Bahaya keputihan pada kalangan wanita

 bahaya keputihan

Keputihan merupakan masalah yang kerap dialami semua kalangan wanita, lalu apasih bahaya keputihan?. Keputihan yakni proses keluarnya sekresi atau cairan berwarna putih dari vagina. Selain itu, keputihan ada yang hadir dengan aroma yang kurang sedap serta timbul rasa gatal di area peradangan tersebut. Keputihan sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, pertama yakni normal dan yang kedua tidak normal.

Jika keputihan normal masih bisa anda tangani dengan cara mudah seperti rajin membersihkan area vital serta menjaga badan atau aplikasikan pola makan yang baik. Namun yang menjadi masalah serius adalah ketika anda mengalami keputihan tidak normal atau biasa disebut dengan patologis. Keputihan tersebut ditandai dengan keluarnya cairan lebih kental dan berbagai busuk yang membuat anda tidak merasa nyaman.

konsultasi

Jadi bagaimana bahaya keputihan bagi kalangan wanita?

Nah yang perlu anda pahami, bahwasanya bahaya keputihan abnormal mempunyai dampak atau bahaya yang cukup beresiko jika dibiarkan. Berikut beberapa bahaya keputihan tidak normal:

1.Ketidaksuburan

Salah satu dampak dari keputihan tidak normal yakni mengganggu tingkat kesuburan anda. Hal tersebut disebabkan adanya penumpukan bakteri yang merusak sel serta hormon di area kewanitaan. Apabila tidak segera ditangani, keputihan ini menimbulkan bahaya bahkan mengancam nyawa. Maka dari itu, jangan pernah sepelekan apabila anda mengalami keputihan tidak normal. Segera lakukan pemeriksaan bersama dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2.Nyeri berkelanjutan

Pada umumnya, ketika mengalami bahaya keputihan tidak normal, anda akan merasakan nyeri di area kewanitaan, panggul, serta perut. Hal tersebut disebabkan adanya infeksi yang cukup serius oleh bakteri atau jamur yang bersarang. Bahkan yang lebih parah, anda akan merasa nyeri ketika buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat menyiksa dan sebaiknya segera tangani sebelum terlambat.

konsultasi

 bahaya keputihan

3.Kematian

Keputihan jangan pernah disepelekan, beberapa kasus terjadi seorang wanita sampai kehilangan nyawa akibat keputihan tidak normal yang dibiarkan. Sebab masalah keputihan tidak normal dapat dipicu adanya penyakit kanker rahim serta penyakit berbahaya jenis lainnya. Hal tersebut karena cairan infeksi sudah tersebar ke rongga rahim lalu melebar ke saluran indung telur, serta berbagai jaringan lainnya.

Nah jika anda mengalami bahaya keputihan tidak normal seperti menimbulkan bau, berwarna kuning, kehijauan, terasa nyeri, panas, gatal, jangan tunda lagi. Segera konsultasikan masalah ke dokter sebelum anda mengalami risiko yang lebih tinggi. Berikut beberapa resiko berbahaya jika masalah tersebut anda biarkan.

Infertil

Semua pasangan suami istri tentunya ingin mendapatkan momongan, ketika sudah tiba waktunya. Namun jika anda mengalami keputihan tidak normal dan tak segera memperoleh penanganan yang tepat, maka resiko terjadinya kemandulan menjadi semakin besar.

Hal tersebut disebabkan adanya tumpukan bakteri yang merusak sel dan hormone di area kewanitaan. Pathogen pun semakin mudah menimbulkan infeksi dan menghasilkan sumbatan di saluran indung telur atau tuba falopi.

Infeksi pada pasangan

Bagi anda yang sudah menikah, ada baiknya tidak melakukan hubungan seksual dengan suami ketika mendapati keputihan dalam jumlah besar. Selain membuat kualitas bercinta semakin berkurang, suami anda bisa memperoleh penyakit yang serius.

Jangan paksakan diri untuk bercinta dengan pasangan dalam kondisi seperti ini, karena akan menyebabkan tertularnya bakteri yang cukup berbahaya. Bakteri gonorrhea dan trichomonas akan membuat suami terserang infeksi saluran kencing. Maka dari itu, anda harus memperhatikan hal tersebut sebaik mungkin. Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan yang tepat kepada semua pasien. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 081233881616. Demikian mengenai bahaya keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.