Apakah Berbahaya Jika Mengalami Keputihan Berwarna Hijau?

keputihan berwarna hijau

Keputihan berwarna hijau apakah normal? Volume keputihan normal bervariasi pada setiap orang. Oleh karena itu harus membandingkan dan melihat jumlah keputihan normal sebelum, selama dan setelah siklus menstruasi. Jika adanya perubahan nyata pada kondisi ini dari apa yang biasanya di alami, maka harus mencurigai bahwa kondisi ini adalah keputihan yang tidak normal (abnormal).

Tekstur dan konsistensi jika berubah, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Keputihan normal biasanya berupa cairan seperti lendir yang bening atau buram, tergantung pada waktu setiap bulannya dan siklus menstruasinya. Selama sebelum dan sesudah menstruasi, kemungkinan sedikit lebih tebal dari biasanya. Namun, jika memiliki konsistensi yang lebih tebal daripada saat normal, maka ini bisa menjadi tanda bahwa itu disebabkan oleh jamur.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan?

Memiliki keputihan adalah bagian normal pada seorang wanita. Sama seperti air liur di mulut, vagina seorang wanita memiliki jumlah cairan normal yang tertentu dan setiap wanita juga memiliki aroma uniknya tersendiri. Keputihan adalah cairan yang dikeluarkan dari vagina wanita. Secara umum, ini tidak perlu dikhawatirkan dan tidak menandakan adanya kelainan pada tubuh. Namun bagaimanapun pada kebanyakan wanita yang mengalami keputihan yang abnormal (tidak normal) tidak langsung melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dikarenakan merasa malu.

Penyebab Utama Keputihan Berwarna Hijau

Keputihan berwarna hijau disebabkan oleh beberapa jenis infeksi bakteri karena benda asing yang diletakkan ke dalam vagina atau bahkan dari hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi penyakit seperti gonore (kencing nanah). Dalam hal ini, seorang wanita akan mengalami keputihan berwarna hijau atau kekuningan hijau dan memiliki bau amis yang busuk. Kemungkinan juga akan mengalami rasa gatal atau terbakar saat kencing.

konsultasi

Keputihan Berwarna Hijau Dan Gejala Lainnya

Gejala lain dari keputihan abnormal (tidak normal) dapat meliputi:

• Terasa gatal atau iritasi.
• Baunya tidak enak
• Berubah warna dan tidak normal untuk dimiliki.
• Perdarahan di antara periode.
• Hubungan seksual yang tidak nyaman atau menyakitkan.
• Sakit perut bagian bawah.

Semua ini kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi. Kondisi ini harus segera melakukan pemeriksaan apalagi jika disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan area genital dan tes atau pengujian usap dilakukan untuk menentukan infeksi. Tes atau pengujian lain juga kemungkinan disarankan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kondisi Ini?

Cara mendiagnosis kondisi ini biasanya dengan cara:

• Mandi setiap hari mandi dengan menggunakan sabun lembut dan air hangat. Pastikan untuk selalu mengeringkan area tersebut agar tidak terjadi iritasi lebih lanjut pada vagina. Serta hindari mandi busa.
• Jangan melakukan douche dan menjauh dari spray dan deodoran vagina yang dapat mengiritasi vagina.
• Bersihkan dari depan ke belakang setelah kencing untuk menghindari penyebaran bakteri.
• Kenakan celana dalam berbahan katun dan pakaian longgar agar area vagina bisa bernapas.
• Gunakan panty liner untuk membantu menyerap kelebihan kotoran yang keluar. Hindari tampon dan pembalut beraroma yang dapat mengiritasi area.
• Gunakan kondom untuk mencegah penyebaran kemungkinan infeksi pada pasangan. Hindari kontrasepsi vagina karena meningkatkan risiko infeksi.

keputihan berwarna hijau

Cara Tepat Mengobati Keputihan Berwarna Hijau

Pengobatan Bacterial Vaginosis (BV) dapat berksisar dari pengobatan antibiotik dan pengobatan antiseptik dan pengobatan untuk mengembalikan ke asaman hingga probiotik. Beberapa pengobatan haru sesuai dengan resep dokter. Untuk mengetahui gejalanya terutama ketika gejalanya muncul dapat membantu mengidentifikasi pemicunya.

BV dapat kambuh kembali setelah pengobatan. Dengan membatasi faktor-faktor risiko setelah pengobatan dapat membantu. Konsultasikan dengan dokter mengenai pemilihan pengobatan terbaik. Untuk hasil yang lebih jelas lagi. Anda bisa melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor 081233881616 . Atau dengan melalui layanan hotline kami di bawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.