Orchitis Adalah Peradangan Pada Testis Pria

orchitis adalah

Orchitis adalah peradangan pada testis. Bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Ke 2 testis dapat dipengaruhi oleh orchitis pada saat yang sama. Namun gejalanya biasanya muncul hanya dalam 1 testis. Orchitis adalah peradangan pada 1 atau ke 2 testis dan paling sering dikaitkan dengan virus yang menyebabkan gondong. Sebagian pria yang terkena gondong setelah pubertas mengalami orchitis.

Pengertian Orchitis Adalah

Orchitis adalah peradangan pada 1 atau ke 2 testis. Infeksi bakteri atau virus ini dapat menyebabkan orchitis atau penyebabnya tidak diketahui. Orchitis paling sering merupakan akibat dari infeksi bakteri seperti infeksi menular seksual (IMS). Dalam beberapa kasus, virus gondong dapat menyebabkan orchitis.

Bakterial orchitis kemungkinan berhubungan dengan epididimitis atau peradangan tabung melingkar (epididimis) dibagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Dalam hal ini disebut epididimo orchitis. Orchitis menyebabkan rasa sakit dan dapat mempengrauhi kesuburan. Pengobatan dapat mengobati penyebab orchitis bakteri dan dapdat meringankan beberapa tanda dan gejala orchitis virus. Akan tetapi memerlukan waktu beberapa minggu agar nyeri pada skrotum menghilang.

konsultasi

Penyebab Umum Orchitis Adalah

Virus atau bakteri dapat menyebabkan orchitis. Penyebab paling umum dari orchitis virus adalah gondong. Gondong adalah penyakit virus pada masa kanak-kanak yang jarang terjadi karena program imunisasi yang efektif. Sebagian pria yang mengalami gondongan saat remaja juga menderita orchitis.

Orchitis virus yang terkait dengan gondok berkembang mulai dari 4 hari hingga 10 hari setelah kelenjar ludah membengkak. Pembengkakan kelenjar ludah adalah gejala dari gondong. Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan orchitis pada pria. Infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing manis), klamidia dan kondisi yang terkait apididimitis dapat menyebabkan orchitis juga.

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada Orchitis?

Gejala umum pada orchitis adalah:

• Adanya darah dalam air mani.
• Keluarnya cairan berwarna putih dari penis.
• Demam.
• Nyeri pada pangkal paha.
• Nyeri saat hubungan seksual atau ejakulasi.
• Nyeri saat kencing (disuria).
• Pembengkakan skrotum.
• Pembengkakan di area selangkangan bengkak di sisi yang sakit.
• Nyeri, bengkak dan perasaan testis yang berat.
• Nyeri testis yang diperburuk oleh buang air besar (BAB) atau mengejan.
• Nyeri pada testis dan selangkangan adalag gejala utama orchitis.
• Kelembutan pada area skrotum.
• Kencing yang menyakitkan.
• Ejakulasi yang menyakitkan.
• Skrotum yang membengkak.
• Debit abnormal (tidak normal).
• Prostat yang membesar.
• Pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Orchitis?

Dokter akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan dan gejalanya. Selain itu dengan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan tingkat peradangan. Kemungkinan juga harus melakukan pemeriksaan prostat untuk melihat adanya prostat yang meradang. Melibatkan jari yang dimasukkan ke dalam rektum untuk secara fisik memeriks prostat.

Dokter kemungkinan mengambil sampel urine dan menyeka cairan apapun untuk dianalisis di laboratorium. Ini dapat menentukan adanya IMS atau infeksi lainnya. Tes atau pengujian ultrasonografi dapat mengesampigkan torsi testis. Torsi testis adalah kondisi lain yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada testis dan area selangkangan dan gejalanya sering dikacaukan dengan orchitis. Torsi testis adalah puntiran tali sperma atau jaringan saraf dan pembuluh darah yang mengalir ke setiap testis. Ini dapat mengancam kesuburan jika mengganggu aliran darah ke testis. Karena harus melakukan pemeriksaan dengan dokter.

orchitis adalah

Bagaimana Cara Mengobati Orchitis?

Tidak ada pengobatan untuk virus orchitis akan tetapi kondisinya akan hilang dengan sendirinya. Sementara itu dapat dengan menggunakan pengobatan untuk mengelola gejalanya. Dengan melakukan pengobatan penghilang rasa sakit dan mengangkat testis jika memungkinkan dapat membuat lebih nyaman.

Orchitis bakteri diobati dengan pengobatan antibiotik, pengobatan antiinflamasi dan mengompresnya. Terlepas dari peradangan, pemulihan secara penuh bisa memakan waktu beberapa minggu. Harus menjauhkan diri dari hubungan seksual dan mengangkat berat saat mengobati orchitis. Jika terinfeksi IMS, pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan.

Pengobatannya kemungkinan termasuk pengobatan antibiotik jika infeksinya disebabkan oleh bakteri (dalam kasus gonore atau kencing nanah dan kalmidia serta pasangan seksual harus diobati). Pengobatan antiinflamasi, pengoabatan penghilang rasa sakit, dan istirahat dengan mengangkat skrotum serta mengompresnya.

Orchitis adalah kondisi yang harus segera diobati. Anda bisa mengobatinya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau melalui layanan online kami seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan orchitis Anda hanya di Klinik Apollo. Sudah banyak yang melakukan pengobatan dan hasilnya sembuh.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.