Perawatan Setelah Sunat Laser Agar Cepat Sembuh

sunat laser

Bagi Anda atau putra Anda baru saja menjalankan sunat laser di dokter, perlu memahami perawatan yang harus diberikan agar masa pemulihan menjadi lebih cepat. Memberi perawatan setelah sunat secara tepat bisa mencegah infeksi atau berbagai komplikasi. Langsung saja simak informasi penting mengenai perawatan yang harus Anda jalankan setelah sunat berikut ini.

konsultasi

Berapa Lama Istirahat Setelah Prosedur Sunat?

Tidak hanya seberapa rasa nyeri ketika disunat, pertanyaan ini mungkin menjadi salah satu hal yang sering dikhawatirkan anak atau kalangan pria dewasa. Setelah sunat laser Anda atau anak memang akan diminta dokter untuk istirahat demi menghindari berbagai kegiatan fisik yang terlalu berat. Masa pemulihan setelah sunat berbeda-beda, ada yang 7 atau 10 hari.

Namun, setiap orang mempunyai kondisi berbeda, sehingga Anda bisa bertanya langsung ke dokter berapa waktu yang dibutuhkan agar infeksi segera sembuh. Pasalnya sunat pada pria dewasa terkadang akan memakan waktu hingga 3 minggu. Selama masa pemulihan, sebaiknya Anda hindari kegiatan seksual atau olahraga terlalu berat.

sunat laser

Bagaimana Perawatan Setelah Sunat Laser Agar Cepat Sembuh?

Agar masa pemulihan berjalan lebih cepat dan Anda bebas dari berbagai resiko, perhatikan panduan serta perawatan setelah sunat laser dibawah ini.

1. Meredakan nyeri

Setelah sunat laser, Anda mungkin akan merasakan kondisi tidak nyaman atau sakit pada penis. Biasanya dokter akan meresepkan obat pereda nyeri. Anda harus ikuti anjuran dari dokter untuk mengkonsumsi obat-obat yang sudah ditentukan. Sebagai pereda nyeri alami, Anda bisa coba minum kunyit. Jika tidak suka rasanya, bisa campurkan kunyit bersama makanan atau sup.

Kunyit mempunyai banyak khasiat, salah satunya sebagai pereda nyeri dan mencegah infeksi. Namun, sebaiknya Anda konsultasi bersama dokter sebelum mengkonsumsi kunyit untuk meringankan sakit setelah proses khitan ini.

konsultasi

2. Membersihkan area penis

Anda harus hati-hati ketika bersihkan area penis setelah sunat. Perban biasanya akan dibuka 2 atau 3 hari. Setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air hangat.

Tidak perlu menggunakan sabun, namun jika ingin membersihkan dengan sabun, pilihlah jenis yang bebas dari bahan kimia terlalu keras seperti pewangi, pengawet, dan antiseptik. Jangan lupa keringkan dengan handuk, caranya tepuk pelan-pelan.

3. Pakai celana yang tidak terlalu ketat

Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat ketika sedang memulihkan diri setelah sunat. Selain bisa menekan dan menimbulkan rasa nyeri, sirkulasi darah dan udara ke arah penis menjadi terhambat. Akibatnya, penis akan sembuh dalam jangka lebih panjang.

4. Gunakan krim pencegah bekas luka

Anda bisa memberi obat berbentuk krim pada ujung dan batang penis secukupnya. Obat tersebut bertujuan mencegah bekas luka akibat sunat menempel di pakaian dalam. Sunat dapat menimbulkan berbagai jenis komplikasi dan resiko. Jika Anda mengalami hal berikut ini, segera hubungi dokter atau kunjungi klinik terpercaya secepatnya.

Munculnya berbagai gejala infeksi pada penis seperti pembengkakan yang tidak kunjung membaik, muncul garis merah pada batang penis, perdarahan, kulit menjadi merah, rasa nyeri yang tidak kunjung hilang atau akan sedikit membaik setelah minum obat.

Pasien tidak bisa buang air kecil, nyeri ketika buang air kecil, urin menjadi keruh dan menimbulkan bau menyengat, yang terakhir keluarnya darah ketika buang air kecil. Jika Anda mendapati tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai cara perawatan sunat laser, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pahami Akibat Tidak Disunat Bagi Kalangan Pria!

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.