin, keberadaan kateter dan bagian saluran kemih yang telah terinfeksi. Gejala umum ISK dapat meliputi:

• Keinginan yang kuat dan seringnya kencing.
• Urine yang keruh, berdarah atau berbau kuat.
• Terasa sakit atau sensasi terbakar saat kencing.
• Mual dan muntah.
• Sakit otot dan sakit perut.

Seseorang dengan kateter kemungkinan hanya mengalami demam sebagai gejala dan sulit untuk didiagnosis. Pielonefritis akut adalah infeksi ginjal muncul secara tiba-tiba dan parah. Jika seseorang mengembangkan kondisi ini, maka bisa juga mengalami sakit punggung bagian atas dan samping, demam yang tinggi, gemetar, menggigil, kelelahan dan perubahan mental. Kondisi ini harus segera mendapatkan evaluasi dari dokter jika terjadi. Jika seseorang memiliki infeksi kandung kemih atau sistitis juga bisa mengalami demam rendah dan tekanan atau kram di perut dan punggung bagian bawah.

konsultasi

Bagaimana Cara Ampuh Mendiagnosisnya?

Diagnosis biasanya dengan menanyakan mengenai gejala dan menguji sampel urine untuk menilai keberadaa sel darah putih, sel darah merah dan bakteri. Metode pengumpulan urine juga digunakan. Mengharuskan seseorang mencuci area genitalnya sebelum memberikan sampel aliran urine. Untuk membantu mencegah bakteri dari sekitar area genital tertangkap dalam sampel. Jika seseorang memiliki ISK berulang, dokter dapat menyarankan untuk melakukan tes atau pengujian diagnostik lebih lanjut untuk menentukan masalah anatomi atau masalah fungsional. Tes atau pengujiannya dapat meliputi:

• Tes Atau Pengujian Diagnostik
Melibatkan penilaian terhadap saluran kemih dengan menggunakan ultrasound, pemindaian CT dan MRI, pelacakan radiasi atau sinar X.

• Urodinamika
Prosedur ini menentukan seberapa baik saluran kemih menyimpan dan mengeluarkan urine.

• Sistoskopi
Pemeriksaan diagnostik ini untuk melihat bagian dalam kandung kemih dan uretra yang dimasukkan melalui uretra atau tabung yang tipis dan panjang.

infeksi saluran kemih

Pengobatan Umum Untuk Infeksi Saluran Kemih

Karena infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri, biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik atau antimikroba. Jenis pengobatan dan lamanya pengobatan akan tergantung pada gejala dan riwayat medis seseorang. Pengobatan secara penuh harus diselesaikan pada ISK, untuk memastikan bahwa infeksi sepenuhnya jelas dan untuk mengurangi risiko resistenti pengobatan antibiotik.

Gejala ISK dapat hilang sebelum infeksinya benar-benar hilang. Usahakan minum banyak cairan dan sering kencing selalu dianjurkan untuk orang-orang yang menderita ISK karena hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri. Berbagai pengobatan penghilang arsa sakit dapat diresepkan untuk mengurangi rasa sakit.

Menerapkan bantap pemanas di bagian belakang atau diperut juga bisa membantu. ISK tanpa komplikasi adalah yang terjadi pada seseorang yang sehat dengan saluran kemih yang normal. Ini biasanya dapat disembuhkan dalam 2 hari hingga 3 hari pengobatan. ISK yang rumit adalah yang terjadi pada seseorang yang dilemahkan oleh kondisi lain seperti kehamilan atau transplantasi jantung.

Infeksi saluran kemih yang rumit cenderung membutuhkan pengobatan antibiotik jangka panjang dan biasanya antara 7 hari hingga 14 hari. Untuk menyembuhkan ISK yang disebabkan oleh masalah dalam sistem kemih, masalah mendasarnya harus diketahui dan diperbaiki. Jika tidak segera diobati, infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Untuk lebih jelas melakukan pengobatan, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Dengan menghubungi nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya. Biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau dan sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.