Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Pria

manfaat sunat

Bagi kalangan masyarakat Indonesia, sunat merupakan hal wajib yang dilakukan oleh pria, khususnya mereka yang muslim, apa saja manfaat sunat?. Karena tuntutan agama membuat anak laki-laki yang baru dilahirkan atau masih sekolah harus disunat, agar alat kelaminnya menjadi lebih bersih. Selain menjamin kebersihan, banyak manfaat sunat yang baik untuk kesehatan seorang pria. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya bersama kami.

Baca juga: Fimosis Adalah Penyakit Yang Sering Dialami Pria?

konsultasi

Apa saja Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Pria?

Selain memberi kelebihan berupa kebersihan pada organ genital, ternyata sunat mempunyai banyak manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai seorang pria. Berikut manfaat dari sunat selengkapnya.

1.Mengurangi risiko infeksi menular seksual

Ketika disunat, kulup yang memutari ujung penis akan dipotong dan dibersihkan. Pemotongan tersebut akan membuat pria terhindari dari berbagai jenis penyakit menular seksual seperti human papilloma atau hpv. Selanjutnya, manfaat sunat akan terhindar dari sipilis dan herpes.

2.Menurunkan risiko penularan hiv

Beberapa penelitian menemukan bahwa kegunaan sunat bisa menghindari penularan pada Hiv. Sementara beberapa sumber mengatakan bahwa kelebihan dari sunat yakni turunkan resiko terserang infeksi hiv.

3.Menghindari fimosis

Kalangan pria yang tidak melakukan sunat harus menurunkan kulupnya kebawah setiap akan berhubungan seksual. Beberapa pria bahkan kerap kesulitan menarik bagian tersebut, karena kulup pada umumnya mempunyai lubang kecil, sementara kepala penis akan semakin membesar seiring pertumbuhan. Kebiasaan menarik dan mengembalikan kulup, akan membuat penis beresiko mengalami balanitis atau sebuah peradangan.

konsultasi

 manfaat sunat

4.Menghindari risiko paraphimosis

Paraphimosis yakni ketika kulup tidak bisa ditarik kembali pada posisi semula, sehingga akan tersangkut di bagian belakang kepala penis yang akan membatasi aliran darah ke ujung penis.

Kondisi ini akan terjadi ketika Anda mengalami cedera, menarik kulup yang berlebihan ketika kencing atau dibersihkan, menindik penis, mempunyai kulup yang ketat, atau karena masalah medis seperti menggunakan kateter.

Paraphimosis merupakan sebuah keadaan yang darurat. Jika tak segera ditangani, kemungkinan akan menyebabkan jaringan mati karena adanya infeksi. Perawatan ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, namun sunat dianjurkan setelah proses pemulihan untuk mencegah kekambuhan.

5.Menghindari risiko belantitis

Balanitis terjadi ketika kepala penis meradang atau bengkak, misalnya disebabkan oleh infeksi menular seksual. Kondisi ini yang disebabkan oleh iritasi kulit candida albicans, atau berbagai masalah kulit lainnya. Kondisi ini memang jarang terjadi pada pria yang sudah disunat. Jadi manfaat dan kelebihan sunat akan mencegah kondisi tersebut.

6.Menurunkan risiko infeksi kandung kemih

Pria dengan kondisi penis yang masih mempunyai kulup tentunya kesulitan membersihkan kepala dengan cepat. Selain itu, urin juga akan membuat kulup mudah kotor, tentunya peluang bakteri berkembang dan menyebabkan infeksi kandung kemih menjadi semakin besar.

7.Menurunkan risiko kanker prostat

Manfaat sunat pada pria yakni menurunkan resiko terserang kanker prostat dan serviks pada wanita ketika berhubungan seksual. Selain itu, pria juga menjadi lebih aman dari resiko kanker penis yang sangat berbahaya.

8.Penis menjadi sensitif terhadap rangsangan

Fungsi sunat yakni membuat ujung kepala penis lebih sensitif. Ketika berhubungan badan, pria akan mendapatkan kenikmatan yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak menjalankan sunat. Sebab kulup kerap menyelimuti kepala yang menjadi titik rangsangan bagi seorang pria.

Diatas merupakan manfaat sunat pada kalangan pria, jika Anda membutuhkan sesuatu segera konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai informasi lebih lanjut hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai manfaat sunat, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.