Urethritis Adalah Peradangan Dan Pembengkakan Pada Uretra

urethritis adalah

Urethritis adalah peradangan pada uretra. Tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Nyeri saat kencing adalah gejala utama urethritis. Urethritis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Urethritis adalah suatu kondisi dimana uretra menjadi meradang dan teriritasi. Semen juga dapat melewati uretra seorang pria.

Pengertian Urethritis Adalah

Urethritis biasanya menyebabkan rasa sakit saat kencing dan keinginan untuk kencing meningkat. Penyebab utama urethritis biasanya oleh infeksi bakteri. Urethritis tidak sama dengan infeksi saluran kemih (ISK). Urethritis adalah peradangan uretra, sedangkan ISK adalah infeksi saluran kemih. Ke 2 nya kemungkinan memiliki gejala yang serupa akan tetapi harus dilakukan metode pengobatan yang berbeda tergantung pada penyebab urethritis yang mendasarinya.

Urethritis adalah kondisi yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Pria dan wanita dapat mengembangkan kondisi ini. Namun wanita memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kondisi ini dibandingkan pria. Sebagian karena uretra pria jauh lebih panjang daripada wanita. Dan uretra wanita biasanya hanya 1 ½ inci panjangnya dan lebih mudah untuk bakteri memasuki uretra.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Umum Urethritis?

Sebagian besar urethritis disebabkan oleh infeski bakteri yang memasuki uretra dari kulit di sekitar lubang uretra. Bakteri yang umumnya menyebabkan uretritis meliputi:

• Escherichia Coli (E. Coli) dan bakteri lain muncul dalam tinja.
• Gonococcus yang ditularkan secara seksual dan menyebabkan gonore (kencing nanah).
• Chlamydia Trachomatis yang ditularkan secara seksual dan menyebabkan klamidia.

Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2 dapat menyebabkan urethritis. Trichomonas adalah penyebab lain dari urethritis. Ini adalah organisme ber sel tunggal yang ditularkan secara seksual. Infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia biasanya terbatas pada uretra.

Akan tetapi dapat meluas ke organ reproduksi wanita dan menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Pada pria, gonore (kencing nanah) dan klamidia terkadang menyebabkan epididimitis, infeksi epididimis atau tabung bagian luar testis. PID dan epididimitis dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan.

konsultasi

Beberapa Tanda-Tanda Pada Urethritis

Gejala utama radang uretra akibat urethritis adalah nyeri saat kencing (disuria). Selain rasa sakit, gejala urethritis yang lainnya dapat meliputi:

• Terasa sering ingin kencing atau terdesak.
• Kesulitan untuk kencing.

Urethritis juga dapat menyebabkan rasa gatal, sakit atau ketidaknyamanan ketika seseorang tidak kencing. Gejala urethritis yang lainnya dapat termasuk:

• Terasa sakit saat berhubungan seksual.
• Cairan yang keluar dari lubang uretra atau vagina.
• Pada pria terdapat darah dalam air mani atau urine.

konsultasi

Apakah Urethritis Bisa Didiagnosis?

Diagnosis urethiritis dengan menanyakan riwayat medis dan menanyakan gejala-gejalanya. Jika mengalami kencing yang menyakitkan, kemungkinan adanya infeksi. Mengobatinya dengan pengobatan antibiotik dan melakukan beberapa tes dan pengujian. Karena untuk memastikan diagnosis urethritis dan penyebabnya. Berikut tes dan pengujiannya dapat meliputi:

• Pemeriksaan fisik termasuk alat kelamin, perut dan dubur.
• Tes atau pengujian urine untuk gonore (kencing nanah) atau bakteri lainnya.
• Pemeriksaan debit apapun dibawah mikroskop.

Tes dan pengujian darah seringkali tidak diperlukan untuk diagnosis urethritis. Akan tetapi tes dan pengujian darah dapat dilakukan dalam kondisi tertentu.

urethritis adalah

Bagaimana Cara Menyembuhkan Urtehritis?

Pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan urethritis yang disebabkan oleh bakteri. Banyak pengobatan antibiotik yang berebda dapat mengobati urethritis. Urethritis karena infeksi Trichomonas (Trikomoniasis) biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan antibiotik lain juga dapat mengobati Trikomoniasis.

Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan untuk mencegah infeksi berulang (kekambuhan). Sangat penting juga untuk melakukan tes atau pengujian ulang setelah pengobatan selesai 3 bulan untuk memastika infeksinya benar-benar sembuh. Termasuk pada pasangan seksual Anda juga.

Organisme yang menyebabkan urethritis tidak dapat diidentifikasi. Dalam situasi apapun dokter kemungkinan meresepkan pengobatan antibiotik lain untuk menyembuhkan infeksi yang kemungkinan ada. Anda bisa melakukan konsultasi dan pemeriksaan di Klinik Apollo. Lakukan pengobatan sesegera mungkin dengan menghubungi nomor 081233881616 atau layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.