Atasi Tanda Dan Gejala ISK Dengan Pengobatan

gejala isk

ISK atau infeksi saluran kemih adalah infeksi yang dapat terjadi di bagian manapun dari saluran kemih. Kenali setiap gejala ISK yang paling umum untuk dilakukan pengobatan yang tepat. Saluran kemih yaitua ureter, kandung kemih, ginjal atau uretra. Infeksi kandung kemih (sistitis) dan infeksi uretra (urethritis) adalah kondisi yang paling umum.

Pengertian ISK Secara Umum

Saluran kemih adalah sistem di tubuh untuk menyaring kotoran dalam darah dan pengeluaran kotoran keluar dari tubuh. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter dan kandung kemih. Begitu ginjal dan nefronnya menyaring kotoran berlebih yang telah beredar di seluruh tubuh kemudian dapat mengubah kotoran berlebih menjadi urine.

Urine mengalir keluar dari uretra dan keluar dari tubuh. Jika memiliki ISK, infeksi kandung kemih atau infeksi pada bagian manapun dari sistem kemih, gejalanya dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani. Infeksi kandung kemih pada seseorang yang normal yang tidak melakukan kemoterapi dapat terjadi dalam waktu yang lama.

Pada akhirnya pada kebanyakan orang sehat, sistem kekebalan tubuhnya dapat menangani ISK. Namun jika sedang menjalani kemoterapi atau lansia, kemungkinan lebih rentan terhadap ISK yang menyebar ke seluruh saluran kemih ke ginjal (pielonefritis) atau ke dalam aliran darah (urosepsi). Gejala ISK yang muncul dapat meningkat menjadi infeksi yang jauh lebih serius.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab ISK?

Ketika bakteri masuk ke dalam sistem kemih maka dapat menyebabkan infeksi. Escherichia Coli (E. Coli) adalah bakteri negatif yang menyebabkan sebagian besar ISK. Namun parasit bakteri lain juga dapat menyebabkan ISK. Kultur urine dapat membantu mengisolasi bakteri untuk ISK tertentu. ISK tidak menular dan tidak bisa tertular dari ISK orang lain.

konsultasi

Ketahui Dengan Pasti Gejala-Gejala ISK

Gejala ISK dapat termasuk:

• Rasa sakit atau terbakar saat kencing (disuria).
• Sering kencing.
• Dorongan secara tiba-tiba untuk kencing (kejang kandung kemih).
• Sering kencing atau terus menerus ingin kencing tanpa banyaknya air yang keluar.
• Terasa tidak sepenuhnya mengeluarkan air kencing.
• Kehilangan kontrol kandung kemih (inkontinensia urine).
• Perasaan tertekan atau sakit di perut bagian bawah atau panggul (pelvic).
• Bau busuk dan berbau sangat kuat atau urine yang berbau tidak sedap.
• Urine yang berwarna seperti susu, keruh, kemerahan atau gelap.
• Adanya darah dalam urine.
• Sakit punggung, nyeri pinggang (disamping) atau nyeri pangkal paha.
• Demam dan menggigil.
• Rasa sakit selama hubungan seksual.
• Kelelahan.
• Tidak enak badan (malaise).
• Iritasi pada vagina.
• Pada penderita usia lanjut, gejala ISK seperti perubahan mental (kebingungan) atau penurunan aktifitas kemungkinan merupakan gejala ISK.

Terasa gatal pada vagina bukan gejala yang khas pada ISK. Kondisi ini kemungkinan merupakan tanda vaginosis bakteri atau infeksi ragi vagina. Jika seseorang mengalami demam atau sakit punggung kemungkinan merupakan tanda infeksi ginjal (pielonefritis) yang dapat menjadi masalah medis yang serius.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis ISK?

Dokter biasanya dapat mendiagnosis ISK dengan melakukan tes atau pengujian urine sederhana di area pengobatan atau analisis urinal dari urine. Dengan mengkonfirmasi ISK dari hasil kultur urine yang menunjukkan pertumbuhan bakteri dalam jumlah yang cukup besar untuk mengindikasikan infeksi. Jika mencurigai adanya infeksi ginjal atau penyakit lain maka dapat melakukan tes atau pengujian lain termasuk pemeriksaan darah dan lainnya.

gejala isk

Cara Tepat Mengobati Dan Menangani ISK

Tergantung pada gejala ISK dan kesehatan secara keseluruhan, dokter kemungkinan merekomendasikan pengobatan tertentu yang digunakan untuk mengobati ISK. Selain mempertahankan hidrasi yang baik (dengan mengkonsumsi cairan yang banyak), beberapa pengobatan ISK yang umum dapat termasuk:

• Pengobatan Antibiotik
Jika mencurigai dan mengalami ISK, maka diobati dengan pengobatan antibiotik. Terdapat pengobatan antibiotik intravena maupun oral. Pengobatan digunakan karena kamampuannya untuk menyingkirkan bakteri tertentu yang umum untuk infeksi ISK.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan untuk ISK. Ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Klinik Apollo. Dokter dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Karena pengobatan dilakukan berdasarkan kondisi, penyebab dan tingkat keparahannya. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.