Ciri Dan Penyebab Infeksi Saluran Kencing

penyebab infeksi saluran kencing

Bagi kalangan wanita isk mungkin bukan masalah yang asing, lalu apa penyebab infeksi saluran kencing pada kaum pria?. Walaupun sebenarnya mayoritas penderita penyakit ini wanita, bukan berarti pria bisa bebas. Nah apa saja ciri-ciri infeksi saluran kencing pada seorang pria?

Baca juga: Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Wanita Hamil

konsultasi

Bagaimana Penyebab Infeksi Saluran Kencing?

Penyebab infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk pada saluran kemih. Biasanya, bakteri dalam saluran ini akan terbuang keluar ketika Anda sedang buang air kecil. Namun, jika memang masih tersisa, ini dapat memicu infeksi yang cukup berisiko.

Apa saja yang termasuk saluran kemih? Jadi saluran kemih terdiri dari ureter, uretra, kandung kemih, dan ginjal. Urin dihasilkan dalam ginjal, kemudian di alirkan pada kandung kemih melalui ureter. Urin akan di keluarkan dari kandung kemih melalui uretra. Nah infeksi ini biasanya sering terjadi di saluran kencing bagian bawah, yang mencakup uretra dan kandung kemih.

Gejala Dan Infeksi Saluran Kencing Pria

Ciri penyebab infeksi saluran kencing pada seorang pria berbeda antara satu dengan lainnya, tergantung dimana letak infeksinya. Jika infeksi terjadi pada kandung kemih atau sistitis, Anda mungkin akan memperoleh rasa nyeri ketika kencing dan buang air menjadi lebih sering.

Perut bagian bawah Anda akan menimbulkan rasa sakit dan air kencing Anda akan berwarna lebih gelap, mungkin bercampur dengan darah, menimbulkan bau tidak sedap dan penderita akan mengalami demam.

Jika infeksi terjadi pada bagian ginjal, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri dibagian perut samping, tempat dimana ginjal berada. Penderita kemungkinan besar akan alami demam, muntah-muntah, merasa mual, dan secara umum tidak enak badan.

Pada kalangan pria paruh baya, terkadang penyebab infeksi saluran kencing tidak akan menunjukan tanda dan gejala apapun ketika buang air kecil, namun penderita mungkin akan merasa masuk angin disertai rasa cemas atau linglung.

konsultasi

penyebab infeksi saluran kencing

Bagaimana Cara Ketahui Penderita Terserang Infeksi Saluran Kencing?

Dokter biasanya akan menekan bagian perut dan punggung penderita, untuk cek apakah Anda merasakan sakit atau tidak. Apabila diagnosis belum bisa ditemukan, Anda kemungkinan akan diminta untuk jalankan beberapa tes, diantaranya:

•Tes urin, contohnya urin pederita akan dikirim ke lab untuk di tes dan dicari tahu bakteri yang menyebabkan munculnya infeksi. Maka dari itu, Anda harus buang air kecil pada tempat plastic

•Tes darah, dokter kemungkinan akan meminta Anda untuk menjalankan tes darah jika Anda mempunyai infeksi pada prostat.

•Tes pencitraan kemungkinan akan dibutuhkan apabila infeksi saluran kencing tidak kunjung sembuh atau Anda terserang infeksi ini secara berulang-ulang. Tes ini akan mengambil gambar saluran kencing supaya dokter bisa melihat apakah infeksi Anda berasal dari ginjal. Jadi tes ini akan menunjukan Jika anda mengalami kerusakan, penyumbatan atau masalah jenis lainnya pada saluran kencing.

Tips Agar Tidak Terserang Infeksi Saluran Kencing

Untuk mencehan infeksi saluran kencing pada seorang pria, yang perlu di jalankan diantaranya:

•Minum banyak air putih, hal ini akan membantu Anda buang air kecil lebih sering, untuk menguras bakteri yang ada pada saluran kencing Anda tentunya

•Jangan pernah menahan kencing, buanglah segera ketika Anda sudah merasa ingin kebelakang

Jika Anda merasakan tanda dan gejala yang semakin parah bisa segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo terbaik Jakarta untuk memperoleh penanganan terbaik. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyebab infeksi saluran kencing, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.