Beberapa Penyebab Keputihan Pada Wanita Yang Harus Diketahui

penyebab keputihan pada wanita

Ketahui penyebab keputihan pada wanita dengan tepat. Vagina yang sehat dapat menghasilkan sekresi dalam bentuk bakteri yang membantu mencegah infeksi dengan menciptakan area yang asam. Sekresi ini adalah jenis keputihan yang normal. Namun, ada keseimbangan yang lembut dalam cairan vagina yang sehat. Jika keseimbangan ini terganggu karena sesuatu, maka vagina menjadi rentan terhadap infeksi.

Salah 1 tanda paling umum dari infeksi juga adalah keputihan, akan tetapi dapat disertai oleh faktor-faktor lain seperti sensasi gatal, ruam atau yang lainnya. Keputihan ini sering memiliki bau busuk terutama jika memiliki warna seperti kuning, hijau atau putih. Hampir setiap wanita akan mengalami semacam infeksi vagina setidaknya 1 kali dalam hidupnya.

Ini karena keseimbangan sekresi vagina yang sehat terganggu selama menstruasi yang terjadi setiap bulan. Vagina paling asam selama menstruasi dan ini memberikan peluang untuk infeksi. Selain menstruasi, banyak faktor lain juga yang dapat mempengaruhi keseimbangan. Ini termasuk pengobatanantibiotik, pil KB, kanker serviks (leher rahim), diabetes (kencing manis), sabun dengan wewangian, lotion dan bahkan mandi busa.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan Wanita?

Keputihan adalah kondisi yang terjadi saat pubertas, tubuh wanita remaja mulai berubah. Seiring dengan perbedaan fisik luar, seorang wanita remaja kemungkinan mengalami keluarnya cairan dari vaginanya dan mengkhawatirkannya. Kondisi ini adalah normal dan sehat bagi tubuhnya untuk menghasilkan cairan yang jernih atau berwarna putih dari vagina. Lendir diproduksi secara normal dari serviks (leher rahim).

Keputihan yang sehat dapat bervariasi selama siklus menstruasi dan kemungkinan sedikit berwarna cokelat menjelang akhir masa menstruasi, akan tetapi tidak memiliki bau atau warna yang kuat. Setiap perubahan dalam jumlah, warna atau bau keputihan atau gejala lain seperti gatal, nyeri atau perdarahan yang tidak terduga maka dapat mengindikasikan infeksi vagina (vaginitis) dan harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Ketahui Penyebab Keputihan Pada Wanita Secara Umum

Penyebab keputihan pada wanita adalah infeksi yang biasanya terjadi ketika vagina yang tidak dilindungi oleh tingkat keasaman normal. Ada sejumlah infeksi, termasuk penyakit menular seksual (PMS) yang dapat mengakibatkan keputihan yang tidak normal (abnormal). Beberapa PMS yang paling umum atau penyebab keputihan pada wanita adalah Trichomonas, gonore (kencing nanah) dan klamidia.

Terlepas dari beberapa PMS atau penyebab keputihan pada wanita ini, infeksi keputihan juga bisa disebabkan oleh bakteri vaginosis atau infeksi jamur. Sementara sejumlah faktor dapat menjadi penyebab keputihan pada wanita yang tidak normal (abnormal), biasanya infeksi yang mengganggu keseimbangan alami ragi dan bakteri dalam vagina. Penyebab keputihan pada wanita yang lain kemungkinan dapat termasuk:

• Bahan kimia dalam spray vagina.
• Pakaian.
• Kesehatan secara menyeluruh.
• Perubahan kebersihan pada diri pribadi atau kadar hormon.
• Kesehatan pasangan seksual secara menyeluruh.
• Organisme yang berpindah antar pasangan seksual.

