Jenis Penyakit Keputihan Pada Wanita

penyakit keputihan pada wanita

Dalam dunia medis, keputihan dikenal dengan istilah flour albus, lalu adakan penyakit keputihan pada wanita?. Keputihan merupakan sekresi yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan wajar terjadi pada setiap kalangan wanita, mereka akan mengikuti perubahan hormonal pada tubuh.

Keputihan yang normal pada umumnya mempunyai ciri-ciri berwarna putih, jika menempel pada celana dalam akan menimbulkan warna kuning, konsistensinya seperti lendir, hal ini juga akan bergantung pada hormone dan tidak menimbulkan bau. Selain itu, keputihan normal tidak akan menimbulkan keluhan seperti sakit pada bagian perut atau terjadinya sebuah perdarahan pada vagina.

Ada masanya keputihan menjadi tanda sebuah penyakit tertentu dalam tubuh. Jadi pada umumnya, karakter keputihan ini tidak seperti warna sekresi normal. Warna keputihan tidak normal bisa berubah menjadi hijau, kuning atau abu-abu. Keputihan tidak normal akan menimbulkan bau dan konsistensinya berubah menjadi menggumpal.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-Ciri Keputihan Normal 

konsultasi

Jenis-Jenis Penyakit Keputihan Pada Wanita

Keputihan tidak normal ini datang disertai rasa nyeri, pendarahan pada vagina, gangguan menstruasi, dan berbagai keluhan lainnya. Keputihan yang tidak normal timbul akibat tidak seimbangnya flora normal vagina. Apabila Anda mengalami keputihan yang sudah kami sebutkan diatas, segera waspadai dan sebaiknya segera berobat ke dokter.

Meskipun keputihan merupakan masalah normal, Anda perlu mewaspadai beberapa jumlah penyakit yang bisa memicu terjadinya keputihan tidak normal. Berikut dibawah ini merupakan beberapa penyakit keputihan pada wanita.

1.Infeksi bakteri

Dalam dunia medis, keputihan akibat infeksi bakteri disebut dengan vaginosis bakterialis. Kondisi ini sebelumnya dikenal dengan nama gardnerella vaginitis, yakni jenis virus yang menyebabkan kondisi tersebut. Infeksi bakteri ini sering terjadi kepada wanita hamil atau kalangan yang sering berganti pasangan seksual.

Kondisi tersebut disebabkan karena tidakseimbanganya pertumbuhkan bakteri yang biasanya ada di vagina. Maka tidak diketahui secara pasti, mengapa tidak seimbangnya pertumbuhan bakteri ini terjadi.

2.Infeksi jamur

Infeksi jamur menjadi salah satu penyakit keputihan pada wanita. Kondisi terjadi karena adanya pertumbuhan berlebih pada ragi dibagian vagina. Jamur dengan mudah berkembang dalam kondisi yang lembab. Maka dari itu, kebersihan pada area kewanitaan hal yang wajib Anda jalankan.

Selain itu, menggunakan antibiotic atau berbagai faktor lain yang akan mempengaruhi keseimbangan alami bakteri di bagian vagina akan mendukung berkembangnya jamur. Spesies candida merupakan jenis ragi yang sering timbul.

konsultasi
penyakit keputihan pada wanita

3.Infeksi parasit

Infeksi parasit pada vagina dalam dunia medis dikenal dengan nama trikomoniasis. Infeksi ini termasuk penyakit keputihan pada wanita. Ciri-cirinya yakni timbulnya keputihan berwarna hijau, berbau tidak sedap, berbusa, dan timbul dengan rasa gatal.

Penanganan kondisi ini yakni menggunakan obat minum yang mengandung antibiotic, namun tetap harus diresepkan oleh dokter. Pencegahan yang bisa Anda lakukan yakni, hindari berganti-ganti pasangan dan menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual dengan kalangan yang beresiko berikan penularan.

4.Klamidia atau gonore

Baik klamidia atau gonore masuk dalam kategori penyakit menular seksual. Infeksi ini bisa dihindari dengan menjalankan hubungan seksual yang aman dan sehat. Terkadang kedua jenis penyakit keputihan pada wanita ini tidak menimbulkan gejala, sehingga penderita tidak mudah menyadarinya.

Bagi Anda yang mendapatkan tanda dan gejala saatnya lakukan konsultasi dan pengobatan bersama kami Klinik Apollo Jakarta. Semua masalah akan kami tangani dengan professional dan terjangkau. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa lakukan reservasi di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit keputihan pada wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.