Apa Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita?

penyebab keputihan berlebihan

Cairan yang tipis dan berair atau kental dan berwarna putih seperti keju, kemungkinan menderita keputihan berlebihan. Lalu apa penyebab keputihan berlebihan tersebut? Infeksi jamur umum ini menyebabkan rasa gatal dan nyeri yang hebat di sekitar vagina. Keputihan berlebihan ini kemungkinan berbau sedikit ragi, akan tetapi tidak memiliki bau yang kuat.

Sebagian wanita terkena sariawan atau keputihan berlebihan dari waktu ke waktu dan tidak ditularkan secara seksual. Kondisi ini mudah diobati dengan pengobatan antijamur. Tidak ada jumlah keputihan yang normal. Kondisi ini bervariasi di antara wanita. Namun, jumlah keputihan yang hasilkan dapat bervariasi selama hidupnya. Berikut ini kondisi umum yang menghasilkan lebih banyak debit:

• Selama masa kehamilan.
• Aktif secara seksual.
• Penggunaan alat kontrasepsi.
• Ketika berovulasi (beberapa hari di antara menstruasi).

Namun, jika menghasilkan lebih banyak cairan atau mengalami keputihan berlebihan daripada biasanya, maka segera lakukan konsultasi dan pengujian dengan dokter.

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan?

Keputihan adalah lendir yang jernih atau berwarna putih yang membantu melindungi vagina dari infeksi dan membuatnya tetap bersih dan lembab. Kondisi ini benar-benar normal dan sebagian besar wanita mengalami keputihan. Keputihan normal bisa berwarna putih atau jernih. Namun, jika memiliki keputihan yang tebal dan disertai dengan rasa gatal yang intens pada vagina, kemungkinan menderita sariawan atau keputihan berlebihan.

Jika mengalami keputihan yang berbau amis, kemungkinan menderita vaginosis bakteri. Konsultasikan dengan dokter jika keputihan telah berubah warna, bau atau tekstur. Dokter dapat menyarankan pemeriksaan dan beberapa tes atau pengujian untuk menghasilkan diagnosis yang akurat.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Keputihan Berlebihan?

Penyebab keputihan berlebihan termasuk penggunaan pengobatan antibiotik yang baru-baru ini, infeksi ragi, vaginosis bakteri, penyakit radang panggul (PID), penyakit menular seksual (PMS) atau penggunaan douche dan sabun beraroma yang kemungkinan membuat alergi atau teriritasi. Memiliki jumlah tertentu pada keputihan (cairan yang mengalir keluar dari lubang vagina yang dihasilkan oleh kelenjar di dinding vagina dan serviks atau leher rahim) adalah normal.

Penampilan dan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh vagina biasanya berubah selama siklus menstruasi karena perubahan hormon dalam tubuh. Cairan normal ini biasanya jernih atau berwarna putih susu dan tanpa bau yang tidak sedap. Selama masa stress emosional, ovulasi, menyusui dan gairah seksual, itu bisa berubah menjadi tebal dan buram teksturnya. Terkadang disertai dengan rasa gatal yang hebat.

Penyebab keputihan berlebihan termasuk sariawan, bakteri vaginosis, trikomoniasis atau infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing nanah) atau herpes. Kondisi normal dan sehat adalah untuk menghasilkan cairan bening atau cairan berwarna putih dari vagina. Lendir ini diproduksi secara alami dari serviks (leher rahim).

Jumlah keputihan bervariasi sepanjang siklus menstruasi (keputihan coklat biasanya merupakan akhir dari periode atau siklus menstruasi) dan sebagian besar wanita hamil akan mengalami keputihan. Keputihan yang sehat tidak memiliki bau atau warna yang kuat. Namun bisa merasakan basah dan membuat ketidaknyamanan, akan tetapi tidak seharusnya memiliki rasa gatal atau pegal di sekitar vagina.

