Apa Saja Fungsi Kandung Kemih

fungsi kandung kemih

Tahukan kalian terdapat organ tubuh yang tidak kalah penting untuk selalu dijaga kesehatannya selain jantung, paru-paru dan ginjal, lalu apa fungsi kandung kemih?. Organ tubuh tersebut tidak lain yakni kandung kemih. Setiap hari Anda harus membuang air kecil bukan?

Hal tersebut terjadi karena fungsi kandung kemih yang menampung urin sebelum dikeluarkan. Tanpa adanya kandung kemih, urin tidak bisa ditampung, jika Anda mengabaikan kesehatan organ tersebut, tentunya Anda berisiko mengalami infeksi atau berbagai risiko penyakit lainnya.

Baca juga: Apa Saja Fungsi Kandung Kemih

konsultasi

Apa Saja Fungsi Kandung Kemih?

Jadi fungsi kandung kemih merupakan organ berongga pada sistem ekskresi manusia. Tugasnya yakni menampung cairan yang sudah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih akan berubah, bahkan fungsinya semakin menurun.

Maka menjaga kesehatan kandung kemih harus dijalankan sejak dini. Memang tidak semua hal bisa di control untuk menjaga kesehatan kandung kemih Anda. Namun Anda tetap mempunyai kesempatan untuk menjaganya dengan hal sederhana yang sering dilupakan.

1.Minum air putih yang cukup

Minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Air putih merupakan cairan terbaik untuk kesehatan kandung kemih. Setidaknya setengah dari asupan cairan Anda harus berasal dari air putih. Namun sayarat tersebut berbeda pada beberapa kondisi medis tertentu. Misalnya orang yang mengalami gagal jantung jusru harus membatasi asupan cairan dengan takaran khusus dari dokter.

konsultasi
fungsi kandung kemih

2.Buang air kecil sampai tuntas

Salah satu cara untuk mengurangi resiko terserang infeksi kandung kemih yakni dengan membuang urin yang keluar sampai tuntas. Hal tersebut dianjurkan oleh ahli medis. Ketika membuang air kecil, pastikan urin memang sudah keluar hingga tuntas dan tidak tersisa lagi.

Tenang saja, semua kalangan bisa merasakan masih atau tidaknya urin yang berada pada kandung kemih. Jadi hindari buang air kecil terburu-buru, sebab biasanya tak sepenuhnya mengosongkan kandung kemih Anda.

3.Lakukan latihan untuk otot panggul

Lakukan latihan otot dasar panggul yang dikenal sebagai senam kegel secara rutin untuk menjaga kesehatan kandung kemih Anda. Latihan tersebut dapat membantu memperkuat otot yang mengontrol kandung kamih agar bekerja dengan baik dan tidak mudah bocor saat bersin, batuk tertawa, atau ketika ingin membuat air besar.

4.Buang air kecil setelah berhubungan intim

Setelah melakukan hubungan seksual, ada banyak jenis bakteri yang memenuhi area sekitar kelamin. Maka dari itu bersihkan area genital salah satu tahap penting untuk mencegah infeksi akibat serangan bakteri, terutama pada kalangan wanita.

5.Batasi minuman berkafein dan beralkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman energy, teh, dan minuman bersoda dapat meningkatkan kegiatan kandung kemih atau meningkatkan risiko kebocoran. Anda masih boleh konsumsi kafein, namun dalam jumlah yang tidak berlebihan.

6.Obat untuk infeksi saluran kencing

Sebaiknya Anda jangan terlalu sering menahan kencing. Coba buang air kecil setiap 4 jam sekali, meskipun sedang tak ingin buang air kecil. Menahan urin pada kandung kemih terlalu lama bisa melemah kan otot kandung kemih dan membuat infeksi lebih rentan terjadi.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua keluhan pasien yang mengalami masalah fungsi kandung kemih, Anda akan memperoleh penanganan yang tepat bersama dokter profesional dan berpengalaman. Lakukan konsultasi secara online melalui live chat dibawah ini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut segera hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai fungsi kandung kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.