ISK Adalah Infeksi Pada Sistem Urine

isk adalah

ISK adalah infeksi saluran kemih atau infeksi sistem kemih yang termasuk kandung kemih dan uretra. Seseorang bisa terkena ISK, akan tetapi lebih sering terjadi pada seseorang yang menderita vulva. ISK adalah ketika bakteri masuk ke urine dan naik ke kandung kemih. ISK terjangkit setiap tahunnya. Lebih banyak wanita yang terkena ISK dibandingkan pria dalam kehidupannya.

Pengertian ISK Adalah

ISK adalah infeksi dalam sistem kemih termasuk infeksi saluran kemih. Seperti pada kandung kemih yaitu organ yang mengumpulkan dan menyimpan urine, pada uretra yaitu tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Ada 2 jenis ISK yaitu sistitis dan urethritis. Sistitis adalah infeksi kandung kemih. Urethritis adalah infeksi pada uretra. Jika ke 2 nya tidak segera diobati, maka ke 2 nya dapat menyebar atau menular dan dapat menyebabkan infeksi pada ginjal. Meskipun ISK sangat umum, namun harus tetap menanggapinya.

Baca Juga : Kenali Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kemih Secara Umum

konsultasi

Penyebab Utama ISK Adalah

Sangat mudah untuk tertular ISK. Bakteri yang hidup di area vagina, genital dan anal dapat memasuki uretra dan melakukan perjalanan ke kandung kemih dan dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini dapat terjadi selama aktifitas seksual ketika bakteri dari alat kelamin atau anus atau jari atau mainan seks (seks toys) pasangan seksual di dorong ke dalam uretra.

ISK juga dapat disebabkan oleh klamidia, gonore (kencing nanah) atau orgasme lainnya. Meksipun ISK tidak menyebar atau menular dari 1 orang ke orang lainnya seperti penyakit menular seksual (PMS), namun berhubungan seksual dapat menyebabkan atau dapat memperburuk ISK. Akan tetapi tidak hanya dari melakukan hubungan sesual saja untuk tertular ISK. Apapun yang membawa bakteri bersentuhan dengan uretra dapat menyebabkan ISK. Penularan ISK kemungkinan terjadi jika:

• Memiliki riwayat ISK sebelumnya.
• Menderita diabetes (kencing manis).
• Mengalami obesitas (kegemukan).
• Menggunakan spermisida atau diafragma.
• Memiliki batu ginjal atau penghalang lain di saluran kemih.

Pada kebanyakan orang tidak dapat menentukan dengan tepat penyebab ISK karena begitu banyak hal yang dapat menyebabkannya.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejala ISK?

Salah 1 gejala ISK yang paling umum adalah kebutuhan kencing yang sering dan mendesak. Kemungkinan merasa perlu kencing setiap waktu, meskipun baru saja kencing. Gejala ISK adalah sebagai berikut:

• Rasa sakit atau terbakar saat kencing.
• Urine berbau tidak sedap atau keruh.
• Darah atau nanah dalam urine.
• Rasa sakit, tertekan atau kram di perut bagian bawah, punggung atau samping.

Jika infeksi terjadi pada ginjal, gejala ISK kemungkinan dapat termasuk:

• Sakit di punggung bagian tengah.
• Demam.
• Menggigil.
• Mual.
• Muntah.
• Lelah.

Jika memiliki gejala-gejala ini, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Infeksi ginjal yang serius harus segera diobati. Gejala-gejala ini tidak selalu disebabkan oleh ISK. Infeksi lain seperti penyakit menular seksual (PMS) atau vaginitis juga dapat menyebabkan nyeri atau sering kencing. Dokter dapat memastikan ISK jika telah melakukan pemeriksaan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis ISK?

Tes atau pengujian urine sederhana dapat mendiagnosis ISK dan pengobatannya dengan pengobatan antibiotik. Jenis dosis dan lamanya pengobatan ISK tergangung pada apa yang menyebabkan infeksi dan riwayat kesehatan. Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengeahui dengan pasti adanya ISK.

Tes atau pengujian biasanya dilakuakn oleh dokter dengan cara konsuling mengenai riwayat kesehatan dan gejalanya. Setelah itu juga dengan melakukan tes atau pengujian sederhana atau urinalisis yaitu tes atau pengujian untuk bakteri tertentu dan tanda-tanda infeksi lainnya. Selain urinalisis, dokter juga melakukan tes atau pengujian untuk PMS tertentu yang dapat menyebabkan ISK atau yang memiliki gejala yang sama.

isk adalah

Bagaimana Cara Mengobati ISK Dengan Cepat?

Sebagian ISK mudah diobati. Pengobatan untuk ISK adalah pengobatan antibiotik umumnya yang dapat menghilangkan infeksi. Pengobatan lain juga dapat disarankan untuk menghilangkan rasa sakit jika diperlukan. Pengobatan antibiotik biasanya cepat dan efektif. Sebagian besar gejalanya hilang dalam 1 hari hingga 2 hari.

Akan tetapi selalu pastikan untuk menyelesaikan semua pengobatan bahkan jika gejalanya telah hilang. Jika menghentikan pengobatan ISK lebih awal, maka infeksinya kemungkinan masih ada dan bisa muncul kembali atau kambuh kembali. Jika gejalanya tidak hilang setelah beberapa hari, atau untuk infeksi yang lebih parah seperti infeksi ginjal atau prostat, dokter dapat merekomendasikan lebih banyak tes atau pengujian dan pengobatan yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pengobatan secara langsung di Klinik Apollo. Pengobatannya ditangani secara langsung oleh dokter dengan peralatan medis yang canggih modern namun Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya pengobatannya. Melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangat terjangkau. Hubungi kami di 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.