Simak Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing Secara Umum

gejala infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi yang sangat umum yang mempengaruhi bagian dari sistem kemih. Kenali setiap gejala infeksi saluran kencing dengan tepat. Sistem kemih terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter (tabung yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih) dan uretra (tabung yang menghubungkan kandung kemih dengan area luar). ISK biasanya disebabkan oleh bakteri. ISK dapat memengaruhi bagian mana pun dari sistem kemih, akan tetapi tetapi paling sering terjadi di kandung kemih atau uretra. ISK bisa terasa menyakitkan dan menyebalkan, akan tetapi biasanya sembuh dengan pengobatan antibiotik.

konsultasi

Apa Pengertian Infeksi Saluran Kencing Itu?

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi pada sistem kemih. Sistem kemih normal terdiri dari 2 ginjal, 2 ureter (tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih), 1 kandung kemih dan 1 uretra (tabung yang menghubungkan kandung kemih ke bagian luar tubuh). Infeksi dapat terjadi pada ginjal (Piolonefritis), kandung kemih (sistitis) atau uretra (uretrhitis) atau kombinasi dari ke 2 nya. Penyebab paling umum dari infeksi saluran kencing adalah bakteri yang biasa ditemukan di usus yang disebut Escherichia coli (E. coli). Bakteri ini biasanya menyebar atau menular ke uretra dari anus.

Penyebab Umum Infeksi Saluran Kencing

Urine biasanya terbebas dari bakteri, namun tubuh seseorang yang normal ditutupi oleh bakteri dan usus normal dan mengandung sejumlah besar bakteri yang tidak berbahaya. Struktur sistem kemih mencegah urine mengalir ke atas dari kandung kemih ke ginjal, sehingga sebagian besar infeksi saluran kencing berada di kandung kemih dan biasanya bukan kondisi yang serius. Namun, jika tidak segera diobati, infeksi ini dapat berpindah dari kandung kemih ke ureter ke ginjal dan menyebabkan infeksi yang lebih serius yang memerlukan pengobatan medis segera mungkin.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

Tanda dan gejala infeksi saluran kemih (ISK) sangat umum, terutama pada wanita, bayi dan orang tua. Sebagian wanita dibandingkan pria akan terkena ISK seumur hidupnya. Gejala infeksi saluran kencing (ISK) dapat meliputi:

• Sensasi terbakar atau terasa panas dan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bagian bawah saat mengeluarkan air seni.
• Kencing jauh lebih sering daripada biasanya.
• Perasaan atau keinginan untuk kencing, akan tetapi tidak mampu untuk kencing, atau hanya dapat kencing dengan beberapa tetesan urine saja.
• Kandung kemih yang terasa masih penuh setelah kencing.
• Urine yang berbau busuk.
• Urin yang keruh, berdarah atau gelap.
• Demam.

Seseorang dengan infeksi ginjal juga dapat mengalami:

• Menggigil.
• Demam
• Nyeri pinggang (nyeri perut bagian bawah).
• Sakit punggung.

Gejala infeksi saluran kencing (ISK) pada anak-anak harus dilakukan pemeriksaan karena dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius.

konsultasi

Infeksi Saluran Kencing Dan Cara Mendiagnosisnya

Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan menanyakan mengenai gejala dan riwayat kesehatan. Kemungkinan juga harus melakukan beberapa tes atau pengujian seperti:

• Tes atau pengujian urine untuk mengambil sampel urine dan memeriksa masalahnya.
• Tes atau pengujian darah untuk mengambil sampel darah dan memeriksa masalahnya.
• Kultur vagina untuk mengambil sampel keputihan untuk diuji masalahya. Kapas yang dimasukkan ke dalam vagina.
• Sistoskopi untuk mencari masalah di saluran kemih. Tes atau pengujian ini dengan menggunakan Cystoscope. Lingkup dimasukkan ke dalam uretra.
• Ultrasonografi memungkinkan untuk melihat gambar secara terperinci dari bagian dalam panggul (pelvic). Ultrasonografi tidak dapat menunjukkan uretritis, akan tetapi memungkinkan menunjukkan tanda-tanda lain dari penyakit menular seksual (PMS) yang juga dapat menyebabkan uretritis. Ultrasonografi tidak akan menunjukkan adanya uretritis, akan tetapi kemungkinan dapat menunjukkan tanda-tanda lain penyakit menular seksual (PMS) yang juga dapat menyebabkan uretritis.
• Tes atau pengujian asam nukleat (NAT) untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri. Ini kemungkinan dilakukan untuk diagnosis yang lebih cepat.

gejala infeksi saluran kencing

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Umumnya

Gejala infeksi saluran kencing (ISK) biasanya diobati secara efektif dengan pengobatan antibiotik. Seperti halnya dengan pengobatan antibitik harus diselesaikan untuk pengobatan yang lengkap sesuai yang diresepkan oleh dokter, bahkan jika gejalanya telah hilang. Gejala infeksi saluran kencing (ISK) sering diobati dengan pengobtan antibiotik.

Dokter meresepkan pengobatan antibiotik untuk menghilangkan gejala infeksi saluran kencing (ISK) dalam beberapa hari. Seperti halnya pengobatan antibiotik apa pun, maka sangat penting untuk menyelesaikan seluruh pengobatan, bahkan jika gejalanya telah hilang atau menghilang. Terkadang seseorang dengan infeksi ginjal atau yang berisiko komplikasi kemungkinan memerlukan pengobatan yang lebih efektif.

Pengobatan infeksi saluran kencing ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hubungi kontak kami di 081233881616 atau bisa juga melalui layanan medis dibawah ini. Kondisi ini jangan pernah dibiarkan, karena dapat berbahaya. Biaya pengobatannya pun sangat terjangkau. Selalu percayakan pengobatan setiap gejala infeksi saluran kencing Anda hanya di Klinik Apollo.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.