Prostatitis Adalah Peradangan Pada Kelenjar Prostat

prostatitis adalah

Prostatitis adalah bagian dari sistem reproduksi pria, mensekresikan cairan yang dapat membantu mentransportasi sperma. Kelenjar terletak tepat dibawah kandung kemih dan mengelilingi uretra (tabung yang menguras kandung kemih). Prostatitis dapat mengiritasi dan dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan kelenjar. Prostatitis paling sering terjadi pada pria berusia 30 tahun hingga 50 tahun. Akan tetapi dapat juga terjadi pada pria dewasa.

Pengertian Prostatitis Adalah

Prostatitis adalah pembengkakan atau infeksi pada kelenjar prostat dan seringkali menyakitkan. Kelenjar prostat berada tepat dibawah kandung kemih pada pria dan membuat bagian dari cairan untuk semen. Pada pria remaja, prostat berukuran kecil. Biasanya tumbuh lebih besar seiring bertambahnya usia. Ada beberapa jenis prostatitis dan sangat bervariasi berdasarkan pada jangka waktu seorang pria memiliki masalah dan jenis gejala yang dimilikinya.

konsultasi

Penyebab Umum Prostatitis Adalah

Penyebab prostatitis adalah bakteri akan tetapi seringkali penyebabnya tidak diketahui. Infeksi bakteri hanya menyebabkan sebagian kecil kasus prostatitis. Beberapa karena sindrom nyeri panggul (pelvic) kronis atau prostatitis inflamasi tanpa gejala dan penyebabnya tidak diketahui. Berikut beberapa penyebab prostatitis akut dan kronis diantaranya:

• Escherichia Coli (E. Coli) adalah bakteri yang paling sering menjadi penyebab infeksi prostat dan sebagian dari bakteri parasit adalah organisme gram negatif misalnya (Escherichia Coli atau E. Coli, Enterobacter, Serratia, Pseudomonas, Enterococcus dan spesies Proteus).
• Organisme penyebab penyakit menular seksual (PMS) juga dapat menyebabkan prostatitis terutama pada pria yang aktif secara seksual dibawah usia 35 tahun. Organisme yang paling sering diidentifikasi adalah Chlamydia, Neisseria, Trichomonas dan Ureaplasma.
• Organisme Staphylococcal dan Streptococcal yang jarang ditemukan menjadi penyebabnya dan jarang ada organisme yang berbeda seperti jamur, virus kelamin dan parasit yang terlibat.
• Infeksius (bakteri ) dapat menyerang prostat dengan 2 cara utama. Seperti bakteri dari infeksi uretra sebelumnya bergerak melalui saluran prostat ke dalam prostat (terkadang disebut infeksi retrograde). Atau pergerakan urine yang terinfeksi ke jaringan kelenjar prostat dapat menginfeksi melalui saluran ejakulasi (terkadang disebut infeksi antegrade).

Ketahui Mengenai Tanda Dan Gejala Prostatitis

Gejala prostatitis adalah tanda atau gejala jangka panjang (kronis) yang seringkali terlihat lebih ringan dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Tanda dan gejalanya dapat termasuk:

• Sering kencing, akan tetapi hanya mengeluarkan sedikit urine.
• Rasa sakit seperti terbakar saat kencing.
• Masalah dalam aliran urine, kencing dalam gelombang daripada aliran yang stabil, aliran air seni yang lebih lemah dari biasanya.
• Bangun dimalam hari karena sering kencing.
• Tidak dapat sepenuhnya dalam mengosongkan kandung kemih.
• Rasa sakit di punggung bagian bawah diantara testis dan anus, di perut bagian bawah atau atas, dan diatas area kemaluan. Nyeri ini kemungkinan lebih buruk selama buang air besar (BAB).
• Beberapa rasa sakit selama ejakulasi atau setelah ejakulasi.
• Terasa nyeri di ujung penis.

Gejala prostatitis akut sama akan tetapi bisa perlahan menjadi parah. Gejalanya termasuk demam dan menggigil. Beberapa pria kemungkinan tidak memiliki tanda dan gejala.

konsultasi

Bagaimana Cara Prostatitis Didiagnosis?

Dokter dapat mengetahui penderita prostatitis dengan cara menanyakan mengenai gejala dan kesehatan sebelumnya atau riwayat kesehatannya. Selain itu juga dengan melakukan pemeriksaan fisik termasuk tes atau pengujian colok dubur. Dalam tes dan pengujian ini, dokter memasukkan jari yang dilumasi sarung tangan ke dalam dubur untuk merasakan prostat. Tes atau pengujian darah dan urine juga diperlukan untuk mengetahui jenis prostatitis yang dimiliki untuk mencari penyebab lain dari masalahnya.

prostatitis adalah

Bagaimana Cara Mengobati Pria Dengan Prostatitis?

Penyebab prostatitis adalah bakteri yang bisa diobati dengan pengobatan antibiotik dan pengobatan dari diri sendiri setiap harinya. Pengobatan bisa termasuk mengkonsumsi banyak cairan dan banyak istirahat. Selain itu dengan menggunakan pengobatan penghilang rasa sakit juga dapat membantu. Dokter kemungkinan dapat merekomendasikan pengobatan untuk mengendalukan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Selain itu juga pengobatan untuk melunakkan feses dan mengendurkan otot kandung kemih. Pembedahan jarang direkomendasikan untuk mengobati prostatitis. Namun untuk lebih jelasnya Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kami di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan online dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.