Atasi Saat Alami Keputihan Berlebihan Pada Wanita

keputihan berlebihan

Keputihan berlebihan adalah pengeluaran cairan yang berlebihan dari vagina selain dari darah menstruasi. Kondisi ini fisiologis (ketika menunjukkan beberapa hari sebelum atau setelah menstruasi), tidak berwarna atau keputihan, tidak berbau dan tidak menyebabkan iritasi. Namun ketika kondisinya patologis maka dapat berwarna, ofensif, tebal, tajam dan menghasilkan ketidaknyamanan pada perut bagian bawah, nyeri punggung bawah dan terasa gatal-gatal pada vulva.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan adalah cairan tidak berdarah dari vagina wanita yang kemungkinan normal atau yang kemungkinan merupakan tanda infeksi. Kondisi ini bukan penyakit, akan tetapi gejala dari beberapa penyakit pada organ sekual seorang wanita dari vagina, serviks (leher rahim) atau ke 2 nya. Cairan yang keluar berwarna keputihan, kekuningan atau kehijauan. Keputihan dapat terjaid selama kehamilan dan dianggap normal ketika keputihannya tipis, berwarna putih dan relatif tidak berbau.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Berlebihan?

Penyebab keputihan berlebihan dibagi menjadi 2 diantaranya:

1. Penyebab Fisiologis

Sekresi normal dari vulva, vagina dan serviks (leher rahim) menunjukkan peningkatan pada kondisi seperti:

• Beberapa bayi yang baru lahir mengalami keputihan selama 1 minggu karena hormon estrogen ibunya.
• Saat pubertas karena efek hormonal.
• Pada waktu ovulasi dan pada awal kehamilan.
• Selama gairah seksual.

2. Penyebab Patologis

• Penyebab kesehatan secara umum seperti kurangnya gizi, beberapa disfungsi atau penyebab psikologis.
• Penyebab genital seperti pertumbuhan vulva, vaginitis, erosi serviks (leher rahim), servisitis, prolaps genital, penggunaan alat kontrasepsi atau kehamilan.
• Kebersihan yang buruk juga merupakan penyebab penting keputihan.
• Diabetes (kencing nanah) yang tidak terkontrol atau penyakit lain yang menurunkan imunitas juga dapat mengatur latar belakang jamur untuk berkembang biak dalam kerusakan.
• Beberapa pengobatan juga dapat mengurangi imunitas sementara dan memfasilitasi kandidiasis genital.

konsultasi

Gejala Umum Keputihan Berlebihan Pada Wanita

Beberapa faktor indikatif mengenai gejala pada keputihan berlebihan dapat meliputi:

• Keputihan dari vagina yang bisa tipis dan berair atau tebal dan berlendir tergantung pada penyebabnya.
• Terasa gatal di area vulvavaginal.
• Sakit punggung juga bisa menjadi gejala keputihan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan?

Diagnosis dapat meliputi pemeriksaan fisik oleh dokter tergantung pada frekuensi, waktu dan sifat keputihan. Terkadang biopsi serviks (leher rahim) tentu diperlukan untuk menyingkirkan kanker serviks (leher rahim). Untuk mengidentifikasi kuman, kultur dan sensitifitas sangat membantu. Tes atau pengujian darah secara rutin dan tes atau pengujian urine memberi gambaran mengenai infeksi. Diagnosis didasarkan pada kriteria berikut ini:

• Riwayat penyakit, riwayat menstruasi dan obstetri serta riwayat medis dan pengobatan sebelumnya.
• Pemeriksaan kesehatan secara umum untuk mendeteksi kesehatan yang buruk, anemia atau penyakit sistemik apapun.
• Pemeriksaan perut untuk mendeteksi adanya tumor panggul (pelvic) atau luka inflamasi.
• Pemeriksaan di laboratorium keputihan untuk mendeteksi penyebab parasit.

keputihan berlebihan

Cara Ampuh Mengobati Keputihan Berlebihan

Pengobatan tergantung pada penyebab keputihan. Keputihan fisiologis tidak memerlukan pengobatan lain. Dengan kebiasaan makan dan pola olahraga yang baik memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah penyakit ini. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi jaringan, sehingga dapat menambah cadangan energi tubuh.

Jika kadar gula darah seseorang terkontrol dan kekebalan tubuh ditingkatkan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat yang menyediakan semua vitamin, oligo elemen, lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah optimal, kondisi ini dapat dengan mudah diatasi. Mandi secara teratur dengan air hangat dan sabun yang kuat juga dapat membantu dalam kebanyakan kasus dimana penyebabnya adalah kurangnya kebersihan pribadi terutama di persimpangan kulit seperti uretra, vagina dan anus.

Pengobatan antibiotik umumnya diresepkan. Namun hanya membantu jika akar penyebabnya adalah infeksi bakteri. Selain itu, penggunaan pengobatan antibiotik dapat menyebabkan bakteri resisten terhadap pengobatan antibiotik dalam tubuh dan juga dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk.

Pengobatan terbaik untuk kondisi ini bisa Anda dapatkan di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi melalui layanan medis secara online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda pada Klinik Apollo. Sudah banyak yang melakukan pengobatan keputihan berlebihan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.