Keputihan Berwarna Coklat, Kondisi Berbahaya?

keputihan berwarna coklat

Setiap bulan, wanita akan mengalami siklus haid, vagina akan mengeluarkan darah mulai berwarna gelap hingga terang, lalu bagaimana dengan keputihan berwarna coklat?. Waktu keluarnya darah menstruasi ini juga bervariasi. Ada yang hanya 3 hari dan lebih dari seminggu.

Ada kalanya wanita akan mengeluarkan keputihan coklat di luar siklus haid, bagaimana kondisi tersebut? Walaupun keputihan menimbulkan bercak kecoklatan yang tidak banyak, beberapa wanita sering merasa panic. Kira-kira apa penyebab keluarnya keputihan mirip darah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Jenis Penyakit Keputihan Pada Wanita

konsultasi

Keputihan Berwarna Coklat Yang Tidak Berbahaya

Keputihan berwarna coklat yang keluar dari vagina tidak berbahaya jika yang keluar hanya darah sisa menstruasi dari siklus sebelumnya. Biasanya darah yang tersisa akan tetap menempel dan pada akhirnya mengering.

Pada beberapa kondisi tertentu, darah akan turun kebawah dan bercampur dengan sekresi vagina hingga pada akhirnya akan keluar. Jika keputihan berwarna coklat yang keluar dari vagina tidak menimbulkan masalah apapun, Anda tidak perlu cemas.

Artinya darah itu memang sisa dari siklus haid sebelumnya. Terdapat gangguan yang membuat darah keluar tidak tuntas dan akhirnya mengering serta keluar seiring dengan terbentuknya endometrium. Selain bisa keluar dengan sendirinya, bercak coklat tersebut bisa keluar karena kegiatan seksual.

Ketika seks dijalankan oleh pasangan hingga memperoleh orgasme, vagina akan mengalami kontraksi yang cukup kuat. Kontraksi ini akan memicu terlepasnya jaringan yang seharusnya sudah luruh saat siklus menstruasi sebelumnya.

konsultasi

keputihan berwarna coklat

Keputihan Berwarna Coklat Yang Berbahaya

Selama tidak ada gangguan seperti rasa nyeri atau berbagai tanda aneh lainnya, wanita jangan pernah khawatir mengenai keputihan berwarna coklat yang muncul. Jika sampai muncul berbagai penyebab dan mempengaruhi kesehatan, bisa jadi beberapa penyakit dibawah ini yang mendasarinya:

1.Kanker serviks

Kanker serviks dapat menyebabkan inflamasi pada area leher rahim. Sel abnormal yang terus tumbuh dapat menyebabkan perdarahan yang kuat. Perdarahan ini menyebabkan munculnya bercak keputihan coklat atau merah di luar waktu haid.

Bahkan terkadang bercak muncul setiap hari. Kanker serviks juga menyebabkan rasa nyeri yang hebat di bagian perut bawah dan vagina. Wanita sering mengalami rasa nyeri akut ketika berhubungan seksual bersama pasangan.

2.Pcos

Pcos merupakan penyakit pada wanita yang disebabkan oleh tidakseimbangnya hormone. Banyaknya androgen pada tubuh wanita menyebabkan ovarium tak bisa hasilnya sel telur setiap bulannya. Wanita akan kesulitan hamil karena sperma tidak bisa membuahi apapun.

Selain masalah pada ovarium dan sel telur, pcos juga disebabkan oleh menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini bisa memicu lapisan endometrium tidak akan luruh secara sempurna dan menyebabkan keputihan coklat sering keluar di luar siklus haid.

3.Radang panggul

Radang panggul bisa terjadi pada kalangan wanita, karena terdapat infeksi yang cukup parah pada vagina dan sekitarnya. Radang ini menyebabkan memar dan radang panggul yang memicu perdarahan. Nah perdarahan ini tidak akan selalu sebabkan vagina mengeluarkan darah, kadar darah keluar ketika sudah mengering dan berwarna coklat.

4.Penyakit menular seksual

Kondisi terakhir yang menyebabkan munculnya keputihan coklat dari vagina yakni infeksi menular seksual. Penyakit seperti klamidia dan gonore bisa menyebabkan infeksi yang cukup parah. Vagina bisa mengalami inflamasi, sehingga perdarahan muncul.

Kondisi spotting bisa tidak muncul, jika infeksi menular segera memperoleh penanganan. Inilah beberapa masalah yang menimbulkan keputihan coklat muncul dari vagina di luar siklus haid.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala diatas, bisa lakukan konsultasi bersama dokter kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa reservasi di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan berwarna coklat, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.