Ada banyak kemungkinan penyebab keputihan berlebihan yang tidak normal, akan tetapi biasanya merupakan tanda infeksi. Infeksi ini sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu keseimbangan alami bakteri atau ragi di vagina, seperti mencuci area di dalam vagina, atau kemungkinan ditularkan secara seksual. Penyebab keputihan berlebihan paling umum adalah:

• Sariawan atau infeksi jamur yang biasanya menyerang vagina.
• Bacterial vaginosis atau infeksi bakteri pada vagina.
• Trikomoniasis atau infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh parasit kecil.
• Gonore (kencing nanah) atau klamidia atau IMS yang disebabkan oleh bakteri.
• Herpes genital atau suatu IMS yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV).

Mengetahui penyebab keputihan berlebihan ini dapat membantu mengidentifikasi penyebab keputihan berlebihan. Namun, sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mendiagnosis secara tepat dan mengenai cara mengobati infeksi.

konsultasi

Tanda-Tanda Keputihan Berlebihan Pada Wanita

Perubahan keputihan apa pun yang terjadi kemungkinan mengindikasikan infeksi vagina. Maka harus menyadari debit nya secara alami serta bervariasi selama siklus dan yang tidak normal, akan tetapi tanda-tanda infeksi yang jelas adalah:

• Perubahan warna atau konsistensi.
• Secara tiba-tiba bau busuk.
• Jumlah debit yang luar biasa besar.
• Gejala lain di samping keputihan, seperti gatal-gatal di luar vagina atau sakit di panggul (pelvic) atau di perut.
• Pendarahan tak terduga dari vagina.

Jika tidak yakin mengenai keputihan yang normal dan mengkhawatrikannya, maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dan lakukan tes atau pengujian yang disarankan oleh dokter. Beberapa penyebab keputihan berlebihan harus diperhatikan karena kemungkinan merupakan tanda infeksi atau gangguan lain. Tanda-tanda yang harus diperhatikan kemungkinan dapat termasuk:

• Peningkatan jumlah keputihan.
• Perubahan bau atau konsistensi cairan.
• Nyeri yang menyertai keputihan.

konsultasi

Bagaimana Keputihan Berlebihan Didiagnosis?

Pemeriksaan fisik dilakukan berdasarkan penyebab keputihan berlebihan dan gejalanya, bersamaan dengan pemeriksaan panggul (pelvic) jika sesuai. Sampel keputihan akan dikumpulkan untuk dilakukan pemeriksaan. Tergantung pada apa yang dianalisis oleh dokter selama pemeriksaan awal, tes atau pengujian tambahan dapat dilakukan termasuk:

• Tes atau pengujian kehamilan.
• Tes atau pengujian darah.
• Tes atau pengujian urine.
• Evaluasi mikroskop.
• Tes atau pengujian dan metode usap genital.

Tes atau pengujian secara rutin ini dapat memastikan atau menyingkirkan infeksi tertentu, termasuk infeksi menular seksual (IMS) yang memungkinkan dokter untuk merekomendasikan pengobatan terbaik.

penyebab keputihan berlebihan

Pengobatan Ampuh Untuk Keputihan Berlebihan

Pengobatan untuk keputihan abnormal (tidak normal) akan direkomendasikan oleh dokter berdasarkan:

• Penyebab kondisinya.
• Tingkat keparahan gejala lainnya.
• Usia, kesehatan secara menyeluruh dan riwayat medis.
• Dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pengobatan untuk keputihan berlebihan ini bisa langsung melakukan konsultasi dan pemeriksaan secara langsung di Klinik Apollo. Sudah banyak penderita keputihan berlebihan ini melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Karena Klinik Apollo sangat direkomendasi untuk pengobatan ini.

Hubungi kami segera di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan layanan konsultasi online melalui layanan dibawah ini. Pengobatan di Klinik Apollo sangat aman dan terpercaya. Dilakukan secara langsung oleh dokter yang sudah ahli dan banyak berpengalaman didalam bidangnya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.