Alasan Dan Persiapan Lakukan Khitan Dewasa

khitan dewasa

Khitan dewasa merupakan sebuah proses pembedahan untuk pria yang tidak melakukan sunat di masa kanak-kanak. Proses sunat di jalankan dengan penghapusan kulup yang menutupi kepala penis. Sunat sendiri biasanya dilakukan untuk beberapa hal seperti:

Baca juga: Fimosis Adalah Penyakit Yang Sering Dialami Pria?

konsultasi

Apa Alasan Pria Harus Menjalankan Khitan Dewasa

1.Alasan medis

Pada kalangan pria dewasa, sunat ini paling sering dilakukan ketika kulup penis terlalu ketat, sehingga tidak bisa ditarik ke atas atau pada bagian kepala penis. Ini biasanya dikenal dengan fimosis.

2.Agama dan budaya

Sunat merupakan sebuah praktek umum pada komunitas muslim, serta pada kalangan afrika, pada umumnya sunat dilakukan kepada anak-anak.

3.Pencegahan Hiv

Memang benar jika khitan dewasa dapat mengurangi risiko pria terserang virus HIV dan beberapa kalangan di Afrika juga menggunakan budaya sunat sebagai program pencegahan Hiv. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai sunat pada kalangan dewasa, mari lihat berbagai informasi yang kami uraikan dibawah ini.

Risiko Melakukan Sunat Dewasa

Khitan dewasa pada umumnya termasuk sebuah prosedur yang aman, walaupun selalu ada resiko dengan proses ini. Prostat, penis, bagian saluran kemih, pembuluh darah atau saraf mungkin akan terluka selama proses prosedur berjalan. Hal ini bisa menyebabkan masalah ketika Anda buang air kecil atau berhubungan seksual.

Penis Anda juga mungkin akan mengalami pembengkakan, mati rasa pada penis, dan nyeri panggul. Selain itu, Anda mungkin mempunyai ereksi sebelum kondisi benar-benar pulih, sehingga bisa menyebabkan jahitan atau perekat robek dan sayatan bedah akan terbuka kembali.

Terdapat kemungkinan Anda harus menjalankan operasi lain untuk mengangkat beberapa kulit yang tersisa di sekitar kepala penis. Walaupun resiko untuk khitan dewasa sangat rendah, namun tetap lebih tinggi dibandingkan proses sunat pada anak-anak.

konsultasi

khitan dewasa

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Sunat Dewasa?

Seminggu sebelum prosedur

•Meminta anggota keluar untuk menemani Anda selama prosedur tersebut, jangan menggunakan kendaraan sendiri untuk pulang kerumah.

•Tanyakan kepada dokter mengenai hubungan seksual masih boleh dijalankan atau sebaliknya.

•Anda harus beritahu dokter mengenai riwayat kesehatan, apakah Anda mempunyai alergi obat-obatan, atau mengidap penyakit tertentu

•Minta saran mengenai aturan makan dan minum sebelum proses berjalan

Hari prosedur

•Anda harus mengingat hari, waktu, tanggal, dan lokasi tersebut dijalankan

•Tulislah semua anjuran yang diberikan dokter

•Jika Anda menggunakan lensa kontak, jangan memakainya di hari operasi, pakailah kacamata sebagai gantinya.

•Sebelum operasi berjalan, Anda akan diberi obat untuk membuat kesadaran melemah. Beri tahu dokter jika Anda atau keluarga mempunyai masalah menggunakan anastesi di masa lalu.

Setelah prosedur

Anda akan berbaring ditempat tidur dan istirahatkan diri sementara waktu, karena prosedur ini mungkin cukup melelahkan. Sebuah klinik kesehatan akan melakukan pengecekan untuk pastikan tidak ada masalah pada Anda. Perban yang digunakan untuk menjaga area jahitan agar tetap kering dan bersih. Dokter akan melepaskan perban setelah prosedur, untuk periksa jahitan Anda. Tanyakan pada dokter mengenai cara merawat luka Anda.

Masa pemulihan

Ketika Anda sudah keluar dari rumah sakit, Anda akan disarankan mengenai pemulihan di rumah, termasuk mengenai kembali bekerja, mengendarai, dan melakukan hubungan seksual. Biasanya hal tersebut memerlukan waktu kurang lebih 10 hari hingga penis benar-benar sembuh. Dalam beberapa hari pertama, Anda mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman atau bengkak disekitar penis.

Kami Klinik Apollo akan menangani semua masalah Anda dengan tepat dan profesional. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut segera lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai khitan dewasa, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.