Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Wanita Hamil

ciri ciri infeksi saluran kencing

Ciri ciri infeksi saluran kencing merupakan sebuah kondisi yang bisa terjadi akibat bakteri yang ada dari luar tubuh kemudian masuk melalui saluran kencing hingga mencapai uretra. Lalu infeksi akan berkembang dengan cepat pada bagian ini. Mengingat bahwa saluran kemih wanita dekat dengan anus, maka tidak heran jika perempuan rentan terserang infeksi saluran kencing.

Sering buang air kecil ketika hamil memang bukan masalah yang berat, melainkan hal tersebut akan menggambarkan kondisi normal. Terutama berhubungan dengan perkembangan janin yang sehat. Namun masalah ketika buang air kecil, pada ibu hamil bisa menjadi hal yang mengganggu atau tidak nyaman. Berhubungan dengan hal ini, berikut kami ulas mengenai ciri ciri infeksi saluran kencing pada ibu hamil.

Baca juga: Pencegahan Untuk Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

konsultasi

Penyebab infeksi saluran kencing pada ibu hamil

1.Tekanan janin dalam rahim

Kondisi infeksi saluran kencing pada ibu hamil memang wajar dan sering terjadi. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan janin yang mengakibatkan tekanan kuat pada saluran kemih atau kandung kemih. Kondisi ini bisa menyebabkan bakteri sering terperangkap dan menjadi sebuah infeksi. Bahkan beberapa ibu hamil sering tidak bisa kendalikan urin yang bocor, sehingga menjadi mudah terserang infeksi.

2.Pelebaran saluran ureter

Ketika ibu hamil masuk ke trimester, maka perubahan fisik akan terjadi sesuai dengan perkembangan janin. Kondisi ini menyebabkan perubahan saluran ureter yang bisa terjadi, hingga ibu hamil pada akhirnya siap untuk melahirkan.

Perubahan ukuran ini yang akan menyebabkan bakteri mudah masuk, lalu menyebarkan infeksi. Perubahan saluran ureter ini akan mendukung sebuah proses persalinan normal ketika janin sudah berkembang secara sempurna.

konsultasi

ciri ciri infeksi saluran kencing

3.Volume kantung kemih semakin besar

Ibu hamil mempunyai janin yang berkembang di bagian rahim, kemudian ini bisa menyebabkan ukuran volume dari kantung kemih meningkat. Kondisi tersebut akan membuat beberapa struktur dalam kandung kemih berubah. Semakin banyak urin yang tertahan dalam kandung kemih, kondisi ini menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan terjadilah infeksi saluran kemih pada seorang wanita hamil.

4.Perubahan hormone

Perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil bisa berpengaruh pada semua sistem dalam tubuh. Ini akan membuat kesehatan ibu hamil menurun dengan cepat. Kemudian bagian urin pada ibu hamil mempunyai kandungan hormone dan gula yang lebih tinggi. Hal ini yang akan menyebabkan bakteri dapat dengan mudah tumbuh. Jika terus seperti, maka tubuh ibu hamil menjadi mudah terserang bakteri, temasuk penyebab infeksi saluran kencing.

Bagaimana Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Ibu Hamil

Ketika alami infeksi saluran kencing, ciri yang bisa Anda rasakan antara lain ibu hamil merasa sakit atau adanya sensasi panas di sekitar organ intim ketika buang air kecil. Frekuensi buang air kencing semakin sering, terasa nyeri ketika berhubungan seksual bersama pasangan dan ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil tanpa disadari.

Ciri ciri infeksi saluran kencing bisa Anda lihat dari perut bagian bawah ibu hamil yang terasa sakit atau mengeras, adanya lendir pada urin, darah, atau volume kencing yang sedikit namun keinginan untuk buang air kencing lebih sering.

Pada umumnya penderita mengalami resiko sakit pada punggung, karena kemungkinan besar, bakteri penyebab ciri ciri infeksi saluran kencing sudah menyebar ke organ tubuh lainnya seperti ginjal.

Jika Anda tidak merasa nyaman dengan kondisi tersebut, segera lakukan konsultasi sekarang juga bersama kami Klinik Apollo terbaik Jakarta. Untuk reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai ciri ciri infeksi saluran kencing, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.