Bagaimana Cara Mengatasi Gejala Prostat Pada Pria?

gejala prostat

Prostat adalah kelenjar yang kecil pada pria yang dapat membantu membuat air mani. Gejala prostat itu sendiri biasanya tergantung pada penyebabnya. Prostat terletak tepat dibawah kandung kemih di depan rektum dan membungkus tabung yang membawa urine dan air mani keluar dari tubuh. Cenderung tumbuh lebih besar seiring bertambahnya usia. Jika prostat menjadi terlalu besar, maka dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan.

Apa Pengertian Prostat Secara Umum?

Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat, kelenjar yang kecil dan terlerak tepat di bawah kandung kemih pada pria. Kelenjar prostar menghasilkan cairan (semen) yang memberi makan dan mengangkut sperma. Prostat sering menyebabkan kencing yang menyakitkan atau sulit kencing.

Gejala prostat yang lain termasuk rasa sakit di pangkal paha, area panggul (pelvic) atau alat kelamin dan terakdang gejala seperti flu. Prostat dapat mempengaruhi pria dari segala usia akan tetapi cenderung lebih umum pada pria yang berusia 50 tahun atau pria remaja. Kondisi ini memiliki sejumlah penyebab. Terkadang penyebabnya tidak teridentifikasi.

Jika prostat disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Tergantung pada penyebabnya, prostat dapat muncul secara bertahap atau secara tiba-tiba. Kemungkinan dapat membaik dengan cepat dengan pengobatan. Beberapa jenis prostat dapat bertahan selama berbulan-bulan atau terus berulang (prostat kronis).

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Prostat?

Prostat bakteri akut sering disebabkan oleh jenis bakteri yang umum. Infeksinya dapat muncul ketika bakteri dalam urine bocor ke prostat. Pengobatan antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi. Jika pengobatan tidak dapat menghilangkan bakteri, prostat kemungkinan dapat kambuh dan sulit untuk diobati (prostat bakteri kronis). Kerusakan saraf pada saluran kemih bagian bawah dapat disebabkan oleh pembedahan atau trauma pada area tersebut. Kemungkinan berkontribusi pada prostat yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Dalam kebanyakan kasus prostat, penyebabnya tidak teridentifikasi.

Baca Juga : Faktor Utama Penyebab Prostat Membengkak

konsultasi

Beberapa Gejala Prostat Pada Pria

Gejala prostat tergantung pada penyebabnya. Gejala prostat dapat mencakup:

• Terasa nyeri atau sensasi terbakar saat kencing (disuria).
• Kesulitan kencing.
• Sering kencing terutama dimalam hari (nocturia).
• Kebutuhan mendesak untuk kencing.
• Urine berawan.
• Adanya darah dalam urine.
• Nyeri di perut, di pangkal paha atau di punggung bagian bawah.
• Nyeri di area antara skrotum dan rektum (perineum).
• Nyeri atau ketidaknyamanan pada penis atau testis.
• Ejakulasi yang menyakitkan.
• Tanda dan gejalanya mirip flu (prostat bakteri).

konsultasi

Bagaimana Pria Dengan Prostat Didiagnosis?

Mendiagnosis prostat melibatkan mengesampingkan kondisi lain sebagai penyebab gejala prostat dan menentukan jenis prosat yang dimiliki. Dokter biasanya menanyakan mengenai riwayat esehatan dan gejala prostat. Selain itu juga melakukan pemeriksaan fisik yang kemungkinan mencakup pemeriksaan dubur secara digital. Tes atau pengujian diagnostik awal kemungkinan termasuk:

• Tes Atau Pengujian Urine
Sampel urine yang dianalisis untuk mencari tanda-tanda infeksi dalam urine (urinalisis). Sampel urine dianalisis di laboratorium untuk menentukan adanya infeksi.

• Tes Atau Pengujian Darah
Melakukan pemeriksaan sampel darah untuk melihat tanda-tanda infeksi dan masalah prostat lainnya.

• Pijat Pasca Prostat
Dalam kasus yang jarang terjadi, kemungkinan dengan memijat prostat dan menguji sekresi.

• Tes Dan Pengujian Lain
Dalam beberapa kasus, kemungkinan dengan CT scan saluran kemih dan prostat atau sonogram prostat. Gambar CT scan memberikan informasi lebih rinci daripada sinar X biasa. Sonogram adalah gambar visual yang dihasilkan oleh USG.

gejala prostat

Cara Mengobati Pria Dengan Prostat

Pengobatan prostat tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Pengobatan prostat dapat mencakup:

• Pengobatan Antibiotik
Pengobatan prostat yang paling sering diresepkan oleh dokter. Dokter meresepkan pengobatan berdasarkan jenis bakteri yang kemungkinan dapat menyebabkan infeksi. Jika memiliki gejala yang parah, kemungkinan memerlukan pengobatan antibiotik intravena. Pengobatan antibiotik oral dapat dikonsumsi selama 4 minggu hingga 6 minggu akan tetapi kemungkinan memerlukan pengobatan lebih lama untuk prostat kronis atau prostat berulang.

• Pengobatan Lainnya
Pengobatan ini dapat membantu mengendurkan leher kandung kemih dan serta otot area prostat bergabung dengan kandung kemih. Pengobatan ini kemungkinan dapat meringankan gejala seperti kencing yang menyakitkan.

• Pengobatan Antiinflamasi
Pengobatan antiinflamasi nonsteroid kemungkinan membuat lebih nyaman.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pengobatan secara langsung di Klinik Apollo. Dengan begitu dokter akan melakukan pemeriksana secara langsung dan menyarankan beberapa tes atau pengujian. Hingga pengobatan terbaik dapat disarankan. Segera hubungi kami di 081233881616 atau melalui layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.