Bisakah Selaput Dara Wanita Tidak Robek Ketika Berhubungan Seks?

 selaput dara wanita

Robeknya selaput dara wanita tentu berhubungan dengan keperawanan seorang wanita. Maka dari itu, beberapa kalangan mungkin tetap ingin terlihat perawan, walaupun sudah pernah berhubungan seks. Apakah bisa? Adakah cara untuk penetrasi vagina tanpa perlu merobek selaput dara?

Baca juga: Tips Atasi Rasa Nyeri Ketika Selaput Dara Robek

konsultasi

Kenali Lebih Jauh Mengenai Selaput Dara Wanita

Hymen atau selaput dara merupakan jaringan kulit tipis yang mengelilingi serta melindungi bukaan vagina selama masa perkembangan wanita. Setiap selaput dara wanita tentunya mempunyai bentuk yang berbeda, ada yang tipis dan elastis, namun ada yang tebal dan kurang elastis.

Selaput dara wanita yang utuh pada umumnya mempunyai lubang kecil yang memungkinkan darah menstruasi atau cairan lainnya mengalir. Selaput dara bisa meregang atau robek akibat dari berbagai kegiatan seksual lainnya seperti memasukan jari atau mainan seks pada vagina dan kegiatan non seksual seperti menunggang kuda, senam, atau olahraga fisik yang beresiko tinggi.

Beberapa Tipe Selaput Dara Pada Wanita

1.Selaput dara imperforata

Selaput dara ini bisa didiagnosis ketika lahir, pada umumnya diagnosis dijalankan pada masa remaja. Selaput dara imperforate merupakan selaput tipis yang akan menutupi bukaan ke vagina, sehingga darah menstruasi bisa mengalir keluar dari vagina.

Hal ini bisa menyebabkan darah kembali ke vagina dan menyebabkan nyeri punggung. Beberapa kalangan remaja mungkin akan mengalami nyeri ketika buang air besar dan menjadi kesulitan buang air kencing.

2.Selaput dara microperforate

Selaput dara wanita microperforate merupakan selaput tipis yang menutupi seluruh bukaan vagina kalangan wanita. Darah menstruasi pada umumnya dapat mengalir keluar dari vagina namun pembukaannya sangat kecil.

Seorang wanita remaja dengan selaput dara microperforate pada umumnya tidak akan bisa memasukan tampon ke dalam vaginanya, bahkan mereka tidak akan menyadari bahwa mereka mempunyai lubang yang lebih kecil.

3.Selaput dara septate

Selaput dara septate kondisi ketika selaput tipis hymen mempunyai pita jaringan ekstra di bagian tangan yang menyebabkan adanya 2 lubang vagina bukan satu. Remaja yang mempunyai selaput dara ini kemungkinan akan kesulitan memasukan atau mengeluarkan tampon.

konsultasi

 selaput dara wanita

Bisakah Berhubungan Seks Tanpa Merobek Selaput Dara?

Tidak ada, jika ingin berhubungan seks atau proses penetrasi, resiko selaput dara robek akan selalu ada. Resiko ini memang tidak bisa dihindari, walaupun memang pada beberapa kasus bisa saja selaput dara tetap utuh walaupun hubungan seks baru saja dijalankan.

Ketika melakukan penetrasi, selaput dara akan meregang untuk membantu jalur masuk. Anda bisa menjaga selaput dara agar tidak robek ketika berhubungan seks, jika tubuh Anda rileks dan mempunyai lubrikasi yang baik. Namun kemungkinannya sangat kecil. Hal ini disebabkan setiap ketebalan, bentuk, dan tekstur selaput wanita berbeda.

Selain itu, hubungan seks dengan merobek selaput dara sering disertai dengan rasa nyeri dan perdarahan. Namun, tak semua kalangan wanita mengalami masalah ini. Hubungan seks pertama kali tidak selalu membuat vagina Anda mengeluarkan darah.

Beberapa kalangan wanita yang mengalami pendarahan ketika berhubungan untuk pertama kalinya disebabkan struktur selaput dara yang dimiliki lebih tebal dan resisten.

Selaput Dara Yang Robek Dapat Kembali

Walaupun berhubungan seks tanpa merobek selaput dara tak bisa wanita hindari, namun tenang hymen yang telah robek bisa dirapatkan. Terdapat dua prosedur medis untuk membantu memperbaiki kembalinya selaput dara robek.

Walaupun hubungan seksual tanpa merobek selaput dara tidak dapat dihindari, namun selaput dara yang robek bisa dirapatkan kembali. Terdapat dua prosedur untuk membantu perbaiki kembali selaput dara yang robek tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa dikonsultasikan di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi segera hubungi 081233881616. Demikian mengenai selaput dara wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.