Gejala Dan Cara Atasi Anyang Anyangan

anyang anyangan

Terganggunya anyang anyangan atau urin dari kandung kemih bisa disebabkan oleh berbagai jenis faktor. Salah satunya yakni anyang-anyangan. Kondisi ini umumnya lebih sering dialami wanita. Namun, bukan berarti pria tidak bisa mengalami anyang-anyangan. Lalu apa itu anyang-anyangan?

Baca juga: Cara Mengobati Anyang-Anyangan Ampuh

konsultasi

Apa Itu Anyang-Anyangan?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengobati anyang-anyang, ketahui terlebih dahulu istilah anyang anyangan. Jadi anyang-anyangan merupakan sebuah kondisi dimana kegiatan buang air kecil tidak terasa nyaman, rasa tidak nyaman ini bisa terdiri dari nyeri, sakit, hingga adanya sensasi panas seperti terbakar yang terjadi di area kelamin ketika sedang buang air kecil.

Anyang-anyangan atau dalam istilah medis biasa disebut dengan disuria, juga bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Bahkan seseorang yang mengalami anyang anyangan bisa kencing sebanyak 2-3 kali dalam kurun waktu singkat. Anyang-anyangan bisa terjadi kepada siapapun, namun wanita memang diklaim mempunyai resiko lebih besar, karena kondisi fisiologis uretra wanita yang lebih pendek.

Bagaimana Gejala Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan disebabkan oleh beberapa jenis faktor, beda faktor berbeda pula tanda kondisi yang Anda rasakan. Sebagai contoh, jika anyang-anyangan yang dialami akibat adanya infeksi bakteri pada alat kelamin, maka gejala yang dialami pada umumnya berupa rasa nyeri atau sakit disekitar area genital, terutama ketika buang air kecil.

Apabila Anda mengalami satu atau lebih dari berbagai gejala diatas, segera periksakan kondisi ke dokter untuk memperoleh informasi, apakah hal tersebut berhubungan dengan penyakit tertentu atau tidak.

konsultasi

anyang anyangan

Cara Mengobati Anyang-Anyangan

Anyang-anyang merupakan sebuah gangguan kesehatan yang bisa ditangani dengan metode yang sederhana. Namun perlu Anda pahami, pengobatan ini harus disesuaikan dengan penyebab anyang-anyangan itu sendiri. Berikut kami uraikan cara mengobati anyang-anyangan yang bisa Anda jalankan dengan mudah.

1.Menjaga kebersihan organ intim

Infeksi pada area organ intim atau adanya pengaruh oleh kebersihan. Setelah buang air kecil jangan lupa bersihkan alat kelamin Anda dengan benar. Basuh lubang uretra sekaligus anus secara merata agar bakteri tidak akan berpindah. Pada kalangan wanita, hindari membersihkan vagina menggunakan metode douching atau menyemprot cairan ke dalam vagina.

2.Jangan menunda-nunda untuk buang air kecil

Sering menunda-nunda ketika berkemih atau buang air kecil bisa memparah kondisi anyang-anyangan yang Anda alami. Jika kandung kemih sudah penuh dan secara alami Anda merasa ingin kencing, segera menuju toilet. Jika Anda sedang berada di jalan, berhenti sejenak di toilet umum. Kebiasaan menunda buang air kecil dalam jangka panjang akan menyebabkan infeksi yang serius pada kandung kemih Anda.

3.Berendam di air hangat

Ketika Anda memperoleh masalah anyang-anyangan, cara mengatasinya bisa dengan berendam di air hangat. Meskipun belum ada penjabaran secara medis terkait metode ini. Dengan berendam di air hangat, maka dipercaya mampu meredakan rasa nyeri akibat anyang-anyangan.

4.Makan yogurt

Salah satu penyebab anyang-anyangan yakni ditemukan infeksi jamur pada bagian organ vital. Jika ini merupakan penyebabnya, cara mengatasi anyang-anyangan bisa dengan mengkonsumsi yogurt. Kandungan ragi dalam yogurt mempunyai fungsi untuk menghentikan infeksi jamur. Ini disebabkan ragi pada yogurt mengandung kalsium atau zat pembasmi jamur.

5.Memeriksakan diri ke dokter

Penyakit anyang anyangan menyerang area kemih atau organ kelamin. Dokter merupakan tempat terbaik Anda untuk berkonsultasi. Untuk atasi anyang-anyangan tersebut, Anda bisa berkunjung ke Klinik Apollo. Nantinya dokter akan menjalankan sejumlah prosedur, pemeriksaan dan pengobatan. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai anyang-anyangan, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.