Ini Dia, Ciri-Ciri Keputihan Normal

keputihan normal

Keputihan merupakan masalah normal yang sering dialami seorang wanita, jadi sekresi ini menjadi tanda adanya sebuah infeksi, lalu bagaimana lalu bagaimana dengan keputihan normal?. Namun tidak semua keputihan menandakan Anda mengalami penyakit. Keputihan bisa menjadi salah satu tanda normal pada tubuh atau bukan kondisi yang berbahaya. Ini merupakan beberapa ciri-ciri keputihan normal yang pada umumnya terjadi pada setiap kalangan wanita.

Jadi keputihan mempunyai banyak manfaat, diantaranya membersihkan vagina, melindungi vagina dan membasahi vagina. Keputihan normal menjadi banyak karena kondisi seseorang sedang bergairah, ketika siklus ovulasi, ketika olahraga, menggunakan pil kb, dan ketika stress atau emosional meningkat.

Namun keputihan bisa menjadi tidak normal yang biasanya disebabkan oleh berbagai jenis infeksi, contohnya infeksi bakteri, jamur, trikomoniasis, dan berbagai penyakit menular seksual. Nah untuk membedakannya, Anda bisa perhatikan beberapa tanda dan bagaimana jenis keputihan normal tersebut.

Baca juga: Apa Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu?

konsultasi

Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan Normal?

1.Warna

Warna sekresi atau keputihan normal yakni putih jernih dan akan terlihat sedikit kekuningan ketika mengering. Jika di luar warna tersebut, kemungkinan besar terdapat tanda dan gangguan pada kesehatan seperti terjadinya iritasi atau infeksi.

2.Aroma

Keputihan yang normal tidak akan pernah menimbulkan bau apapun, tidak ada bau tidak sedap atau amis. Jika tercium bau tidak biasa, ini menandakan keputihan Anda masuk dalam kategori tidak normal.

3.Tekstur

Tekstur dari keputihan yang normal memang cukup beragam, sedikit lengket dan elastis, ini tergantung pada kondisi tubuh anda. Ketika dalam siklus haid dan hal apa yang memicu mengeluarkan sekresi tersebut. Namun yang jelas, teksturnya tidak akan menggumpal atau berbusa.

4.Jumlah

Jumlah keputihan normal tentu bervariasi, dari sedikit hingga jumlah berlebihan. Pada umumnya wanita yang mengalami keputihan berlebihan ketika masuk fase ovulasi. Menentukan apakah keputihan Anda normal atau tidak berdasarkan jumlah tentu cukup sulit, sehingga Anda perlu melihat tanda dan gejalanya.

Jika keputihan timbul dalam jumlah banyak dan ditemukan tanda lain yang dirasakan, seperti nyeri perut, Anda harus mewaspadai kondisi ini. Namun apabila tidak disertai gejala, Anda tidak perlu cemas. Selama warna, tekstur, dan aroma masih dalam kategori normal, masalah ini masih aman. Sebab jumlah keputihan ini bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya, contohnya hormone.

konsultasi

keputihan normal

Perhatikan Kondisi Cairan Keputihan Setiap Waktunya

Namun jika Anda merasa sering mengeluarkan sekresi, ada baiknya untuk mencari tahu bagaimana bau, jumlah, tampak keputihan Anda biasanya. Selepas Anda menggunakan kamar mandi atau mengganti celana dalam, amati bentuk, aroma dan jumlah yang dikeluarkan sehari-hari.

Gunakan jari Anda untuk merasakan tekstur dari keputihan tersebut, amati dalam waktu yang berkala, misalnya setiap satu bulan sekali atau secara rutin. Melalui pengamatan ini akan membantu Anda ketahui mungkin kondisi keputihan selanjutnya akan berbeda dari biasanya. Membandingkan kondisi keputihan Anda dengan kalangan bukan hal yang tepat. Sebab setiap manusia mempunyai reksi masing-masing ketika mengalami keputihan.

Maka dari itu yang paling tepat yakni membandingkan dengan kebutuhan diri sendiri setiap waktunya sangat disarankan. Selama keputihan yang muncul mempunyai tanda dan gejala normal, ini bukan masalah besar.

Apabila keputihan Anda berbeda dari biasanya serta timbul dengan berbagai gejala yang menyertainya, maka Anda harus mewaspadai hal tersebut. Untuk memperoleh penanganan terjamin, Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo yang aman dan terjangkau. Untuk reservasi Anda bisa hubungi kami di nomor 081233881616 ini. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan normal, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.