Kenali Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kemih Secara Umum

gejala infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi dari mikroba. Ada banyak tanda atau gejala infeksi saluran kemih yang harus dikenali. Mikroba ini adalah organisme yang terlalu kecil untuk bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop. Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri, akan tetapi beberapa disebabkan oleh jamur dan dalam kasus yang sangat jarang sekali terjadi kondisi ini dapat disebabkan oleh virus.

ISK adalah salah 1 infeksi yang paling umum. ISK dapat terjadi dimana saja di saluran kemih. Sebagian besar ISK hanya melibatkan uretra dan kandung kemih di saluran bawah. Namun ISK dapat melibatkan ureter dan ginjal di saluran atas. Meskipun ISK saluran atas lebih jarang terjadi dibandingkan ISK saluran rendah dan biasanya terjadi lebih parah.

konsultasi

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Suatu kondisi yang mempengaruhi kandung kemih atau bagian tubuh yang berdekatan dapat menyebabkan kencing yang menyakitkan. Dokter juga dapat menyebut kencing yang menyakitkan ini sebagai infeksi saluran kemih atau ISK. Ada beberapa penyebab potensial untuk gejala infeksi saluran kemih ini dan pada kebanyakan dapat diobati. Seseorang dengan infeksi saluran kmeih harus mengkonsultasikannya dengan dokter agar mengetahui gejala infeksi saluran kemih lain yang dialami. Jika berkaitkan dengan kencing yang menyakitkan, maka dokter dapat membantu mendiagnosis dan merekomendasikan pengobatan yang tepat.

Penyebab Umum Infeksi Saluran Kemih

Pada kebanyakan kondisi yang berbeda dapat menyebabkan kencing yang menyakitkan. Sebagian besar penyebab ini bisa diobati. Penyebab kencing yang menyakitkan ini bisa dibarengi dengan gejala lain yang kemungkinan terjadi secara bersamaan. Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri berlebih membangun suatu tempat di saluran kemih. Bagian tubuh ini berjalan dari ginjal ke kandung kemih lalu ke uretra yang membawa urine ke arah luar tubuh. Kondisi lainnya biasanya seperti:

• Sering kencing.
• Urine yang keruh atau bernoda darah.
• Demam.
• Urine yang berbau busuk.
• Rasa sakit.

konsultasi

Ketahui Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kemih tergantung pada bagian dari saluran kemih yang terinfeksi. ISK saluran bawah dapat mempengaruhi uretra dan kandung kemih. Gejala infeksi saluran kemih saluran bawah dapat meliputi:

• Seperti terbakar saat kencing.
• Adanya peningkatan frekuensi kencing tanpa banyaknya urine.
• Peningkatan urgensi kencing.
• Urine yang berdarah.
• Urine yang keruh.
• Urine yang terlihat seperti teh.
• Urine yang memiliki bau yang kuat.
• Nyeri panggul (pelvic) pada wanita.
• Nyeri dubur pada pria.

ISK saluran atas dapat mempengaruhi ginjal. Kondisi ini dapat berpotensi mengancam jiwa jika bakteri berpindah dari ginjal yang terinfeksi ke dalam darah. Kondisi ini yang disebut urosepsis yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, syok dan kematian. Gejala infeksi saluran kemih atas dapat meliputi:

• Rasa sakit dan kelembutan di punggung bagian atas dan bagian samping.
• Menggigil.
• Demam.
• Mual.
• Muntah.

konsultasi

Bagaimana Infeksi Saluran Kemih Didiagnosis?

Jika mencurigai memiliki ISK berdasarkan gejalanya, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter meninjau gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Untuk menkonfirmasi diagnosis ISK, dokter biasanya menguji mikroba untuk urine. Sampel urine dikumpulkan ditengah aliran kemih bukan diawal. Dapat membantu menghindari pengumpulan bakteri atau ragi dari kulit yang dapat mencemari sampel.

Saat melakukan pengujian sampel untuk sejumlah besar sel darah putih dalam urine yang dapat mengindikasikan infeksi. Dokter juga melakukan kultur urine untuk menguji bakteri atau jamur. Kultur dapat membantu mengidentifikasi penyebab infeksi. Ini juga dapat membantu pemilihan pengobatan yang tepat. Jika adanya virus, pengujian khusus kemungkinan perlu dilakukan. Virus adalah penyebab ISK yang jarang akan tetapi pada seseorang yang telah melakukan transplantasi organ atau yang memiliki kondisi lain yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh maka penyebabnya bisa termasuk virus.

gejala infeksi saluran kemih

Cara Tepat Atasi Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan ISK tergantung pada penyebabnya. Dokter menentukan organisme mana yang menyebabkan infeksi dari hasil tes atau pengujian yang digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya adalah bakteri. ISK yang disebabkan oleh bakteri diobati dengan pengobatan antibiotik.

Dalam beberapa kasus, virus atau jamur adalah penyebabnya. ISK viral diobati dengan pengobatan yang disebut pengobatan antivirus. ISK jamur diobati dengan pengobatan yang disebut pengobatan antijamur. Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo atau dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.