Apa Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu?

keputihan berwarna putih susu

Beberapa hari menjelang haid, pada umumnya wanita akan mengalami beberapa perubahan kecil yang dapat dirasakan tubuh, salah satunya timbul keputihan berwarna putih susu. Gejala yang dialami setiap wanita ketika mendekati menstruasi beragam. Ada beberapa kalangan yang merasakan perubahan pada bagian tubuh seperti payudara membesar, dan lain sebagainya.

Sebenarnya lendir putih yang keluar dari vagina dari berbagai kasus, merupakan sebuah proses alami, dimana tubuh membantu mengeluarkan kotoran dan sel mati dari vagina. Apakah sekresi yang diproduksi mengandung air, berwarna putih, dan kental? Jika Anda mengalami hal tersebut kemungkinan penyebab keputihan berwarna putih susu dialami karena mendekati masa menstruasi.

Baca juga: Keputihan Adalah Lendir Atau Cairan Dari Vagina Wanita

konsultasi

Apa Penyebab Munculnya Keputihan Berwarna Putih Susu?

Munculnya keputihan sebelum datang bulan merupakan hal normal dari sikluas menstruasi pada umumnya. Jadi sekresi normal disini kadang disebut sebagai cairan susu, karena teksturnya cair, licin, dan melar.

Keputihan berjenis cairan ini tidak akan menimbulkan bau, panas, gatal, atau nyeri dibagian panggul, atau sakit di bagian perut. Namun menjadi sangat normal ketika Anda mengalami semua gejala di atas menjelang menstruasi.

1.Kehamilan

Jika Anda sedang mengharapkan keturunan dan hamil, maka adanya keputihan pada vagina merupakan tanda bahwa Anda sedang hamil. Ketika masa kehamilan, progesterone dan estrogen akan meningkat dan menyebabkan sekresi timbul dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

2.Kontrol kehamilan

Control kelahiran bisa menyebabkan perubahan pada tingkat hormone seorang wanita, efek sampingnya Anda akan memperoleh peningkatan keputihan berwarna putih susu. Hal tersebut merupakan hal normal terjadi pada pemasangan alat kontrol kehamilan yang bersifat hormonal atau efek samping dari penggunaan pil kb.

konsultasi

keputihan berwarna putih susu

3.Anda mendekati masa menstruasi

Salah satu metode yang mudah di jalankan untuk mendeteksi bahwa Anda mendekati masa menstruasi yakni dengan mengecek keputihan terlebih dahulu. Jika Anda mengamati dengan baik, ada perubahan pada warna keputihan dari hari biasanya.

4.Adanya ovulasi yang tertunda

Dalam siklus menstruasi, hormon estrogen dan progesterone akan menyebabkan perubahan pada tubuh, endometrium dan ovarium. Ovulasi terjadi dimana folikel dewasa pecah dan mendorong telur ke tuba falopi, hal ini menyebabkan Anda mengalami pelepasan telur sebelum masa menstruasi datang.

5.Setelah berhubungan seksual

Jika Anda termasuk kalangan yang sering berhubungan seksual, Anda akan merasakan perasaan basah setelah berhubungan intim dengan pasangan. Hal ini terjadi karena peningkatan sekresi dalam vagina membantu mengurangi gesekan, adanya robekan, dan nyeri yang tidak biasa.

Keputihan berwarna putih susu susu dari vagina setelah berhubungan seksual merupakan hal normal, karena adanya peningkatan sekresi di kelenjar bartholin. Anda bisa diskusikan dengan dokter jika mengalami keputihan dengan bau busuk, berwarna kuning kehijauan dan mengalami rasa nyeri.

6.Adanya infeksi jamur pada vagina

Infeksi jamur tersebut sering menyerang dan bisa terjadi tanpa sebab yang tidak diketahui secara pasti. Namun penggunaan antibiotic akan meningkatkan resiko infeksi jamur dan kemungkinan besar terjadi tepat sebelum masa menstruasi Anda datang.

Sekresi yang muncul pada infeksi jamur tersebut bertekstur lebih kental dan putih atau Anda bisa membayangkannya seperti keju cottage. Infeksi jamur ini pada umumnya akan menyebabkan gatal dan sensasi terbakar di area vagina serta vulva.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas jangan khawatir, lakukan konsultasi bersama kami sekarang juga di Klinik Apollo Jakarta untuk memperoleh penanganan terjamin. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan berwarna putih susu, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.