Balanitis Adalah Peradangan Pada Kepala Penis

balanitis adalah

Balanitis adalah pembengkakan kulup atau kepala penis. Balanitis adalah kondisi yang mempengaruhi sebagian pria. Balanitis kebanyakan terjadi pada pria yang tidak disunat. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, akan tetapi biasanya kondisinya tidak serius. Kondisi ini dapat ditangani dengan menggunakan pengobatan topikal. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk lebih jelas.

Pengertian Balanitis Adalah

Balanitis adalah peradangan kelenjar atau kepala penis karena infeksi atau penyebab lain. Balanitis bisa terada tidak nyaman dan terkadang menyakitkan, akan tetapi biasanya tidak serius dan dapat diatasi dengan pengobatan topikal. Kondisi ini sangat umum dan mempengaruhi setiap pria yang tidak disunat pada suatu waktu dalam hidupnya.

Pada anak-anak usia 4 tahun yang tidak disunat berada pada risiko tertinggi, akan tetapi kondisi ini bisa terjadi pada usia berapapun. Jika adanya phimosis atau suatu kondisi dimana kulup penis terlalu ketat. Ketika usianya mencapai 5 tahun, kulup menjadi lebih mudah untuk ditarik dan risiko balanitis tidak terlalu tinggi. Wanita juga dapat menderita balanitis yaitu peradangan pada klitoris.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Balanitis?

Balanitis adalah kondisi yang dapat berasal dari sejumlah kondisi. Infeksi Candida Albicans adalah penyebab yang paling umum. Candida adalah jamur yang menyebkan sariawan. Infeksi lain yang dapat menyebabkan balanitis dapat meliputi:

• Bakteri yang dapat berkembang biak dengan cepat dalam kondisi lembab dan hangat dibawah kulup.
• Infeksi menular seksual (IMS) termasuk Herpes Simpleks Virus (HSV), klamidia dan sipilis (raja singa).

Kondisi kulit yang juga dapat memicu kondisi tersebut, contohnya termasuk:

• Lichen Planus atau penyakit kulit dengan bintik-bintik yang kecil dan terasa gatal berwarna merah muda atau ungu di lengan atau di kaki.
• Eksim yaitu kondisi kulit yang kronis atau dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit terasa gatal dan memerah atau pecah-pecah dan kering.
• Psoriasis atau kelainan kulit yang kering dan bersisik.
• Dermatitis atau peradangan pada kulit karena kontak langsung dengan iritasi atau reaksi alergi.

konsultasi

Tanda Umum Balanitis Pada Pria

Tanda dan gejala umum pada balanitis adalah:

• Kulit yang kencang dan mengkilap di kelenjar.
• Kemerahan di sekitar kelenjar.
• Peradangan, pegal-pegal, terasa gatal atau iritasi pada kelenjar.
• Cairan yang tebal dan kental dibawah kulit khatan.
• Bau yang tidak enak.
• Kulit khatan yang ketat yang tidak bisa ditarik kembali.
• Kencing yang menyakitkan.
• Kelenjar yang bengkak didekat penis.
• Luka pada kelenjar.

Terasa nyeri, iritasi dan keputihan dapat terjadi dibawah kulit khatan selama 2 hari hingga 3 hari setelah hubungan seksual. Beberapa tanda dan gejala balanitis mirip dengan infeksi menular seksual (IMS) atau sariawan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Balanitis?

Dokter dapat mendiagnosis balanitis dengan melihat kemerahan dan radang pada kelenjar. Selain itu penderitanya harus mengetahui mengenai potensi iritasi dan cara menghindarinya serta cara melakukan kebersihan yang baik. Selain itu penggunaan kondom lateks dan aktifitas seksualnya. Pemeriksaan kulit dilakukan untuk mengetahui adanya dermatosis atau penyakit kulit yang dapat melibatkan area genital. Jika balanitis tidak sembuh setelah menghindari potensi iritasi, mempreaktikkan kebersihan yang baik atau pengobatan untuk infeksi ragi, dokter dapat menyarankan untuk melakukan beberapa tes atau pengujian diagnostik. Tes dan pengujiannnya dapat meliputi:

• Metode usap dari kelenjar untuk menguji infeksi di laboratorium.
• Tes atau pengujian urine jika adanya diabetes (kencing manis).
• Tes atau pengujian darah untuk menentukan kadar glukosa.

Biopsi dapat dilakukan dimana sampel kulit yang meradang diambil dan dianalisis di laboratorium untuk dilakukan tes dan pengujian.

balanitis adalah

Pengobatan Ampuh Untuk Pria Dengan Balanitis

Usahakan hentikan semua penggunaan sabun atau peawangi, lotion dan lainnya karena sering menyebabkan iritasi pada kulit khatan. Hanya gunakan air hangat untuk membersihkannya. Setelah didiagnosis, dokter kemungkinan meresepkan pengobatan anti gatal. Pengobatan ini dapat membantu untuk menghentukan rasa gatal dan peradangan.

Jika memiliki infeksi, dokter kemungkinan meresepkan pengobatan antibiotik atau pengobatan antijamur untuk membantu menghilangkan infeksinya. Pengobatan ini sangat dibutuhkan untuk menghentikan peradangan, pembengkakan, rasa gatal dan keluarnya cairan. Atau dengan diresepkan pengobatan steroid untuk mengurangi peradangan.

Balanitis adalah kondisi yang disebabkan oleh jamur (sejenis infeksi jamur) dan bisa diobati dengan pengobatan antijamur. Pengobatan steroid topikal yang mengandung hidrokortison juga dapat membantu. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk evaluasi. Untuk memastikan tidak adanya masalah kesehatan yang lebih serius lainnya. Dengan mengkonsultasikannnya di Klinik Apollo di nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.