Konsumsi Makanan Ini, Membuat Keputihan Gatal?

 keputihan

Mengalami keputihan dan bau vagina tidak sedap tentunya menjadi salah satu masalah buruk yang menyebabkan kenyamanan Anda terganggu. Tidak hanya dari faktor kebersihan diri sendiri, rupanya ada beberapa makanan yang menyebabkan keputihan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Seperti bagian tubuh lain, yakni organ kewanitaan akan terpengaruh kesehatannya karena asupan makanan keseharian Anda. Sebab ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan adanya infeksi jamur yang membuat vagina terasa gatal karena keputihan berbau tidak sedap.

Beberapa jenis makanan yang berpengaruh ini memang ada yang terlihat normal, namun rupanya tidak bersahabat dengan area intim ketika dikonsumsi secara berlebihan. Lalu apa saja jenis makanan tersebut?

Baca juga: Mengalami Keputihan Berwarna Hijau, Kondisi Abnormal?

konsultasi

Makanan Penyebab Keputihan Gatal

 

1.Makanan manis

Siapa sangka makanan manis yang kaya akan gula dapat menyebabkan seorang wanita rentan mengalami keputihan. Menurut beberapa sumber, gula menjadi salah satu makanan yang bisa memunculkan pertumbuhan jamur, khususnya di bagian vagina.

Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi akan membuat keputihan gatal lebih sering terjadi. Hal tersebut menjadi semakin parah jika kondisi vagina lebih lembab karena kurangnya kebersihan pada diri Anda.

2.Alkohol

Mengkonsumsi alkohol juga akan mempengaruhi kesehatan area intim Anda. Walau hanya beberapa teguk dalam jumlah sedikit, mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang tentunya akan membuat vagina Anda menjadi kering. Hal ini yang bisa sebabkan seorang wanita pada akhirnya rentan mengalami keputihan, karena organ kewanitaan tak menghasilkan pelumas alami dalam jumlah cukup.

3.Kopi

Anda suka kopi? Hati-hati karena mengkonsumsi kopi terlalu sering berhubungan dengan peningkatan resiko infeksi pada vagina. Tidak hanya itu, kopi bahkan dapat mengubah bau pada vagina wanita. Kafein dalam kopi dapat memicu dampak stress pada beberapa kalangan wanita, sehingga mereka lebih rentan terserang infeksi.

4.Bawang

Beberapa sumber mengatakan bahwa makanan apapun bisa membuat bau mulut dan vagina terjadi. Bawang menjadi salah satu makanan yang bisa mempengaruhinya. Kandungan dalam bawang bisa mengubah susunan bakteri di vagina yang menyebabkan bau menyengat. Namun bawang tetap mempunyai manfaat yang lain, asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar.

konsultasi
 keputihan

5.Karbohidrat kompleks

Para peneliti mengungkapkan bahwa beberapa makanan yang bersumber dari karbohidrat bisa mempengaruhi kesehatan vagina. Mengkonsumsi makanan seperti roti putih, nasi, dan karbo lainnya bisa meningkatkan resiko bakteri vaginosis atau infeksi jamur.

Bukan tanpa alasan, mengkonsumsinya dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat menjadi lingkungan efektif bagi bakteri untuk terus berkembang biak.

6.Asparagus

Walau makanan yang sehat, mengkonsumsi asparagus tidak bisa dalam jumlah berlebihan, khususnya bagi wanita yang mengalami masalah di bagian organ intimnya. Hal tersebut karena asparagus menjadi makanan yang menyebabkan keputihan terasa gatal yang jarang disadari.

Sayuran ini bisa mempengaruhi PH vagina sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika PH sudah terpengaruh, kemungkinan munculnya keputihan menjadi semakin rentan. Selain itu, sayuran satu ini akan membuat aroma urin menjadi semakin pekat.

7.Makanan tinggi lemak

Berbagai jenis makanan yang digoreng rupanya dihubungkan dengan kemungkinan infeksi bakteri di bagian intim wanita. Menurut beberapa sumber, alasanya tidak terlalu jelas, namun dirinya menduga bahwa makanan tinggi lemak tersebut membuat tubuh tidak tercukupi asupan zat gizi yang disarankan.

Jika Anda mengalami masalah pada area vital, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat. Lakukan reservasi bersama kami sekarang juga di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.