Mengalami Keputihan Berwarna Hijau, Kondisi Abnormal?

keputihan berwarna hijau

Salah satu ciri sekresi yang tidak normal yakni munculnya keputihan berwarna hijau. Apa penyebab keputihan timbul dengan warna hijau tersebut? Anda akan temukan jawaban di dalam pembahasan kali ini. Simak selengkapnya bersama kami ya.

Keputihan merupakan masalah normal yang terjadi pada kalangan wanita, karena keputihan merupakan salah satu bentuk perlindungan tubuh pada serangan bakteri dan jamur yang meradang di area organ reproduksi wanita.

Namun keputihan yang normal mempunyai beberapa kriteria, yakni berwarna bening, tidak menimbulkan bau, tidak berbusa, cairan keputihan yang keluar tidak dalam jumlah banyak, serta tidak akan menyebabkan rasa nyeri di bagian vagina atau area intim.

Baca juga: Atasi Saat Alami Keputihan Berlebihan Pada Wanita

konsultasi

Mengelami Keputihan Berwarna Hijau Kondisi Abnormal?

Apakah normal jika mengalami keputihan yang berwarna hijau? Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, jadi cairan atau lendir keputihan yang keluar dari vagina bisa dikatakan normal apabila berwarna bening. Jika warnanya berubah, misalnya menjadi hijau, maka kemungkinan keputihan yang Anda alami berjenis abnormal.

Pada umumnya hal ini disebabkan oleh penyakit atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan organ reproduksi. Jika keputihan dengan warna hijau tersebut disertai dengan gejala lainnya seperti bau tak sedap, berbusa, menimbulkan gatal dan perih, serta keluar dalam jumlah yang berlebihan.

Keputihan normal pada umumnya terjadi karena perubahan hormonal, seperti saat wanita tengah hamil, ketika terangsang hubungan seksual, berada di masa stress, sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi. Keputihan yang tidak normal bisa berwarna coklat, abu-abu, dan kuning.

Cara Mencegah Keputihan Abnormal Pada Wanita

Apabila keputihan sudah berubah warna seperti ini dan disertai dengan keluhan nyeri, gatal, berbau, maka kondisi tersebut menunjukan adanya infeksi pada saluran reproduksi wanita.

Infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, dan virus. Pemicu infeksi tersebut pada umumnya akibat kurang menjaga kebersihan organ intim, hingga bakteri, jamur, dan parasit dengan mudah berkembang dalam organ intim dan menyebabkan keputihan berwarna hijau tidak normal terjadi.

Maka dari itu, menjaga kebersihan organ intim memang penting bagi seluruh kalangan wanita. Karena banyak penyakit yang bisa menyerang organ intim Anda. Salah satunya yang paling berbahaya yakni kanker serviks. Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan bagi semua kalangan. Selain itu, keputihan yang abnormal juga berisiko menyebabkan kemandulan pada seorang wanita.

konsultasi

keputihan berwarna hijau

Apa Penyebab Dari Keputihan Tidak Normal

Tentu hal ini merupakan masalah yang cukup serius dan tidak bisa dianggap sepele. Keputihan berwarna hijau yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh infeksi menular seksual. Infeksi tersebut merupakan akibat dari perilaku seks tidak aman, seperti melakukan hubungan seksual berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan seks sebelum menikah, berhubungan seksual dengan sesama jenis atau melakukan anal seks.

Semua jenis perilaku seks yang menyimpang tersebut memang sangat beresiko menyebabkan infeksi menular seksual. Yang mana salah satu tanda dan gejalanya berupa keputihan abnormal dan berwarna hijau.

Lalu bagaimana cara membedakan keputihan yang dialami oleh bakteri, virus, parasit dan jamur? Anda harus perhatikan warna lendir, cairan, dan gejala yang dialami. Namun Anda tetap harus melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memperoleh hasil yang pasti. Sebab banyak tanda dan gejala yang sama namun indikasi penyakitnya memang berbeda. Nah dalam pembahasan kali ini, kami sudah menjelaskan keputihan berwarna hijau.

Kami Klinik Apollo akan menangani semua masalah yang Anda alami dengan profesional dan terjangkau. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan berwarna hijau, semoga bermanfaat.

Baca juga: Apakah Keputihan Abnormal Berbahaya Jika Dibiarkan?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.