Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan

daun sirih untuk keputihan

Daun sirih untuk keputihan memang popular mempunyai kandungan antiseptic alami yang tidak hanya digunakan untuk membersihkan vagina, namun alergi dan infeksi di bagian tubuh lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirih mengandung zat penting yang sangat efektif untuk menghentikan pendarahan, membunuh parasit, dan menyembuhkan luka atau infeksi.

Untuk kebersihan vagina Anda, khasiat daun sirih untuk keputihan ini dipercaya dapat membunuh jamur, parasit, bakteri dan mikroorganisme yang menjadi penyebab timbulnya sekresi berlebihan.

Baca juga: Beberapa Penyebab Keputihan Pada Wanita Yang Harus Diketahui

konsultasi

Apa saja Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan?

Menggunakan daun sirih untuk kebersihan vagina dapat menyembuhkan diri Anda dari keputihan, dan metodenya sangat sederhana. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih untuk keputihan ukuran sedang, kemudian gunakan air tersebut untuk membilas daerah kewanitaan.

Jika terjadi infeksi pada vagina, air rebusan daun sirih mempunyai banyak manfaat untuk mengurangi infeksi dan akan membuat vagina Anda menjadi lebih kesat. Selain itu, air rebusan daun sirih bisa mengobati gatal-gatal dan mengencangkan organ genital ini.

Walaupun mempunyai banyak khasiat, namun jangan menggunakan daun sirih untuk keputihan setiap hari, sebab penggunaan secara rutin akan menghilangkan ph alami yang ada dalam vagina. Vagina Anda mempunyai bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga asam dalam organ genital, agar tetap berada di suhu normal.

Bahkan sebenarnya vagina bisa membersihkan diri sendiri tanpa menggunakan bantuan produk lainnya. Namun memang ada beberapa situasi seperti infeksi, sehingga perlu sebuah produk pembersih untuk membuat ph alami vagina menjadi normal.

Namun jika vagina tidak mengalami masalah dan dalam kondisi normal atau seimbang, sebaiknya Anda tidak mengganggu kondisi yang sudah ada dengan perawatan secara berlebihan. Salah satunya yakni air rebusan daun sirih.

Sebab membersihkan vagina dengan berlebihan akan mengganggu keseimbangan dan membuat vagina mengalami iritasi. Maka dari itu, jika Anda mempunyai pengalaman mengalami keputihan berlebih setelah menggunakan produk pembersih, bisa jadi hal tersebut dikarenakan Anda tidak cocok atau mengalami iritasi.

konsultasi

daun sirih untuk keputihan

Ahli medis menyarankan cara terbaik bersihkan vagina yakni dengan membilas menggunakan air bersih, karena memang hanya air yang menjadi cairan paling normal dan seimbang sebagai pembersih. Teknik membersihkannya harus diperhatikan, yakni dari depan ke belakang dan menggunakan air yang mengalir.

Anda harus perlahan-lahan membilas vagina ketika buang air kecil di toilet umum. Usahakan menggunakan air yang langsung dari keran, dari pada air yang sudah ada di bak atau ditampung sebelumnya. Ini dijalankan untuk mewaspadai kemungkinan kebersihan dari air yang sudah ditampung tersebut.

Membersihkan area genital menggunakan tisu basah sebaiknya tidak dijalankan, mengingat biasanya tisu basah mengandung pewangi yang bisa mengganggu keseimbangan organ wanita.

Selain dari metode membersihkannya, aturan lain yang harus diperhatikan dalam merawat vagina yakni tidak mengenakan celana dalam yang terlalu ketat. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat akan membuat vagina Anda berada di kondisi lembab dan membuat selangkangan menjadi lecet.

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Abnormal?

Ketika Anda mengalami gangguan awal seperti munculnya banyak keputihan, gatal-gatal dan keluarnya cairan berlebih dari vagina. Coba untuk tidak terlalu percayakan pada sebuah produk pembersih atau daun sirih. Berikan kesempatan untuk bakteri baik yang ada pada organ genital menjalankan fungsinya dengan membersihkan vagina secara alami.

Tidur malam tanpa menggunakan celana dalam menjadi salah satu cara memberi ruang kepada vagina untuk bernapas. Vagina selalu berada dalam kondisi tertutup akan membuat kondisi yang lembab, sehingga akan menimbulkan bau, keputihan, dan terganggunya keseimbangan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai daun sirih untuk keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.