Gangguan atau penyebab keputihan pada wanita dengan faktor-faktor ini dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal (abnormal).

konsultasi

Tanda Dan Gejala Keputihan Pada Wanita

Gejala-gejala infeksi keputihan bervariasi sesuai dengan jenis infeksi. Gejala yang paling umum adalah rasa sakit, gatal saat kencing, sakit saat berhubungan intim dan pembengkakan pada vagina. Jika infeksi disebabkan oleh gonore (kencing nanah), gejalanya meliputi perdarahan di antara periode, nyeri panggul (pelvic) dan inkontinensia urine.

Infeksi trikomoniasis akan menunjukkan gejala seperti rasa sakit dan gatal saat kencing. Untuk infeksi bukan penyakit kelamin, vaginosis bakteri menunjukkan gejala seperti gatal dan sensasi terbakar pada vagina atau vulva. Jika seorang wanita memiliki infeksi jamur, kemungkinan akan mengalami rasa sakit selama hubungan seksual dan gatal-gatal atau rasa sakit di sekitar vulva.

konsultasi

Bagaimana Keputihan Didiagnosis?

Pemeriksaan fisik dan konsultasi atau konsuling, bersamaan dengan pemeriksaan panggul (pelvic) jika sesuai. Sampel keputihan akan dikumpulkan untuk dilakukan pemeriksaan. Tergantung pada apa yang ditemukan oleh dokter selama pemeriksaan awal, tes atau pengujian tambahan dapat dilakukan melalui:

• Tes atau pengujian untuk kehamilan.
• Tes atau pengujian untuk darah.
• Tes atau pengujian untuk urine.
• Evaluasi mikroskop.
• Tes atau pengujian seperti metode usap genital atau kelamin.

Tes atau pengujian secara rutin ini dapat memastikan atau menyingkirkan infeksi tertentu, termasuk infeksi menular seksual (IMS) yang memungkinkan dokter untuk merekomendasikan pengobatan terbaik berdasarkan diagnosis dari penyebab keputihan pada wanita.

penyebab keputihan pada wanita

Pengobatan Efektif Pada Wanita Dengan Keputihan

Pngobatan untuk keputihan yang abnormal (tidak normal) akan direkomendasikan oleh dokter berdasarkan:

• Penyebab keputihan pada wanita.
• Tingkat keparahan gejala lainnya.
• Usia, keseluruhan kesehatan dan riwayat medis.
• Dan lain-lain.

Seseorang yang mengalami keputihan tidak normal (tidak normal) seperti kanker, maka harus segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter untuk di tindak lanjuti. Dokter akan meninjau riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik yang akan mencakup pemeriksaan area genital eksternal dengan menggunakan spekulum untuk memeriksa serviks (leher rahim) dan dinding vagina.

Sampel cairan vagina kemudian dianalisis di laboratorium untuk kultur. Ini akan membantu mengidentifikasi infeksi yang tepat dan melakukan pengobatan. Pengobatan akan tergantung pada jenis infeksi. Tujuan dari pengobatan adalah untuk menghilangkan gejala dan memberantas infeksinya.

Sebagian besar infeksi keputihan memerlukan pengobatan resep dari dokter. Pengobatan dapat termasuk pengobatan antibiotik dan pengobatan anti jamur. Pengobatan oral, pengobatan intravena atau pengobatan topikal. Penyakit menular seksual (PMS) segera diobati karena dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih parah, seperti penyakit radang panggul (PID). Ini dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik dan kondisi serius lainnya.

Seorang wanita harus mencoba menghindari infeksi keputihan. Namun, karena berbagai faktor dapat mengganggu keseimbangan keasaman dalam vagina, pencegahan sebagian besar sulit dilakukan. Namun dapat dilakukan dengan hubungan seksual yang aman dan menghindari sabun yang bersifat keras serta produk pewangi lainnya.

Douching juga sangat dihindari. Vagina memiliki area yangrapuh dan tubuh memiliki cara alami melindungi area tersebut. Douching akan mengganggu area tersebut dan membuat vagina lebih rentan terhadap infeksi, itulah sebabnya dokter tidak merekomendasikan prosedur douching ini. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Hubungi kami melalui nomor 081233881616 atau melalui layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.