Uretritis Adalah Penyakit Yang Bisa Dicegah?

uretritis adalah

Uretritis adalah suatu kondisi adanya peradangan di bagian uretra, atau saluran yang membawa urin dari kandung kemih keluar tubuh. Urethritis biasanya akan menyebabkan rasa nyeri ketika buang air kecil dan frekuensinya cukup meningkat. Penyebab utamanya tidak lain karena infeksi oleh bakteri.

Urethritis tidak sama dengan infeksi saluran kemih atau isk. Jadi urethritis merupakan sebuah peradangan uretra, sedangkan isk adalah infeksi saluran kemih. Mereka mungkin mempunyai gejala yang tidak jauh berbeda, namun perlu metode pengobatan yang berbeda, tergantung penyebab yang mendasarinya.

Uretritis adalah penyakit yang bisa terjadi pada semua kalangan dari berbagai jenis usia. Pria dan wanita bisa menderita kondisi ini. Namun masalah tersebut lebih cenderung terjadi pada kalangan wanita dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh ukuran uretra pada wanita yang lebih pendek, sehingga membuatnya lebih mudah dimasuki bakteri.

Baca juga: Urethritis Adalah Peradangan Dan Pembengkakan Pada Uretra

konsultasi

Jadi Penyebab Uretritis Adalah?

Secara umum, sebagian besar masalah urethritis disebabkan oleh infeksi bakteri. Jadi bakteri yang sama juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Bakteri yang ditemukan secara alami di area genital akan menyebabkan uretritis jika mereka masuk pada saluran kemih.

Menurut beberapa sumber, bakteri yang paling sering sembarkan urethritis, diantaranya:

•Mycoplasma genitalium

•Neisseria gonorrhoeae

•Chlamydia trachomatis

Pathogen merupakan sebuah bakteri yang bisa menyebabkan dan menimbulkan penyakit. Jadi petogen yang menimbulkan infeksi menular seksual bisa sebabkan urethritis, contohnya klamidia dan gonore serta parasit yang menimbulkan trikomoniasis.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Uretritis?

Kebanyakan bakteri yang menyebabkan uretritis adalah kondisi yang bisa menularkan kepada orang lain melalui hubungan seksual. Maka dari itu, jalankan kegiatan seksual yang aman menjadi tindakan pencegahan yang paling penting. Beberapa tips dibawah ini bisa membantu kurangi resiko Anda, diantaranya:

•Tak berganti-ganti pasangan

•Menggunakan kondom setiap jalankan hubungan seksual

•Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

•Lindungi orang lain, apabila Anda sadar mengidap ims, beritahu pasangan agar tidak terinfeksi

Selain menjalankan kegiatan seks yang aman, ada cara lain untuk meningkatkan kesehatan saluran kemih, contohnya minum banyak air dan pastikan untuk buang air kecil sesaat setelah berhubungan seksual. Kurangi makanan yang bersifat asam, selain itu hindari paparan spermisida, terutama jika spermisida dapat menyebabkan peradangan uretra anda.

konsultasi
uretritis adalah

Bagaimana Penanganan Uretritis Yang Tepat?

•Apabila Anda mempunyai tanda dan gejala yang menunjukan terserang ims, segera periksa diri ke dokter, maka dokter akan jalankan pemeriksaan

•Urinalisis merupakan sebuah tindakan untuk menganalisa smapel urin

•Swab kapas merupakan tindakan untuk mengambil sampel dari uretra daerah vagina dan memeriksanya di Lab

•Jalankan tes darah bisa dilakukan untuk memeriksa kemungkinan terjadinya infeksi menular seksual lainnya seperti sipilis atau HIV

Bagaimana Cara Jalankan Perawatan Uretritis

Perawatan bagi penderita uretritis adalah dilakukan dengan konsumsi antibiotik atau obat antivirus. Semua ketentuan dan anjuran dokter harus Anda jalankan sebaik mungkin.

Jika Anda menderita infeksi menular seksual, penting untuk memeriksakan pasangan Anda, untuk cegah terjadinya penyebaran penyakit dan adanya infeksi berlangsung. Walaupun tanda dan gejala akan membaik setelah Anda minum obat, namun penting untuk habiskan semua obat yang sudah diresepkan dokter.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, bisa lakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama kami Klinik Apollo Jakarta. Semua penanganan akan dijalankan dengan aman dan terjangkau. Lakukan reservasi segera di kontak person 081233881616. Demikian mengenai uretritis adalah penyakit saluran kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.