Cara Alami Mengatasi Penyakit Gejala Endometriosis

gejala endometriosis

Seks seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama pasangan, namun sayangnya, wanita dengan gejala endometriosis mungkin tidak akan setuju. Pasalnya wanita yang mempunyai gejala endometriosis kerap merasakan nyeri ketika berhubungan seksual dengan pasangan. Mengapa demikian? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Resiko Radang Panggul Yang Tidak Segera Diobati  

konsultasi

Bagaimana Cara Alami Mengatasi Penyakit Gejala Endometriosis?

1.Kompres menggunakan air hangat

Menaruh handuk yang hangat di perut ketika haid akan membantu melemaskan otot yang kram akibat gejala endometriosis. Dengan begitu, rasa sakit lama kelamaan akan menghilang dengan sendirinya. Setelah rasa nyeri mereda, Anda bisa segera istirahat dan tidur dengan nyenyak.

2.Minum jamu kunyit

Kunyit mempunyai kandungan anti peradangan yang kuat untuk membantu atasi berbagai gejala endometriosis. Bahkan menurut beberapa sumber, penelitian menyebutkan bahwa kunyit dapat memperlambat pertumbuhanya dari penyakit endometriosis.

Anda dapat membuat minuman menggunakan bahan satu ini dengan cara merebusnya dengan air. Untuk menambah nikmat, Anda bisa masukan madu, jahe dan jeruk nipis. Minum sebanyak tiga kali sehari untuk meringankan tanda dan gejala yang Anda alami.

3.Memijat bagian otot panggul

Memijat bagian otot panggul, termasuk perut secara keseluruhan ketika berada dalam siklus haid bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh endometriosis. Selain itu, memijat otot di bagian panggul juga akan membantu mengurangi kram dan peradangan.

Agar terasa nyaman, Anda bisa menggunakan tetesan minyak sensual seperti lavender untuk melemaskan otot. Pijat area yang pada umumnya terasa sakit sampai Anda merasa lebih baik. Jangan menekannya terlalu keras, karena akan membuat Anda merasa kesakitan.

konsultasi

gejala endometriosis

Mengapa Seks Terasa Sakit Ketika Mengidap Penyakit Endometriosis?

Endometriosis merupakan sebuah kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar bagian tersebut. Kondisi ini tidak hanya membuat wanita mengalami nyeri ketika haid, namun ketika berhubungan seksual.

Selain itu rasa nyeri juga akan muncul karena vagina menjadi lebih kering. Vagina yang kering menjadi masalah yang menyerang wanita dengan gejala endometriosis. Akibatnya, vagina akan terasa kencang, sehingga sakit ketika proses penetrasi di jalankan.

Rasa sakit yang dirasakan akan berbeda antara satu kalangan dengan lainnya. Beberapa orang merasa seperti di tusuk-tusuk ketika berhubungan seks, nyeri ketika penetrasi terlalu dalam, bahkan kalangan lainnya merasa nyeri ketika semua proses dalam hubungan seks di jalankan.

Tips Menjalankan Hubungan Seksual Tidak Sakit

Menggunakan pelumas

Pelumas dengan bahan dasar air sangat cocok digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat vagina yang kering. Anda bisa menggunakan pelumas yang banyak jika merasa vagina terlalu kering. Jangan khawatir, pelumas dibuat dari bahan aman untuk vagina, meski dalam jumlah yang banyak.

Mencoba berbagai posisi baru

Apakah Anda mengetahui posisi seks yang bisa mengurangi rasa nyeri? Ternyata posisi tertentu dapat mengurangi tekanan pada panggul tempat tumbuhnya jaringan endometriosis. Maka dari itu, kalian harus mencoba berbagai posisi, agar hubungan seks berjalan dengan nyaman.

Beberapa posisi seks yang disarankan untuk wanita dengan gejala endometriosis yakni menyamping, mengangkat panggul, saling menatap muka, dan doggy style yang dikreasikan sesuai dengan kenyamanan pasangan.

Apabila proses penetrasi membuat Anda merasa tidak nyaman dan sakit. Kalian bisa melakukan berbagai kegiatan seks lainnya seperti oral, berciuman dan hal menyenangkan diranjang.

Cari waktu yang tepat

Pada beberapa waktu, misalnya ketika sebelum haid atau ketika ovulasi yakni masa dimana sakit ketika seks terasa. Maka dari itu, Anda harus menentukan waktu yang tepat kapan rasa sakit ini biasanya timbul. Pada umumnya rasa nyeri tidak akan begitu terasa pada seminggu setelah ovulasi atau 2 minggu sebelum masuk siklus haid.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu lakukan konsultasi sekarang juga di Klinik Apollo terbaik Jakarta. Mengenai informasi lebih, Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai gejala endometriosis, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.