Pahami Akibat Tidak Disunat Bagi Kalangan Pria!

akibat tidak disunat

Sunat merupakan prosedur pembedahan elektif yang sering dilakukan pada kalangan pria, lalu apa saja akibat tidak disunat?. Sederhananya, sunat bisa digambarkan sebagai pengangkatan kulit pada penis dan alis preputium. Sunat pada umumnya memang tidak diwajibkan secara medis, namun bisa dilakukan untuk berbagai jenis alasan seperti keyakinan agama, kebersihan pribadi, dan budaya.

konsultasi

Apa Akibat Tidak Disunat?

Satu satunya perbedaan antara penis yang disunat dan tidak yakni penis yang tak disunat masih mempunyai kulup yang menempel pada kepala penis itu sendiri, sementara yang disunat tidak. Selain itu, tak ada karakteristik fisik secara spesifik yang membedakan keduanya. Bagaimana dengan cara kerja atau sensasi yang diperoleh dari keduanya?

Sensitivitas Pada Penis

Kulup mempunyai peran penting dalam batang penis. Kulup mempunyai fungsi melindungi kepala penis dari abrasi kontak secara langsung dengan pakaian. Kulup juga dapat meningkatkan gairah seksual dengan cara menggeser bagian atas dan bawah pada batang, merangsang kelenjar secara bergantian, seperti menutup dan mengeksposnya. Hal tersebut terjadi selama mastrubasi atau berhubungan seksual.

Penis Yang Disunat Serta Kebersihannya

Akibat tidak disunat, kulit kepala penis yang biasanya lembab karena selaput lendir, menjadi lebih kering dan semakin menebal jauh sebagai tanggapan perlindungan diri dari kontak secara terus menerus. Bagian paling sensitif dari penis yakni bekas luka sunat. Perubahan ini mengakibatkan sensitivitas menurun selama hubungan seksual.

Di bagian kepala penis ada kelenjar yang produksi cairan, biasa disebut dengan smegma yang memungkinkan kulup bergerak membuka serta menutup puncak kepala penis dengan mudah. Saat kepala penis tak rutin dibersihkan, cairan akan menumpuk bersama sel kulit mati, bakteri, pasir, serta kotoran sehingga akan memproduksi bau tidak sedap dan bisa mengiritasi kulit.

Masalah ini akan menyebabkan peradangan atau infeksi baik pada kulup atau kelenjar. Namun, smegma pada umumnya tidak berbahaya dan bisa dengan mudah diatasi dengan kebersihan yang baik. Secara umum Anda tidak perlu menghubungi dokter.

konsultasi

akibat tidak disunat

Penis Yang Tidak Disunat Serta Komplikasi Kesehatan

Tidak adanya kulit kulup akan menghemat waktu ketika membersihkan tubuh, walaupun tidak secara signitif. Namun beberapa kalangan wanita merasa lebih bersih ketika berhubungan seksual dengan pria yang disunat. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi seksual wanita, hanya karena dia merasa mempunyai peluang yang lebih rendah untuk mendapatkan infeksi.

Ketika kalangan pria tak disunat, uap air bisa terjebak antara kulup dan penis, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk berkembangnya bakteri. Pria akan merasakan akibat tidak disunat yakni dengan menularkan setiap infeksi yang ada, termasuk pada saluran kencing, infeksi ragi, penyakit kelamin, herpes, sifilis, dan masih banyak dampak lainnya.

Penis yang tidak disunat bisa menempatkan resiko pada penularan penyakit kelamin seperti herpes genital, bakteri vaginosis, HPV, Trichomonas vaginalis, dan klamidia pada pasangan Anda. Jadi Anda harus memikirkan masalah ini sebaik mungkin, banyak sekali resiko akibat tidak disunat yang akan kalian dapatkan ketika tidak melakukan prosedur tersebut.

Kami merupakan Klinik Apollo yang akan membantu menangani semua masalah seksual mulai dari andrologi, penyakit kelamin, selaput dara dan masih banyak lainnya. Anda akan memperoleh pelayanan dengan aman dan nyaman, semua fasilitas yang kami berikan akan memudahkan semua pasien. Bahkan Anda bisa melakukan konsultasi bersama kami melalui banner dibawah. Untuk menjalankan reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Sekian mengenai artikel akibat tidak disunat, semoga memberi banyak manfaat ya.

konsultasiPanduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.