Cara Agar Badan Tidak Bau Bagi Pria Aktif

cara agar badan tidak bau

Sebagai seorang pria yang aktif mempunyai banyak kesibukan dan padatnya aktivitas terkadang membuat Anda mengeluarkan banyak keringat, lalu bagaimana cara agar badan tidak bau? Memang pria lebih berisiko mengalami bau badan ketimbang wanita, namun jangan pernah khawatir, terdapat beberapa tips bagi kalangan pria untuk mengatasi ancaman bau badan tersebut, terutama jika Anda merupakan pria yang aktif.

Baca juga: Cara Menghilangkan Keringat Di Ketiak Dengan 7 Bahan Alami
konsultasi

Pria Lebih Berisiko Mengalami Bau Badan

Baik kalangan pria ataupun wanita tentu tidak ingin mengalami bau badan. Teruma pada pria, masalah bau badan sering ditemukan karena adanya perbedaan sistem dengan wanita. Pria cenderung mempunyai lebih banyak folikel rambut dan mudah berkeringat dibandingkan wanita. Kombinasi produksi minyak pada kulit yang lebih tinggi serta keringat akan membuat bakteri lebih banyak berkembang.

Bau badan disebabkan oleh jenis bakteri yang memecah butiran keringat dan berhubungan erat dengan kelenjar apokrin yang ada dalam kulit. Kelenjar ini pada umumnya ada di dada, kelopak mata, area genital, telinga, mata dan ketiak.

Walaupun tak semua sama seperti kelenjar apokrin di payudara yang memproduksi asi serta telinga akan menghasilkan kotoran. Kebanyakan kelenjar di kulit dan kelopak mata yakni kelenjar yang memproduksi keringat. Kelenjar ini yang menyebabkan timbulnya bau badan pada sebagian kalangan, karena tingginya protein dalam keringat yang dikeluarkan, sehingga menjadi makanan bagi bakteri di area yang berkeringat tersebut.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan bau badan yakni timbulnya hiperhidrosis atau keringat yang berlebih. Berbeda dengan kecenderungan keringat lebih banyak ketika terpapar udara panas, kalangan yang mengalami hiperhidrosis akan berkeringat melebihi kebutuhan tubuh untuk mengatur suhu, sehingga kondisi tersebut dianggap sebagai sebuah gangguan.

Bagi kalangan pria yang aktif, tinggal di negara tropis dengan suhu hangat tentunya akan membuat Anda mempunyai resiko lebih besar dihinggapi masalah bau badan yang membuat kepercayaan diri menurun. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami berbagai metode mencegah bau badan tidak sedap, diantaranya:

cara agar badan tidak bau

Cara Agar Badan Tidak Bau Untuk Pria Aktif

Kunci utama dalam mencegah dan cara agar badan tidak bau adalah menjaga kebersihan diri. Kebersihan diri yang dimaksud adalah menjaga tubuh dengan mandi minimal dua kali sehari, apalagi Anda tinggal di negara tropis yang suhu dan kelembabannya membuat tubuh lebih mudah berkeringat.

Semua kalangan pria harus mandi dengan air bersih yang mengalir menggunakan sabun antibakteri untuk membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Bersihkan semua bagian termasuk lipatan tubuh, terutama yang lebih sering mengeluarkan keringat seperti selangkangan atau ketiak. Menjaga keduanya tetap bersih, terutama di bagian ketiak akan membantu Anda untuk atasi cara agar badan tidak bau.

Setelah mandi, keringkan tubuh Anda, lalu lanjutkan dengan menggunakan deodorant untuk menjaga ketiak tetap kering menjadi cara agar badan tidak bau tentunya. Anda bisa secara teratur mencukur bulu ketiak, agar keringat menguap lebih cepat, secara tidak langsung Anda membuat bakteri mempunyai waktu terbatas untuk berkembang.

Dilihat dari segi pakaian, pilihlah yang berukuran nyaman dengan bahan yang menyerap keringat dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hindai kenakan pakaian yang terlalu ketat, sebab area tersebut menjadi lebih lembap dan mengeluarkan banyak keringat.

Anda bisa konsultasikan pada dokter mengenai masalah tersebut. Kami Klinik Apollo akan memberi penangan terbaik kepada semua pasien. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Sekian mengenai cara agar badan tidak bau, semoga bermanfaat.

konsultasiPanduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.