Epididimis Adalah Saluran Di Dalam Skrotum Seorang Pria

epididimis

Epididimis adalah massa tabung yang tipis yang dililit erat dan membawa sperma dari testis ke Ductus Deferens dalam sistem reproduksi pria. Sperma menjadi matang saat melewati organ ini sehingga siap untuk membuahi sel telur pada saat memasuki Ductus Deferens. Epididimis adalah suatu struktur di dalam skrotum yang melekat pada sisi belakang testis. Organ ini adalah segmen melingkar dari saluran sperma yang menyimpan Spermatozoa saat matang dan kemudian mengangkut Spermatozoa antara testis dan tabung yang menghubungkan testis dengan uretra (Vas Deferens).

konsultasi

Apa Itu Epididimis?

Dalam sistem reproduksi pria, organ ini dan Vas Deferens membentuk sistem saluran organ reproduksi pria. Saluran ini terletak di samping testis. Organ ini adalah 1 set 2 tabung yang melingkar (1 untuk setiap testis) yang terhubung ke Vas Deferens. Organ ini memiliki 3 bagian. Di dekat bagian atas testis adalah kepalanya yang menyimpan sperma hingga siap untuk mengalami pematangan.

Berikutnya adalah tubuh, sebuah tabung yang panjang dan bengkok area sperma matang. Pematangan ini memakan waktu sekitar 1 minggu. Dan yang terakhir adalah ekor yang terhubung ke saluran Deferens juga disebut sebagai Ductus Deferens atau Vas Deferens. Dari ini, sperma diangkut ke saluran ejakulasi. Organ ini adalah bagian sistem reproduksi pria yang sedikit diketahui dengan baik.

Dokter memperhatikan bahwa salah 1 efek samping dari pengobatan yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti Skizofrenia dan tekanan darah tinggi adalah tidak tidak dapat mengobati ejakulasi. Dokter dapat menemukan mekanisme kerja pengobatan ini yaitu Dengan menutup tabung pada organ ini dan Vas Deferens menyebabkan aliran semen dicegah. Air mani kemudian tetap dalam tabung Vas Deferens dan secara alami didaur ulang oleh tubuh.

konsultasi

Adakah Penyebabnya?

Kondisi ini terjadi ketika adanya peradangan pada organ ini, kondisi ini merupakan akibat dari infeksi. Terutama menyerang pria dewasa dan yang paling sering terjadi pada usia 19 tahun hingga 40 tahun, namun dapat terjadi pada pria remaja dan pria dewasa. Penyakit menular seksual atau PMS yang paling sering disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trachomatis dan Neisseria Gonorrhoeae adalah penyebab paling umum dari kondisi ini pada pria yang aktif secara seksual. Pada pria remaja dan pada pria dewasa, infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri seperti Escherichia coli (E. coli ) yang ditemukan di saluran kemih.

Ketahui Tanda-Tanda Epididimis

Kondisi ini muncul secara bertahap. Nyeri testis bisa ringan, sedang, atau berat dan hanya dalam 1 testis. Kondisi ini juga kemungkinan memiliki tanda-tandanya termasuk:

• Mual dan muntah.
• Kelembutan testis dan skrotum, biasanya terlokalisasi pada area organ ini, meskipun dapat menjadi lebih umum dan melibatkan seluruh testis ketika penyakitnya berkembang.
• Pembengkakan dan kemerahan pada testis atau skrotum.
• Sakit perut.
• Demam.
• Keputihan uretra.
• Gejala-gejala kemih, seperti terbakar, urgensi, atau frekuensi.

konsultasi

Apakah Bisa Didiagnosis?

Organ ini menerima pasokan darah secara konstan dari cabang arteri testis dan dibagi menjadi tiga area dasar yang berfungsi dalam berbagai cara. Bagian terbesar organ ini dikenal sebagai kepala, terletak di atas testis, sedangkan bagian terkecil, biasa disebut ekor, terletak di mana organ ini terpisah dari kelenjar. Ukuran menengah adalah tubuh yang melekat pada bagian belakang testis dan panjangnya. Kepala dan tubuh organ ini sangat penting untuk pematangan sperma dan ekornya dan berfungsi sebagai area penyimpanan sel reproduksi. Berbagai bagian organ ini juga kemungkinan terlibat dalam pengeluaran cairan berlebih di sekitar sperma.

epididimis

Atasi Epididimis Yang Berbahaya

Pengobatan kondisi ini tanpa komplikasi umumnya dapat dikelola sebagai pengobatan epididimis dan terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut ini.

• Pengobatan antibiotik (pengobatan yang dapat bervariasi tergantung pada usia penderitanya dan riwayat seksualnya) serta pengobatan penghilang rasa sakit dan pengobatan anti inflamasi.
• Beristirahat dengan penuh.
• Menyesuaikan ketinggian skrotum.
• Mengompres dengan air dingin (es).

Secara umum, epididimis akut dapat diobati dengan benar dan sembuh tanpa komplikasi. Namun, dalam beberapa kasus kondisi ini terkait dengan gejala sistemik yang serius atau pada seseorang disertai dengan berbagai komplikasi. Konsultasikan dengan dokter untuk masalah ini. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan terbaiknya.

Setelah dilakukan konsultasi dan beberapa tes atau pengujian yang tepat untuk mendiagnosisnya. Pada kebanyakan orang melakukan pengobatan ini di Klinik Apollo. Hanya dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.