Kalangan Yang Beresiko Alami Buah Zakar Besar Sebelah

 buah zakar besar sebelah

Buah zakar besar sebelah merupakan kondisi peradangan pada satu bagian atau kedua testis pria, yang pada umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Buah zakar besar sebelah ini disebabkan oleh infeksi virus gondong, sehingga menyebabkan testis Anda menjadi bengkak.

Kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri paling sering dikaitkan dengan epididimis, merupakan tabung yang membawa semen atau sperma keluar dari testis. Infeksi ini biasa disebut dengan epididymo-orchitis.

Baca juga: Orchitis Adalah Peradangan Pada Testis Pria

konsultasi

Siapa Kalangan Yang Beresiko Alami Buah Zakar Besar Sebelah?

Semua kalangan, baik anak-anak atau pria dewasa dapat beresiko terserang orchitis, namun yang membedakannya yakni mengenai penyebabnya. Sebelum memahami bagaimana pengobatan orchitis dengan benar, terlebih dahulu Anda harus simak penyebab gangguan tersebut pada kalangan pria.

Dari yang sudah kami singgung sebelumnya, penyebab dari orchitis sendiri disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus atau idiopatik.

1.Orchitis bakterialis

Jadi penyebab orchitis paling sering pada kalangan dewasa yakni infeksi bakteri dari sifilis, klamidia, dan gonore. Biasanya pada pria dengan usia produktif antara 19 sampai 35 tahun. Hal tersebut terjadi karena pada usia ini, umumnya banyak kalangan yang sudah mempunyai pasangan seksual, terlibat pada perilaku seksual berisiko tinggi, terutama jika mempunyai riwayat penyakit menular seksual sebelumnya.

Beberapa kasus bahkan pernah terjadi akibat infeksi saluran kemih dari penggunaan urin kateter yang terlalu lama, walaupun masalah ini jarang terjadi.

2.Orchitis virus

Berbeda dengan kalangan dewasa, orchitis virus merupakan penyebab yang sering ditemukan pada kalangan anak-anak. Kejadian tersebut berhubungan dengan infeksi gondongan atau mumps. Selain virus jenis tersebut, orchitis juga bisa disebabkan oleh echovirus, coxsackievirus, dan cytomegalovirus.

3.Orchitis idiopatik

Orchitis idiopatik merupakan kondisi yang belum bisa ditentukan penyebabnya atau bukan berasal dari virus maupun bakteri.
konsultasi

buah zakar besar sebelah

Bagaimana Tanda Dan Gejala Orchitis

Gejala yang timbul karena buah zakar besar sebelah bisa ringan atau berat, tergantung dari luasnya inflamasi. Peradangan mungkin bisa terjadi pada satu atau kedua testis Anda. Penderita orchitis mungkin akan mengalami nyeri atau pembengkakan yang cepat. Tanda dan gejalanya akan muncul secara bertahap.

Cara Mengatasi Orchitis Di Rumah

Proses penanganan yang tepat untuk kurangi gejala buah zakar besar sebelah bisa memberi efek hasil yang tepat, berikut akan kami paparkan penanganan yang mungkin bisa Anda aplikasikan dengan mudah di rumah.

Menggunakan obat bebas

Obat jenis anti inflamasi non steroid atau analgesik non-opioidn bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan di area tersebut. Namun pada kasus yang berat, obat nyeri tersebut harus diresepkan oleh dokter terlebih dahulu. Jadi memang Anda tidak dianjurkan untuk membeli di tempat sembarangan.

Menggunakan celana dalam yang tepat

Mengenakan celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat merupakan salah satu upaya untuk cegah rasa nyeri ketika testis bengkak karena orchitis. Anda bisa menggunakan celana dalam atlet untuk membantu atasi skrotum yang bengkak dan bisa membuat Anda semakin nyaman ketika beraktivitas.

Kompres menggunakan es

Kompres dengan es pada area skrotum bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh orchitis bengkak sebelah ini. Namun perlu Anda perhatikan dengan baik cara mengompresnya, agar testis bengkak segera memperoleh penanganan yang tepat.

Kamo Klinik Apollo akan menangani semua masalah Anda dengan tepat dan akurat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap segera hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai buah zakar besar sebelah, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.